Bagaimana Memulai Ide Bisnis Rumahan Online Yang Tepat

Bisnis rumahan online menjadi salah satu bisnis yang kini sedang banyak di lirik oleh masyarakat. Bukan tanpa alasan memang, dengan iming - iming hasil yang lumayan besar ditambah lagi modal untuk menjalankan peluang usaha ini tidak terlalu besar membuat bisnis ini menawarkan harapan yang besar. Bayangkan saja, hanya dengan bekerja dari rumah dengan menggunakan komputer biasa anda sudah bisa mulai menjalankan peluang bisnis ini. Namun, apakah semudah itu menjalankan bisnis online?
Bagaimana Memulai Ide Bisnis Rumahan Online Yang Tepat

Banyak dari kawan - kawan sesama blogger atau jenis bisnis lain yang mengatakan bisnis online itu susah. Ada juga yang mengatakan bahwa untuk menjalankan bisnis online membutuhkan kemampuan soal programing dan sejenisnya. Padahal, pada kenyataannya bisnis online tidak sesulit yang di bayangkan, rahasia nya hanya berkutat pada dua rahasia TEKUN dan TERUS BELAJAR. Ini telah saya buktikan baik dari pengalaman saya sendiri maupun pengalaman orang lain sesama rekan pelaku bisnis rumahan online.
baca juga : 

Bisnis Rumahan Online Jadikan Lulusan SMP Penghasilan Puluhan Juta

Pun saya sendiri tidak paham masalah programing, tidak paham masalah coding dan lain sebagainya. Saya  hanya paham masalah cara membuat blog, menulis dan memposting artikel. Saya benar - benar dengan dunia bisnis online, karena basic saya memang bukan seorang ahli komputer. Hanya sebuah kebetulan ada salah seorang kawan yang memberitahu dan langsung saya pelajari. Faktanya, Sampai sekarang pun saya masih tidak paham masalah coding atau programing bahkan membuat blog menggunakan wordpress saya tidak bisa. Namun, hasil tetap saya dapatkan untuk mencukupi kebutuhan dan membangun sebuah rumah sederhana dari peluang usaha rumahan online yang kini saya jalani. Tulisan ini khusus saya dedikasikan untuk kawan kawan semua yang ingin belajar masalah bisnis online agar hasil yang diperoleh tidak terlalu lama.


1. Cintai apa yang anda kerjakan
Pada dasarnya, ketika anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis rumahan online, maka anda harus siap untuk menyisihkan sebagian waktu anda guna mengurus bisnis anda. Dari pengalaman kawan kawan, untuk pecah telor pertama kali biasanya membutuhkan waktu yang bervariasi dan rata - rata tidak cukup1 - 2 bulan bahkan ada yang hingga satu tahun belum juga menikmati rasanya gajian atau PO pertama kali. Itu berarti, anda harus rela untuk tidak dibayar atas waktu dan kerja anda selama beberapa waktu.

Dari alasan diatas, maka ketekunan akan sangat diperlukan. Ketika anda mencintai apa yang anda lakukan maka anda akan lebih kuat dan sabar. Karena selain hasil yang ingin di perolah, ada kepuasan tersendiri yang bisa anda dapatkan meski hasil belum didapatkan. Untuk itu, pilihlah jenis bisnis rumahan online anda sesuai dengan hobi anda. Untuk anda yang menyukai dunia tulis menulis, cobalah membuat blog dan tulis ide - ide anda atau informasi di blog anda lalu daftarkan ke broker periklanan online seperti Google Adsense, Kliksaya, Chitika dll, jika anda menyukai editing video tanpa menulis maka anda bisa masuk ke bisnis Youtube, dan jika anda menyukai kegiatan jual beli, ada toko online,  dropshoping atau program Affiliate marketing untuk anda.

2. Berfokus pada satu jenis bisnis rumahan 
Selain memilih jenis bisnis online yang anda cintai atau sukai, anda pun harus memilliki sikap lain yaitu fokus. Fokus yang saya maksud bukan berarti menyuruh anda keluar dari pekerjaan anda kemudian terjun secara total ke bisnis online sementara finansial  anda belum siap. Fokus yang dimaksud dalam tulisan ini adalah ketika anda menjadi seorang blogger, maka fokuslah dengan blog anda dan kesampingkan potensi lainnya dahulu sebelum anda berhasil menjadi blogger profesional.

Yang sering terjadi adalah pelaku bisnis rumahan online mudah tergiur dengan iming - iming dari jenis bisnis online lain, seorang blogger yang telah 3 bulan menjalankan bisnisnya ternyata belum menghasilkan uang dan ia membaca tentang peluang usaha rumahan online dari Youtube, maka ia berpindah ke bisnis upload youtube, Pun ketika bisnis Rumahan Youtube ternyata belum juga menghasilkan kemudian beralih ke affiliate marketing dan seterusnya. Ini adalah penyakit yang sebaiknya anda hindari karena anda tidak akan mendapatkan apa - apa. 

3. Terus belajar
Bisnis online bukanlah bisnis yang diajarkan secara intensif di dalam lembaga lembaga formal pendidikan bahkan banyak dari sarjana komputer yang tidak tahu atau tidak terjun ke dunia bisnis online. Kebanyakan dari pelaku usaha online adalah para peminat dunia online yang mau belajar terus dan terus. Mereka tidak akan berhenti belajar sampai menemukan formula yang tepat untuk mendapatkan penghasilan yang maksimal. Mereka akan terus up to date melihat perkembangan dunia online saat ini dan mempelajari berbagai teknik hingga kemudian ditemukanlah teknik yang tepat. 

Saat anda sudah memulai bisnis online rumahan dengan cara diatas, sangat besar kemungkinannya bagi anda untuk mendapatkan penghasilan yang besar.  Maka, untuk anda yang ingin menjalankan bisnis rumahan online, persiapkan diri anda mengarungi lautan ketekunan karena saya jamin anda tidak akan mendapatkan penghasilan pada bulan tersebut. Minimal untuk dapat mencukupi kehidupan anda anda harus bersabar beberapa bulan. 

Kiranya 3 cara diatas dapat membantu anda dalam memulai bisnis rumahan online yang tepat bagi anda. Salam sukses berwirausaha.