Usaha Modal Kecil Bisnis Budidaya Jamur Lengkap

Usaha Modal kecil ~ beberapa tahun belakangan, perkembangan bisnis kuliner semakin pesat dengan ditandai oleh munculnya warung makan serta berbeda olahan makanan yang bervariasi. Hal ini menjadi angin segar bagi banyak pihak termasuk pemudidaya jamur. Jamur sebagai salah satu makanan yang bercitarasa lezat, Tentunya memiliki prospek bisnis yang bagus melihat masih belum maksimalnya pengelolaan di bidang agro bisnis ini. 

Jamur pada awalnya hanya di kenal sebagai tanaman pengganggu, namun kemudian diketahui bahwa di dalam jamur terdapat berbagai zat makanan, nutrisi dan vitamin yang sangat menyehatkan. Tak hanya itu, jenis makanan yang satu ini dikenal memiliki cita rasa yang khas dengan rasa kenyal yang nikmat. Tak heran jika kemudian jamur menjadi makanan yang mendunia dan banyak di oleh baik di resto, rumah makan maupun keperluan rumah tangga.

Jamur sendiri merupakan tanaman yang tidak memiliki klorofil sehingga bersifat heterotof. Ini menyebabkan jamur bisa di pelihara di dalam kumbung. Jamur dalam memproduksi makanannya menyerap makanan dari hifa dan miseliumnya yang kemudian menjadi glikogen, Sebagai tanaman heterotrof maka tanaman jamur sangat bergantung pada substrat yang dihasilkan dari tempat hidupnya seperti merang, kayu atau serbuk gergaji. ( sumber : wikipedia )


Macam - Macam Usaha Modal Kecil Jamur

Jamur memiliki banyak sekali varian namun tidak semua dapat dikonsumsi sebagai makanan, dari beberapa jenis jamur ada beberapa jamur yang telah populer sebagai jamur konsumsi dan sangat digemari oleh masyarakat diantaranya adalah :

1.Usaha Kecil Jamur Tiram 


Usaha Kecil Jamur Tiram

Jamur tiram menjadi salah satu jenis jamuryang digemari masyarakat. jamur ini memiliki bentuk seperti tudung berwarna putih dengan cita rasa kenyal sangat cocok  untuk dijadikan makanan crispy maupun sebagai lauk yang dimasak menjadi gulai jamur, osek jamur dan lain sebagainya. Di pasaran, jamur ini dipatok umumnya Rp. 12.000. Sementara kebutuhan jamur tiram pada saat ini masih belum tercukupi oleh produksi dalam negeri sehingga peluang atau potensi yang ada sangat baik untuk di kembangkan sebagai usaha kecil rumahan.
selengkapnya bisa di baca : 

Peluang Usaha Rumahan Budiaya Jamur Tiram

2. Usaha Modal Kecil Jamur merang

Usaha Modal Kecil Jamur merang
Jamur merang dari katanya sudah terlihat yaitu jamur yang hidup diantara jerami padi. Namun kini, media tanam jamur merang sudah dapat menggunakan media kardus dengan serbuk gergaji. Bentuk dari jamur ini seperti kancing atautslur dengan warna coklat ke abu - abuan. Rasanya tentu tidak kalah dengan jamur merang, harganya lumayan untuk kalangan menengahatas. 
Baca : 

Peluang Usaha Budidaya jamur Merang Yang Mudah

3. Usaha Kecil Jamur Kuping

Usaha Kecil Jamur Kuping

Jamur kuping awalnya dianggap sebagai tanaman pengganggu yang tidak memiliki nilai ekonomis. Namun seiring perkembangan, jamur merang kemudian rupanya dapat di masak dan dijadikan sebagai obat herbal yang berkhasiat. Tingginya permintaan terhadap jenis jamur ini membuat peluang usaha budidaya jamur kuping semakin cerah. 
Baca selengkapnya di 

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Jamur Kuping


Dari ketiga jenis bisnis budidaya jamur diatas adakah yang membuat anda tertarik? Semoga artikel Usaha Modal Kecil Bisnis Budidaya Jamur Lengkap menjadi insprasi bagi kita semua. Salam sukses mandiri.