Ide Usaha Rumahan Tanaman Hias

Ide Usaha Rumahan ~ Usaha Rumahan menyajikan banyak ide yang dapat kita lakukan di rumah dan salah satunya adalah ide bisnis budidaya tanaman hias atau nursery. Ide bisnis ini masih sangat terbuka lebar peluang nya, karena belum banyak yang menekuni bisnis ini. Menjadi salah satu keuntungan tentunya karena anda tidak memerlukan usaha berlebihan untuk menghadapi pesaing pesaing bisnis di bidang ini.

Ide usaha Rumahan
en.wikipedia.org

Jenis usaha rumahan tanaman hias memiliki satu ciri yaitu membutuhkan kesabaran karena pada ide usaha rumahan ini tidak bisa didapat keuntungannya dalam waktu yang singkat terlebih jika tanaman hias yang di budidayakan merupakan jenis tanaman yang lama besarnya dengan pertumbuhan yang lambat. Untuk itu, Unsur hobi sangat diperlukan di sini agar anda bisa menikmati bisnis anda walaupun anda harus bersabar untuk mendapatkan hasilnya. ( baca juga : Kumpulan Ide Bisnis Rumahan dan Sampingan ).

Ide Usaha Rumahan Tanaman Hias 


Yang pertama anda harus lakukan dalam memulai bisnis ini adalah memikirkan tanaman apa saja yang akan anda tanam. Anda bisa menyesuaikannya dengan keadaan geografis tempat tinggal anda mulai dari suhu dan kelembaban. Setelah anda mantap dalam memilih jenis tanaman yang anda tanam anda tinggal melakukan langkah - langkah berikutny, selengkapnya tentang tata cara melakukan ide usaha rumahan budidaya tanaman hias silahkan lihat penjelasan lengkapnya di bawah ini :


A. Tahap Persiapan

Sebelum anda melalui banyak langkah dalam memulai usaha rumahan tanaman hias, lakukan hal di bawan ini :
  • Memilih lokasi yang tepat
Pada tahapan ini anda bisa memilih lokasi yang sekiranya aman dari gangguan polusi udara. Jika lahan anda terbatas maka gunakan lahan tersebut dengan baik dengan membuat satu rak bertingkat untuk tanaman anda.
  • Menentukan Jenis tanaman
Dalam menentukan jenis tanaman anda harus mempertimbangkan suhu, keadaan geografis, kelembaban dan juga jangan lupa memperhitungkan laba rugi. Berapa biaya benih, perawatan, obat - obatan dan biaya operasional lain yang menyertai tanaman hias tersebut.
  • Tambah Ilmu terus belajar
Membaca panduan - panduan tentang tanaman hias yang akan anda tanam akan sangat penting untuk menentukan bagamana tanamana anda akan dirawat. namun demikian, trial dan eror akan tetap terjadi dan disinilah kesabaran anda diuji dalam proses pembelajaran.
  • Bagaimana anda akan berpromosi?
Setelah semua ide usaha rumahan anda tertata, yang terakhir adalah bagaimana anda mempromosikannya, bagaimana anda memasarkannya. Ada baiknya anda membaca artikel saya berjudul Strategi Pemasaran Bisnis Rumahan paling Ampuh


B. Resiko Gagal
Pada ide usaha rumahan tanaman hias, resiko kegagalan jelas tetap ada. Dan biasanya kegagalan tersebut disebabkan oleh :
1. Tanaman tidak sesuai dengan keadaan geografis anda
Bagaimanapun tiap tanaman mempunyai habitat idealnya. Anda bisa saja mengakalinya namun tentu membutuhkan modal besar untuk memodivikasi habitat atau tempat tinggal tanaman buatan. Jika modal anda besar silahkan lakukan namun jika anda bermodalkan uang pas pasan, maka usahakan tenaman yang anda tanaman sesuai dengan keadaan geografis anda.

2. Kurang telaten
Karena ketidak sabaran dalam menanti hasil usaha, biasanya pembudidaya kemudian menjadi malas untuk meneruskan usaha rumahan tersebut sehingga hasil dari bisnis kurang maksimal, untuk itu jika anda ingin menekuni bisnis ini namun anda merasa tidak akan sabar, maka urungkan niat anda. bisnis rumahan ini memang akan sangat bagus jika di lakukan bagi mereka yang memang hobi atau suka dengan tanaman hias.
3. Strategi pemasaran yang kurang
Dewasa ini ada banyak cara dalam mempromosikan atau memasarkan produk diantaranya yang paling baru dan paling wahid adalah dengan cara online. Bagaimana caranya? akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Sebelum menutup artikel ini, saya ingin agar anda bisa lebih kreatif dengan memaksimalkan bahan yang ada. Anda tidak punya pot, silahkan gunakan pot buatan sederhana. Anda kesusahan masalah pupuk yang mahal harganya? gunakan pupuk alami yang bisa anda buat sendiri. Be creative is a secret of succes.
Dan terakhir saya ingin menghadirkan satu  kisah sukses ide usaha rumahan tanaman hias dan kali ini datang dari bisnis budidaya tanaman anggrek. Adalah Aziz Widayanto petani muda yang merintis usaha sejak tahun 2005 yang kemudian mendapatkan penghasilan bulanan Rp. 23.000.000 / bulan. Lumayan bukan? usaha rumahan yang di tekuninya berada di daerah wonogiri.

Dan anda bisa menjadi petani tanaman hias berikutnya dengan menjalankan ide bisnis rumahan tanaman hias di pekarangan rumah anda. Selamat mencoba.