Contoh Usaha Kecil Menengah Untuk Pemula Modal Pas - pasan

Usaha Kecil | Usaha kecil menengah atau sering disingkat dengan UKM merupakan poros ekonomi bangsa Indonesia. Data statistik menjelaskan bahwa jumlah unit usaha kecil menengah di Indonesia mencapai 99 % dari total seluruh jenis usaha di negara kita ini. UKM telah menyerap tenga kerja hingga 91.8 juta jiwa atau setara dengan 97,3% dari seluruh tenaga kerja di Indonesia. Ini jelas menunjukan bahwa peran UKM bagi bangsa ini sangatlah vital karena menjadi poros roda perekonomian Indonesia.

Perlu diketahui bahwa usaha kecil menengah yang ada di Indonesia masih jauh dari kata cukup. Agar negara sejahtera setidaknya harus ada sekitar 5% unit UKM. Kenyataannya baru sekitar 2 % sehingga tidak heran masih terdapat banyak pengangguran. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi diantaranya adalah kesadaran masyarakat yang masih belum tumbuh tentang pentingnya peran UKM serta ketakutan masyarakat untuk menjalankan sebuah usaha kecil menengah. Padahal UKM bisa sangat menguntungkan bahkan hasilnya bisa melebihi pendapatan bekerja di sebuah perusahaan atau bahkan gaji PNS.

Contoh Usaha Kecil Menengah Untuk Pemula Modal Pas - pasan

Dan ketika anda membaca artikel ini, berarti anda telah berminat untuk membuat suatu usaha kecil menengah, namun anda bingung untuk menjalankan jenis usaha mana yang tepat untuk usaha anda. Di bawah ini anda dapat memilih beberapa alternatif usaha kecil menengah yang pas untuk pemula dengan modal pas - pasan. Selamat membaca :

Usaha Kecil Menengah Limbah Sampah

Sampah bagi sebagian besar masyarakat sering dianggap sebagai barang tak berguna dan wajib untuk dibuang atau dibakar, namun bagi mereka yang kreatif dan punya semangat bisnis besar, mereka akan mampu menjadikan barang limbah menjadi barang berguna bernilai ekonomis. Anda bisa mengumpulkan barang - barang seperti plastik, botol dan lain sebagainya kemudian anda jual ke pengepula sampah. Di Pekalongan misalnya, seorang pemulung sukses menjadi pengepul barang rongsok tanpa modal. Beliau awalnya hanya mengumpulkan barang bekas dan kemudian setelah ilmu dan modal cukup beliau menjadi pengepul.

Tak hanya itu, ketika anda memiliki kemampuan untuk membuat kerajinan tangan, anda bisa memanfaatkan barang barang bekas untuk membuat kerajinan tangan lalu anda jual melalui internet atau direct selling face to face kepada taman teman anda. Bisnis seperti ini bisa dijadikan salah satu usaha kecil menengah dengan modal yang kecil.

Usaha Kecil Menengah Bidang Kuliner

Ini menjadi salah satu jenis bisnis yang paling banyak di jalankan oleh masyarakat. Sebagai negara yang memiliki banyak keanekaragaman budaya menjadikan negara ini memiliki banyak sekali jenis makanan yang bervariasi. Jenis makanan ini kemudian dijadikan ladang bisnis oleh mereka pelaku usaha makanan tradisional. Belum lagi terdapat banyak jenis makanan yang berasal dari luar negeri yang kemudian di olah dan di produksi di negeri ini seperti roti bakar, fried chicken dan sebagainya. 

Pun anda bisa menjalankan bisnis usaha kecil menengah yaitu dengan membuat makanan ringan seperti rempeyek, bistik atau mungkin kue kering. Pada bulan - bulan tertentu, seperti natal, dan idul fitri keuntungan bisa sangat besar sekali. Jika anda menyukai dunia masak memasak tidak ada salahnya jika anda mencoba menjalankan bisnis kecil kecilan ini.

Usaha Kecil Bidang Perikanan

Bagi masyarakat Indonesia, konsumsi ikan memang masih kalah dibandingkan dengan negara kecil seperti Jepang, namun peluang bisnis dibidang ini masih sangat besar. Anda tentu kenal dengan jenis ikan berkumis bernama lele, ikan ini apabila dibudidayakan secara intensif maka sangat besar potensinya dijadikan sebagai salah satu usaha kecil yang menguntungkan. Dengan modal ratusan ribu anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 2 kali lipat. Tak hanya ikan lele, ikan gurame dan ikan lainnya dapat anda jadikan usaha kecil yang menggunakan modal kecil.

Ada beberapa tahapan yang bisa anda lakukan dalam kaitannya dengan proses bisnis, apakah pembenihan, telur, pembibitan, pendederan atau pembesaran. Seperti gurame misalnya, anda bisa membuka usaha produksi telur gurame, atau membudidayakan gurame dengan cara memeliharanya sampai pada ukuran tertentu. Anda tak peerlu menjualnya hingga siap konsumsi, untuk usaha kecil bidang perikanan anda bisa menjualnya kapan saja. 

Sebenarnya ada banyak jenis bisnis yang masuk dalam kategori usaha kecil menengah yang dapat anda jalankan namun tentu tidak bisa saya sebutkan satu persatu di tempat ini. Terus baca artikel - artikel menarik di blog ini tentang bisnis rumahan. 

Semoga saja artikel tentang Contoh Usaha Kecil Menengah Untuk Pemula Modal Pas - pasan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses.