Bagaimana Menjadi Pebisnis Online Yang Sukses?

" Bisnis  Online menjanjikan banyak uang dengan sedikit keringat." Begitulah yang dipahami oleh masyarakat umum. Bahkan, untuk beberapa daerah di Indonesia, bisnis online masih merupakan usaha yang " tabu " karena pelakunya hanya duduk diam di rumah kemudian mendapatkan uang yang bahkan jumlahnya bisa melebihi hasil dari pekerjaan yang memeras keringat. Dengan duduk di depan komputer, mengetik tuts pada papan ketik, bercengkrama dengan internet sambil facebookan anda bisa menghasilkan uang tanpa pergi ke luar rumah, bukankah menyenangkan? Faktanya, Bisnis Rumahan Online tidak sesulit yang di perkirakan orang, dan tidak semudah yang di pikirkan oleh orang lain.

Memang, dengan jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai angka lebih dari 88,1 Juta, peluang internet business menjadi sangat menjanjikan. Terlebih banyak sekali perusahaan - perusahaan besar kini mulai melirik pangsa pasar online. Perusahaan menengah keatas mulai berekspansi melakukan advertising melalui broker periklanan seperti Google Adsense, Bidvister, Chitika, Kliksaya, revenuehits atau sejenisnya. Tak hanya itu, perusahaan - perusahaan tersebut juga menyediakan fasilitasjual beli online yang tentunya memanjakan para konsumen karena bisa membeli barang tanpa harus ke luar rumah menuju pasar atau supermarket. Dengan demikian, bisnis online semakin bersinar menjadi salah satu bidang bisnis yang akan terus berkembang pesat dari tahun ke tahun.

Bagaimana Menjadi Pebisnis Online Yang Sukses?

Namun, jika anda berfokus pada manisnya bisnis online namun lupa pada pahitnya, saya takutkan anda kecewa karena bisnis online meski terlihat mudah namun tetap selalu menghadirkan tantangan dan rintangan. Ada banyak keluhan dari pada pebisnis pemula bahkan berujung kegagalan dan akhirnya putus asa, untuk itu, penting kirangnya sebelum anda melangkah ke dunia bisnis maya, atau sekarang anda masih berada pada tahap perkenalan dengan bisnis online ada baiknya anda membaca ulasan bagaimana menjalankan bisnis Rumahan online yang sukses diantaranya :
  1. Pahami kemampuan dan Kemauan diri
    Pada dasawarsa 1960 - 1970, Fosrtune 500 mendanai sebuah penelitian untuk menjawab permasalahan " Mengapa perencanaan bisnis bisa gagal?". Untuk melakukan penelitian tersebut Stanford Research Institute membentuk tim peneliti yang beranggotakan Marion Dosher, Dr Otis Benepe, Albert Humphrey, Robert Stewart, dan Birger Lie. Penelitian tersebut akhirnya menghasilkan Anlisis SWOT yang diperkenalkan oleh Albert Humphrey. Sederhananya, analisis SWOT merupakan teknik perencanaan suatu bisnis atau keputusan strategis perusahaan dengan memperhatikan Strength ( kekuatan ) Weakness ( Kelemahan ) Oportunity ( Peluang ) dan threats ( ancaman ). Untuk merencakanan suatu bisnis maka harus di pahami kekuatan anda, keahlian apa yang anda miliki, bidang apa yang anda sukai lalu kelemahan anda pada sisi mana serta bagaimana persaingan dan kendala dari luar yang ada pada bisnis tersebut.

    Menganali kemampuan , kekuatan dan minat pada diri kita akan menjadikan bisnis yang kita jalankan lebih nyaman, lebih menyenangkan dan tentunya lebih cepat berkembang. Jika anda memiliki kamampuan di bidang kuliner maka akan sangat baik jika anda membuka usaha bidang kuliner. Anda bisa saja membuka usaha otomotif dengan belajar dari awal namun tentu akan membuat usaha anda lebih lambat berkembang serta memakan biaya yang lebih besar.

    Pun pada bisnis online, jika anda adalah seorang pemula dengan modal yang tidak terlalu besar, sangat di sarankan untuk memilih bisnis online yang sesuai dengan kemampuan anda. Jika anda seorang yang menyukai dunia tulis menulis, maka bisa anda salurkan kemampuan kepenulisan anda dengan menjadi blogger preofesional lalu di monetize dengan Adsense atau membuat slot iklan di blog anda. Selengkapnya mengenai bisnis online sesuai dengan kemampuan dan minat dapat anda baca di bawah ini :
    Macam Bisnis RUmahan
     
  2. Berfokuslah pada satu jenis bisnis
    Saat anda telah menentukan jenis bisnis yang sekiranya sesuai dengan kemampuan dan kemauan anda. Berfokuslah pada satu jenis bisnis hingga anda berhasil. Jangan latah melihat keberhasilan orang lain di satu jenis bisnis online yang berbeda dengan kita. Ketika anda sedang menjalankan bisnis online dengan menjadi seorang blogger profesional, fokuslah pada blogging. Pelajari mulai dari tingkat awal, bagaimana menulis artikel yang berkualitas, bagaimana membangun link authority yang baik, membangun link building yang aman hingga masalah pemrograman web. Jika bisnis anda sudah memiliki kaki yang kuat untuk berpijak, anda bisa melirik bisnis lain dengan mendelegasikan bisnis awal anda kepada mereka yang telah anda latih sebelumnya. Jika anda berganti bisnis karena melihat kesuksesan orang lain maka anda akan sibuk dengan belajar dan sibuk membuang waktu dan biaya.
  3. Belajar sambil jalan
    Ipho Santosa pernah memberi satu tips untuk bisa sukses yaitu ;
    Sambil menjalankan bisnis, bisa sambil belajar. Antara lain, mencari pembimbing atau mentor, ikut komunitas, belajar lewat sosial media atau internet. Tak harus yg terkenal, yg penting mumpuni di bidang yg Anda geluti, misalnya belajar kpd orangtua, teman, atau tetangga yg berpengalaman di bidang itu.
    Teruslah belajar, anda tidak perlu kuliah di universitas yang membuka jurusan Teknik Informatika spesialis pemrograman web hanya untuk menambah ilmu. Anda bisa belajar sambil berjalan. Ketika anda tahu kemampuan anda masih kurang, belajarlah terus. Ada banyak ilmu yang bisa anda dapatkan dari kawan, kolega, internet dan yang lainnya.

    BEKERJA ATAU FULL BISNIS?
    Pertanyaan ini kemudian sering muncul ketika seseorang masih memiliki pekerjaan offline di dunia nyata namun ingin sukses di dunia maya. Bisnis online pun butuh modal, dan bisnis online menghadirkan banyak sekali kejutan. Sebaiknya lakukan persiapan. Jalankan pekerjaan offline anda karena anda pasti punya kebutuhan yang harus anda cukupi. Anda bisa menjadikan usaha online anda sebagai usaha sampingan ketika bisnis maya anda belum kuat. Ketika bisnis online anda sudah benar - benar menghasilkan dan tahan banting, keputusan untuk menjadi seorang Full online businessman atau tetap sebagai sampingan ada di tangan anda.

    JANGAN TAKUT BERINVESTASI
    Betul bahwa bisnis online sebagian besar tidak memerlukan modal biaya yang besar. Namun, jika anda ingin benar - benar sukses, jangan takut berinvestasi. Entah itu investasi dalam bentuk ilmu, tenaga ahli atau sewa domain dan hosting. Ikuti seminar - seminar premium, sewa jasa penulis, jasa editing video atau jasa tools yang premium karena akan selalu sebanding dengan hasilnya. Namun, kejelian juga di perlukan.

    YAKIN BERBISNIS DI DUNIA ONLINE?

    Yakinkan diri anda dahulu sebalum terjun ke dunia online. Jika keyakinan anda sudah ada pada diri anda. Ketika terjatuh pun anda akan bangkit, ketika akun adsense anda di banned, ketika anda kena tipu, ketika hasil tak kunjung cair atau anda menghadapi sindiran dari orang di sekitar anda.Anda akan yakin bahwa anda berhasil dan bagaimanapun caranya anda akan bangkit berdiri. Mencari sumber kegagalan lalu memperbaikinya. Keyakinan akan menjadikan anda sabar karena seringkali seseorang harus berjuang selama setahun untuk mendapatkan hasil dari bisnis online.