Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa Modal Kecil Di Tahun 2015

Usaha sampingan | Sedikit bercerita mengenai pengalaman kemarin malam, Admin kedatangan beberapa kawan lama yang masih menyandang status mahasiswa. Setelah beberapa lama bercerita mengenai perkembangan hidup masing masing, pada akhirnya mahasiswa tersebut mengutarakan keinginannya untuk ikut belajar bisnis online. Kemudian saya bertanya kepada mereka " Buat apa belajar bisnis online, kalian nantinya akan menyandang gelar sarjana. Banyak perusahaan besar yang siap menampung kalian tentunya dengan gaji yang sangat besar ". Sobat Bisnis tau apa jawaban mereka?

" Jika mengandalkan gelar dan ijazah dengan IPK bagus, sekarang sudah sulit karena banyak pula yang berIPK bagus sehingga otomatis  kami akan memiliki banyak saingan. Dengan berbisnis, bisa jadi setelah lulus kami tidak akan kesusahan mencari sumber penghidupan ". Pikiran yang cerdas menurut saya. Sebagai seorang lulusan SMA, saya sendiri tidak terlalu memikirkan soal jenjang pendidikan meskipun saya sendiri sangat berkeinginan untuk dapat melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang universitas, Namun keyakinan saya adalah " Ijazah bukan faktor utama keberhasilan ".

Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa Modal Kecil Di Tahun 2015

Bagi anda yang saat ini tengah asik menjalani kehidupan sebagai mahasiswa, tentu anda terbiasa dengan tugas, absensi kelas, dosen killer, SKS yang kian rumit hingga bahan presentasi yang harus anda susun untuk memenuhi headline dari sang dosen. Namun, coba pertanyakan, ada berapa lowongan pekerjaan yang bisa diisi oleh jumlah lulusan sarjana? pada praktiknya , jumlah lulusan universitas lebih besar dari lowongan kerja yang tersedia dan dengan kata lain ada beberapa mahasiswa  yang harus gigit jari karena dia tidak akan bekerja sesuai dengan basic education nya.

Berangkat dari pemikiran diatas, sangat tepat kiranya, jika anda,sebagai mahasiswa merubah pola pikir anda. Jangan terlalu mengandalkan ijazah namun jangan sampai menyepelekan pendidikan anda. Anda harus tetap menjadi mahasiswa berprestasi dan lebih baik lagi anda harus bisa mandiri dengan atau tanpa ijazah anda. Salah satu caranya adalah dengan menjalankan usaha sampingan.

Usaha sampingan bagi mahasiswa bukan saja sebagai penambah uang saku,tapi juga sebagai sarana pelatihan mental bisnis dan ilmu bisnis yang bisa kita jadikan pedoman bahkan setelah anda lepas dari bangku kuliah anda. Bisnis sampingan menjadi salah satu alternartif untuk anda dalam menghadapi persaingan hidup yang semakin keras, dengan menjalankan bisnis sampingan anda berpotensi berkecukupan sebelum lulus dan tidak akan pusing untuk mencari pekerjaan setelah lulus dari almameter anda. Berikut ini kami sajikan beberapa contoh usaha sampingan yang dapat anda jalankan sebagai bisnis sampingan untuk mahasiswa dengan modal kecil di tahun 2015.

1. Bisnis sampingan Jual Beli Online
Saat ini ada banyak forum jual beli online yang menawarkan kemudahan dalam transaksi melalui dunia maya. Terdapat beberapa situs jual beli yang terkenal di dunia yaitu Amazon dan Clickbank, sementara untuk Indonesia memiliki Kaskus.co.id, OLX.com, Berniaga.com dsb. Di situs ini anda bisa menjalalankan bisnis online dengan menjual barang - barang milik anda maupun barang milik orang lain. Tapi bagaimana jika anda tidak memiliki barang?

Anda bisa menjualkan barang dari beberapa situs reseller maupun dropship. Salah satu situs penyedianya adalah Tokopedia. Anda tidak akan terkuras banyak modal namun hasil terhitung lumayan tergantung seberapa tekun anda dalam menjalankan bisnis sampingan ini.

2. Membuka rental PS
Usaha sampingan ini telah banyak di jalankan oleh para mahasiswa sebagai salah satu pemasukan yang sangat lumayan. Berbekal lima PS 2, dengan modal sekitar 7-8 juta. Anda bisa mendapatkan pendapatan bersih hingga 2-3 juta perbulan dengan rasio modal kembali 20 %. Selain itu, proses pengelolaannya tidak terlalu rumit. Coba anda bandingkan dengan game online yang pastinya lebih sulit karena ada banyak hal yang harus anda pikirkan diantaranya spesifikasi komputer, langganan internet hingga modal yang terhitung besar. Untuk anda, mahasiswa yang memiliki modal pas -pasan membuka bisnis sampingan PS bisa menjadi alternatif yang baik. Selengkapnya silahkan baca DI SINI

3.Bisnis Sampingan Membuka rental komputer
Saat ini kebutuhan akan komputer semakin besar. Hampir di setiap bagian kehidupan membutuhkan komputer sebagai alat ketik untuk kebutuhan surat menyurat. Bahkan, tugas - tugas siswa pun telah banyak yang menggunakan komputer sehingga keperluan akan komputer khususnya untuk keperluan searcing dan print semakin tinggi. Modal yang anda sediakan tidak harus besar, berbekal 3 PC komputer anda sudah bisa membuka rental komputer maupun jasa ketika dan cetak. Penghasilan yang di dapatkan pun terbilang lumayan mulai dari 1-2 juta perbulan tergantung lokasi yang anda pilih.

4. Membuka jasa les privat
Perkembangan pendidikan Indonesia terlihat kacau, setelah pemerintah mengeluarkan kurikulum baru 2013, dengan persiapan yang sangat kurang. Kini para praktisi, guru dan siswa dibingungkan dengan sistem KTSP 2006. Setelah 1 semester menjalani kurikulum  2013, satu semester selanjutnya dikembalikan menjadi KTSP 2006. Hal ini membuat banyak siswa yang tertinggal di beberapa mata pelajaran khusus nya mata pelajaran spesial jurusan. Jika anda pandai membaca peluang, bisa jadi anda akan segera membuka jasa les privat karena jasa les privat saat ini sangat di butuhkan mengingat minimnya jam belajar di dalam sekolah. baca selengkapnya di artikel : Peluang Usaha Sampingan Les Privat

5. Writerpreneuship
Writerpreneurship merupakan salah satu jenis usaha yang ada di dalam bidang kepenulisan. Sebagai mahasiswa anda dituntut untuk lebih kritis terhadap persoalan kehidupan maupun menganalis suatu hal dan memecahkan masalah serta menyimpulkan kekhususan dari berbagai keumuman. Kemampuan mengungkapkan pemikiran melalui tulisan juga menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa bahkan ada beberapa mahasiswa yang mengatakan " Jika 4 tahun mendekam di kampus, tapi masih tidak bisa kritis dan menulis, maka bisa jadi mahasiswa tadi hanya menidurkan pikirannya ". terlepas dari tidaknya,yang jelas, anda harus bisa menulis karena dengan menulis anda akan mengikat ilmu anda serta berpotensi menjadi penulis besar dan tentunya dapat menghasilkan pundi pundi rupiah.

Mari lihat kehidupan JK Rowling,seorang ibu yang kemudian kekayaannya melebihi ratu Elisabeth Inggris berkat novel Harry Potter yang di karangnya. Habiburahman El sirazi yang mendapatkan milliaran rupiah melalui novel islaminya serta Asma Nadia seorang ibu rumah tangga yang sukses dengan berbagai usaha kepenulisan serta novelnya di adopsi menjadi film maupun sinetron penggugah jiwa. Jika anda ingin mendapatkan penghasilan pasif, mulailah menulis dan kirimkan hasil karya anda. Untuk referensi silahkan bergabung di grup FB Komunitas Bisa Menulis. 

Apakah anda tertarik pada salah satu ide usaha sampingan diatas? sebenarnya masih ada banyak ide bisnis sampingan yang sangat potensial dapat dijalankan oleh seorang mahasiswa tanpa mengganggu kegiatan kuliah namun akan saya tulis di post berbeda mendatang. Jangan lupa baca juga artikel : 

Macam Jenis Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa.




.