Ingin Bisnis Anda Semakin Besar? Lakukan Trik Rahasia Ini

Bagi siapapun pelaku bisnis, membesarkan usaha atau bisnis adalah impian.Seorang pebisnis tentu ingin agar usahanya dapat berkembang dan umumnya akan membuat pendapatan semakin besar hingga kemudian seseorang dapat menggapai sebuah kemerdekaan finansial atau financial freedom. Namun, untuk menggapai impian tersebut anda harus berjuang dengan keras dan cerdas. Tak cukup dengan bekerja keras, anda harus cerdas dalam mengelola sumber daya manusia dan permodalan anda. Lalu bagaimana agar bisnis yang anda jalankan semakin berkembang? Lakukan trik -trik dibawah ini.
1. Pemasaran adalah pintu kesuksesan bisnis
Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Secara singkat, pemasaran bisnis dapat dijelaskan sebagai sebuah usaha agar produk dapat dikenal dan menyebar sehingga masyarakat tertarik melakukan pembelian. Barang atau produk sebagus apapun apabila tidak dipasarkan dengan manajemen yang tepat maka besar kemungkinan produk tersebut akan lambat terjual sebaliknya barang yang pada dasarnya tidak terlalu istimewa namun dipasarkan dengan strategi yang baik akan membuat masyarakat rela membeli barang atau produk yang diproduksi. 
Peluang Usaha Sukses

So, ketika anda ingin usaha atau bisnis anda berkembang maka lakukan pemasaran dengan cara - cara unik. Anda bisa menggunakan beberapa strategi diantaranya adalah :
  • Rangkul Tokoh Panutan
    Anda tentu pernah melihat beberapa artis menjadi brand ambasador sebuah produk. Brand Ambassador di fungsikan sebagai penarik minat masyarakat melalui kepopuleran seseorang. Lihat saja ketika banyak sekali produk -produk dipromosikan melalui bintang iklan, sepak bola atau tokoh masyarakat. Anda tidak perlu menggunakan jasa artis yang tentunya memiliki bayaran tinggi. Coba anda kenali siapa saja orang - orang disekitar anda yang menjadi panutan atau cukup populer. Berikan dia produk anda secara gratis agar kemudian dia di contoh oleh orang lain.
  • Memberikan hadiah
    Ini adalah cara lama yang hingga kini masih sering digunakan. Namun, anda bisa memodifikasinya dengan sistem yang berbeda. Salah satu sahabat saya memiliki usaha laundry dan ia menggunakan sistem hadiah. Dia memberikan kupon hadiah untuk setiap pencucian diatas sekian kilogram dan apabila telah mencapai sekian kupon akan mendapatkan hadiah langsung ( bukan undian ) cara ini masih mujarab untuk mengenalkan masyarakat terdapat produk dan jasa kita.

  • Lakukan dengan cara unik
  • Warner Boss pernah memproduksi sebuah film yang berkisah tentang virus misterius bertajuk Contagion. Untuk promosi, seperti biasa menggunakan papan Billboard yang tertulis In Theatres : 9 September. Anehnya, papan billboard tersebut hanya terdapat warna putih dan ternyata billboard tersebut telah diseting sesuai dengan judulnya yakni menggunakan virus yang telah diatur sehingga papan tersebut kemudian akan memunculkan tulisan Contagion pada 9 september. Ini tentu cara yang sangat unik untuk menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat penasaran.
    Anda pun bisa menggukan ide lain yang unik dan kadang gila agar pemasaran anda bisa maksimal.
2. Jangan berfokus pada hasil, VISI sangat penting
Amazon tadinya memiliki tujuan agar memudahkan jual beli buku secara online. Walt Disney memiliki visi " To Make People Happy". Dua contoh perusahaan terbesar dunia tersebut merupakan contoh pengaplikasian visi perusahaan. Visi tersebut kemudian nantinya akan mengarahkan usaha yang kita jalankan sesuai dengan tujuan akhir. Hasil akan menyesuaikan kinerja dengan tanpa meninggalkan aspek - aspek bisnis seperti laba rugi. Ketika anda menjalankan sebuah peluang usaha dan anda telah memiliki visi yang jelas anda akan memiliki sumber kekuatan yang sangat besar. Visi juga menjadi pedoman bagi karyawan - karyawan anda untuk melakukan kerja dan pengambilan keputusan perusahaan. 

3. Jangan mudah tergoda
Kemampuan menahan diri merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis apabila ia ingin memiliki bisnis besar. Sebagai contoh adalah menahan diri untuk tidak konsumtif saat usaha mulai berkembang. Kebanyakan pebisnis Indonesia mulai tergoda untuk membeli ini dan itu setelah usahanya baru berkembang sedikit. Bedakan dengan pengusaha cina yang biasanya menahan diri untuk membeli barang sebelum usahanya sangat stabil dan berkembang. Maka, ketika anda ingin usaha anda berkembang pesar, saat usaha anda mulai membesar, kelola uang anda untuk penambahan modal. Anda tentu boleh mengambil hasil untuk keperluan anda namun dalam takaran yang pantas dan benar - benar dibutuhkan.

Selain itu, menahan diri juga bisa diarahkan sebagai rem ketika ide bisnis bermunculan. Warren Buffet seorang investor terbaik dunia lebih memilih untuk bertahan dengan perusahaan yang sudah solid dan tahan banting meski banyak perusahaan hebat bermunculan. Saat anda menjalankan suatu usaha dan kemudian anda melihat kesuksesan ide bisnis lain, seringkali anda tergoda untuk mengembangkan usaha tersebut padahal usaha yang anda jalankan semula belum terlalu stabil atau masih kecil. Perlu diingat, perusahaan besar biasanya berawal dari satu ide bisnis yang fokus. Pengembangan ide bisnis lain baru dilakukan apabila usaha yang telah dijalankan telah berjalan stabil dan besar dengan pijakan yang kuat.