Panduan Peluang Bisnis Online Blog / website dengan Google Adsense

Peluang Usaha Online | Blog atau website tentu bukan barang asing lagi untuk masa sekarang. Ada banyak alasan orang melakukan blogging diantaranya hanya iseng, sekedar menulis atau mengarah kepada bisnis online dengan menjadikannya sebagai tempat memasang iklan atau menjual suatu produk baik dengan direct selling atau reseller hingga affiliate marketing. Apapun alasannya, menjadi seorang blogger tentu akrab dengan dunia tulis menulis sehingga biasanya seorang blogger dituntut untuk dapat menulis atau setidaknya mereview suatu hal agar blognya ramai pengunjung. 

Panduan Peluang Bisnis Online Blog / website dengan Google Adsense

Jika selama ini anda melakukan aktifitas blogging hanya untuk kesenangan, mengapa anda tidak mencoba untuk menjadikan blog anda sumber uang? hasil yang didapat bisa sangat menggiurkan karena bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah perbulan. Blogging bisa menjadi salah satu jalan untuk berbisnis online, bekerja didepan komputer dengan modal yang relatif kecil. Namun demikian, yang perlu anda perhatikan adalah bahwa meski bisnis seperti ini menggunakan modal yang kecil dengan keuntungan yang menggiurkan namun tidak semua bisa mendapatkan hasilnya, banyak diantara blogger yang kemudian gugur tanpa sempat menikmati hasil. Maka anda perlu mengetahui beberapa sebab mengapa biasanya orang gagal ketika menjalankan bisnis dari blog diantaranya adalah :


1. Keyakinan kurang
Inilah modal terpenting bagi anda. Keyakinan menjadikan anda lebih kuat dan bersemangat. Biasanya keraguan seseorang pada bisnis online adalah tidak adanya kemampuan dibidang desain web atau pemrograman. Padahal banyak sekali para blogger yang sukses sementara basic pendidikannya bukan dari bidang komputer. Saya sendiri juga bukan ahli komputer dan tidak paham sedikitpun masalah pemrograman web. Saya menyukai dunia kepenulisan dan karenanya saya melakukan blogging sebagai sarana menyebar tulisan dan tentunya dapat menghasilkan uang.
Silahkan baca artikel saya yang berjudul Kisah Sukses Usaha Rumahan Yang Memulai Usaha Dari Rumah 

2. Kurang Fokus
Blogging sangat erat hubungannya dengan kegiatan menulis. Saat anda sedang tidak fokus dengan banyaknya masalah dan pikiran, akan berpotensi menjadikan anda kurang inspiratif sehingga anda akan malas menulis dan bahkan tidak bisa menulis. Maka, ketika anda akan membuat blog usahakan agar anda tetap fokus pada apa yang anda kerjakan. Selain itu, ketika anda memulai satu bisnis online, jangan mudah tergiur pada bisnis online lain sebelum anda menguasai satu ilmu hingga anda sukses menghasilkan uang. 

Penyakit para blogger pemula adalah latah terhadap ide bisnis yang mereka baca. Ketika sedang belajar menjadi blogger mereka secara tidak sengaja membaca tentang bisnis youtube dan karena dirasa lebih mudah mereka beralih ke bisnis youtube sementara dari blogger belum menghasilkan apapun. Ini penyakit yang sangat umum dan pada akhirnya kemudian waktu mereka sia  sia karena habis untuk berganti ganti bisnis. 

3. Tidak sabar
Tidak ada kesuksesan instan di dalam bisnis online. Ini sudah berlaku umum. Ada sebagian blogger yang baru bisa menikmati hasil nya setelah berusaha selama satu tahun. Saya sendiri baru bisa mencicipi nikmatnya pundi  pundi dolar setelah berjibaku selama 3 bulan dan selama 3 bulan tersebut saya tidak mendapatkan apa - apa. Inilah yang seringkali membuat seseorang lebih memilih berhenti karena tidak mendapatkan hasil dalam waktu singkat. Maka sebelum anda memulai bisnis online dari blogging, anda harus siap dengan hal diatas.

Yang tak kalah penting adalah bahwa setiap tahun, terdapat perubahan algoritma dan perkembangan ilmu blogging semakin beragam maka untuk dapat terus bertahan di dalam bisnis online ini anda harus siap dengan kegagalan serta harus belajar. Jangan terlena ketika anda sudah mulai mendapatkan hasil. Karena bisa jadi anda akan kena banned sewaktu - waktu atau anda akan kehilangan banyak pengunjung karena perubahan algoritma google. 

Setelah anda memahami bagaimana kesalahan - kesalahan para publisher, tentu anda sebisa mungkin menghindari kesalahan - kesalahan di atas. Jika anda sudah siap untuk bekerja keras, fokus dan bersabar untuk memperoleh penghasilan dari blog, mari kita teruskan membahas langkah - langkah memulai bisnis online dengan blog :

bisnis online dengan blogspot
  • Buatlah Blog sesuai dengan kemampuan anda
    Untuk membuat blog, biasanya dibutuhkan hosting dan domain. Hosting diibaratkan sebagai sebuah gedung atau gudang tempat data - data blog sementara domain adalah nama gudang tersebut. Dalam dunia blogging hosting dan domain acap kali menentukan keberhasilan website. Untuk itu, cerdaslah dalam memilih hosting dan domain.

    Secara umum anda bisa membangun blog dengan dua jalur yaitu blog gratis dan berbayar.
    1. Blog gratisan bisa anda dapatkan dari blogger.com, tumblr.com atau wordpress.com. Masing - masing penyedia jasa blog menyediakan hosting dan domain namun sayangnya, jika anda menggunakan blog gratisan, anda akan terbatasi dalam mengatur tema dan domain gratisan biasanya akan menggunakan subdomain blogspot.com untuk blogger, xxxxx.wordpress.com untuk wordpress dan yyyyyyy.tumblr.com.

    Selain domain, hosting yang diberikan oleh pihak Blogger dan Wordpress juga gratis. Cocok untuk pemula.

    Jika anda adalah pemula yang baru memulai berlatih menggunakan blog. Anda bisa menggunakan blogspot ataupun wordpress gratisan. Namun jika anda sudah paham dengan masalah web programing anda bisa menggunakan domain berbayar dan hosting berbayar.

    2. Domain dan hosting berbayar berbayar memiliki keuntungan diantaranya website lebih kredibel dan terlihat profesional. Jika anda mencari suatu informasi sementara anda kemudian membuka dua website yaitu kliksehat.com dengan ayosehat.blogspot.com, menurut anda, mana yang lebih profesiona dan lebih dipercaya orang? Yups, rata - rata orang akan memilih domain yang bukan sub domain. Beberapa jasa hosting domain bisa anda dapatkan di :
    Produsen Lokal
    - www.niagahoster.com
    - rumahweb.com
    Untuk luar negeri anda bisa mencoba seperti godady, atau namecheap.
Karena pembahasan kali ini ditujuakan untuk pemula maka saya akan membahas blog versi gratis namun hasilnya tetap menjajikan hingga puluha juta rupiah perbulan. Untuk pemebahasan lengkap bagaimana cara membuat blog dari fasilitas blogspot.com / blogger.com silahkan baca artikel DISINI

  • Ganti tema blog menjadi responsive dan fast loading
    Google pernah merilis pengumuman mengenai bagaimana Search Engin Google menentukan kualitas website yang berarti juga menentukan peringkat di mesin pencari google. salah satu unsur yang dinilai adalah kecepatan loading blog. Ketika anda mencoba membuka suatu blog dengan tampilan yang berbeda - beda, anda tentu pernah mengalami pengalaman menunggu loading blog yang sangat lama padahal internet lancar dan pernah juga merasakan loading suatu blog yang cepat.

    Kecepatan loading blog tersebuat ikut menentukan penilaian tentang kualitas blog. Selain itu, dimata para pengunjung, web dengan tampilan menarik namun ringan serta navigasi yang mudah tentu akan semakin membuat pengunjung berlama - lama. Bandingkan jika template blog membosankan lalu loadingnya lama dengan navigasi yang membingungkan, sebelum selesai loading blog, sangat mungkin pengunjung sudah pindah ke website lain yang lebih cepat/

    Selain itu, template yang memiliki HIGH Click Rate Trough ( CTR ) akan memaksimalkan pendapatan karena memungkinkan penunjung untuk mengklik iklan yang nantinya tampil di blog kita.
  • Menulis Konten Original dan berkualitas
    Pengguna internet yang datang ke suatu website hampir semuanya mencari informasi. Maka, jika blog anda adalah blog yang menyajikan informasi berupa artikel, usahakan artikel yang anda buat berkualitas. Berkualitas disini bukan hanya dihitung dari banyaknya kata namun juga seberapa informatif artikel anda untuk para pembaca.

    Suatu artikel dikatakan berkualitas apabila seorang pembaca bisa tahu apa yang mereka cari. Kesalahan para penulis artikel adalah seringkali membuat artikel yang thin atau kurus, copas atau rewrite dari blog lain tanpa merubah esensi artikel yang ditulis. Untuk membuat artikel berkualitas cobalah untuk menyajikan data dan informasi dari beberapa sumber terpercaya dan bukan anya dari satu blog.
  • Promosikan blog anda
    JIka anda hanya mengandalkan posisi di esin pencari google, maka untuk pemula akan menunggu sangat lama. Anda perlu kerja keras untuk mendapatkan pengunjung. Untuk mendongkrak jumlah kunjungan, cobalah anda promosikan artikel - artikel anda melalui media sosial, forum atau blogwalking.

    Kelemahan dari jumlah kunjungan yang berasal dari medos biasanya rate klik iklan akan lebih kecil dibanding rate klik pengunjung yang berasal dari search engine. Namun untuk awal langkah tetap gunakan promosi website melalui medsos.
  • Daftarkan Ke Google Adsense
    Setelah anda berhasil mengoptimasi blog anda baik dengan menulis artikel rutin, menampilkan blog dengan tampilan template yang fast loading, responsive dan high ctr aka langkah anda selanjutnya adalah mendaftar ke Google Adsense.
  • Peluang Usaha Google Adsense

    Usahakan untuk menunggu hingga ada visitor tetap di atas 100 oang perhari dan umur blog diatas tiga tahun agar blog anda bisa diterima oleh google adsense. Penjelasan mengenai Usaha Google Adsense bisa anda baca pada artikel di bawah ini 

IDE BISNIS RUMAHAN ONLINE GOOGLE ADSENSE

Untuk pemula, diatas adalah gambaran singkat mengenai membangun blog untuk google adsense. Untuk pembahasan yang lebih rinci tidak mungkin untuk dijelaskan dalam satu artikel karena banyaknya pembahasan sementara ruang terbatas. Update terus blog usaharumahan19.com untuk terus menggali ilmu bagaimana mendapatkan uang dari blogspot.com