8 Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Menguntungkan

Usaha Sampingan Di Desa | Pada dasarnya, setiap daerah memiliki karakteristiknya masing - masing baik itu di desa, kota, pinggiran kota, pinggiran pantai atau di perumahan kumuh sekalipun. Dengan karakteristik kondisi dan sikap masyarakat yang berbeda - beda tersebut ikut mempengaruhi jenis bisnis yang berkembang. Suatu bisnis mungkin akan berhasil di pingiran kota, namun tak cukup baik di pusat kota atau bisa terjadi pulsa suatu usaha berjalan dengan baik bahkan sangat menguntungkan ketika dijalankan di desa namun tidak laku di kota.
Usaha Sampingan Modal Kecil Di Desa

Oleh karena itu, pemilihan lokasi dalam membangun bisnis juga sangat penting terkait banyak penilaian di dalamnya baik dari jumlah penduduk, tingkat ekonomi masyarakat hingga kesiapan masyarakat dalam memanfaatkan poduk yang dijual. Mengingat pertimbangan tersebut, akan saya berikan beberapa contoh ide bisnis sampingan yang bisa dijadikan sebagai usaha sampingan yang cocok di daerah pedesaan diantaranya adalah :

  • Usaha Sampingan Budidaya Jahe Merah

Usaha Sampingan Jahe Merah
  • Jahe merah memiliki permintaan cukup tinggi baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Khasiatnya yang sangat berguna bagi kesehatan membuat jahe merah diburu oleh banyak perusahaan di bidang farmasi. Kebutuhan jahe merah dari tahun ke tahun semakin meningkat padahal jumlah petani masih belum terlalu banyak. Teknik pengelolaan jahe merah bisa dibilang mudah dan tidak merepotkan, modalnya pun tidak terlalu besar. Berikut ini contoh analisa usaha budidaya jahe merah :
    • Karung : 1000 karung x Rp. 1000,- = Rp. 1.000.000,-
    • Media penanaman : 1.000 karung x Rp. 3.500- = Rp. 3.500.000,-
    • Pupuk NPK : 1000 karung x Rp. 2.000,- = Rp. 1.000.000,-
    • Bibit Jahe : 3 tunas/karung = 3000 x  Rp. 1.000,- = Rp. 3.000.000,-
    • Pupuk Cair / MOL : Rp.200.000,-
    • Lain-lain : = Rp.1.000.000,- 
    TOTAL Perkiraan Biaya akan di keluarkan adalah = Rp. 9.700.000,-

    Pendapatan :
    Asumsi jumlah jahe yang didapat adalah 15 - 20 kg / karung sehingga di dapat 1000 x 15 kg = 15.000 kg. Harga terendah jahe di kisar dengan harga Rp. 8.000 sehingga di dapat pendapatan sebesar Rp. 15.000 x 8.000 = Rp. 120.000.000,-

    Sangat lumayan bukan? Namun demikian, usaha sampingan jenis ini membutuhkan kesabaran karena hasilnya tidak dapat dinikmati secara instan. Anda bisa memanennya ketika jahe sudah berumur 9 - 10 bulan. Jika modal anda tidak mencukupi sesuai perhitungan di atas, anda tinggal mengurangi pembelian stok karung atau tunas.
    Baca : Peluang Bisnis Kecil budidaya jahe merah

  • Peluang Usaha Sampingan Laundry

  • Bisnis laundry dulu disebut sebagai bisnis yang identik dengan kawasan elit perkotaan atau di daerah yang banyak mahasiswa. Kini, bisnis ini mulai merambah di pedesaan. Contohnya di Jogjakarta, bisnis jasa cuci ini telah menjadi salah satu bisnis yang mulai dikenal oleh masyarakat. Dengan semakin bertambahnya penduduk serta kesibukan masyarakat yang harus banting tulang di sepanjang waktu membuat bisnis ini mulai dilirik jasanya oleh masyarakat.

    Dengan analisa modal yang hanya sekitar 3-5 juta rupiah. Anda bisa mengantungi penghasilan 800 ribu - 2 juta rupiah perbulan. Kendala yang muncul tentunya adalah keengganan masyarakat terkait biaya, untuk itulah anda harus meyakinkan masyarakat bahwa jasa laundry yang anda tawarkan bisa murah meriah untuk masyarakat. Gunakan prinsip " Untung kecil, tapi penjualan banyak "

    Simak Selangkapnya : Usaha Rumahan Laundry Kiloan yang Menjanjikan Untung Besar

  • Usaha Sampingan Pengepul Hasil Pertanian

  • Fakta bahwa Indonesia merupakan surganya tanaman memang tidak terbantahkan. Ada banyak sekali hasil pertanian yang bisa dipetik dari negara Indonesia. Sayangnya pengelolaan yang kurang baik serta banyaknya mafia pertanian membuat Indonesia terus mengalami kekurangan sumber pangan sehingga harus mengimpor dari luar negeri.

    Nah, bagi anda yang memiliki link pada konsumen pertanian, ada baiknya anda membuka usaha sampingan menjadi pengepul hasil pertanian. Anda bisa membeli hasil pertanian dari petani secara langsung kemudian menjualnya ke pasar atau ke pengepul yang lebih besar di tingkat kota. Keuntungan yang bisa anda peroleh adalah anda tidak perlu takut mengalami gagal panen. Yang perlu anda perhatikan adalah masa segar hasil pertanian karena bagaimanapun hasil panen tidak akan selamanya segar dan tentu akan mengalami pembusukan jika tidak segera dimanfaatkan
    Baca Juga :

  • Bisnis  Sampingan Kuliner Makanan Ringan 

  • Usaha sampingan ini masih menjadi salah satu jenis usaha kecil menengah favorit. Keuntungan yang lumayan besar serta modal yang tidak terlalu membuat kita pusing, menjadikan bisnis sampingan kuliner menjadi begitu digemari oleh masyarakat.

    Di desa anda bisa menjalankan usaha sampingan makanan ringan. Di daerah bantul, seorang ibu rumah tangga berhasil mendapatkan omzet 300 juta rupiah tiap bulan dari usaha kuliner makanan peyek. Ini tentu sangat menggembirakan mengingat modal yang digunakan tidak terlalu besar namun keuntungan bisa mencapai 100 %.
    Pelajari Selengkapnya : Peluang bisnis Modal Kecil Dari Makanan Ringan

  • Usaha Sampingan budidaya Ikan 

Bisnis Sampingan Ikan Lele
  • Di daerah desa biasanya ketersediaan sumber air cukup besar. Sungai - sungai juga masih mengalir deras. Melihat pada kondisi yang demikian, kiranya usaha sampingan lain yang cocok adalah usaha budidaya ikan.

    Ikan yang biasanya laris manis adalah ikan lele, ikan gurami, ikan patin dan ikan mas. Ikan ikan ini bisa dibudidayakan dari berbagai jenis pengelolaan baik itu pembenihan, penetasa, maupun pembesaran hingga ukuran konsumsi. Kebutuhan akan daging ikan air tawar masih tergolong tinggi sehingga potensi perikanan masih terbuka lebar.
    Berikut ini penjelasan lengkap dari :

    Usaha Kecil Ternak lele Di Kolam Terpal Modal Hemat

  • Usaha Sampingan Warnet atau Rental Komputer

  • Kebanyakan penduduk desa memandang bahwa Laptpo, wifi, atau komputer merupakan barang mahal dan mewah. Seseorang yang memiliki komputer atau laptop biasanya dikategorikan sebagai orang berkecukupan.

    Meski demikian, kebutuhan internet serta komputer sudah hampir merata di setiap daerah di Indonesia mengingat kurikulum pendidikan di Indonesia telah berubah dengan menggandeng Teknologi Informasi sebagai salah satu materi yang ditekankan dalam kurikulum tematik. Siswa akan banyak diberi tugas untuk menyusun tugas dari internet, mengetik atau mencetak hasil tugas. Kebutuhan tersebut, untuk daerah pedesaan tentu menjadi salah satu peluang usaha sampingan yaitu usaha warnet atau rental komputer karena kebanyakan penduduk desa tidak memiliki PC atau laptop.

    Simak video berikut ini :

Nah, apakah dari sekian jenis usaha sampingan yang telah saya paparkan di atas ada yang cocok dengan anda serta sesuai dengan kondisi masyarakat. Jangan lupa, bahwa keyakinan juga penting dan lebih dari itu, anda butuh Take Action. Segera bertindak karena walau berpikir itu penting, terlalu berfikir akan menahan kita untuk bertindak.

Semoga saja artikel tentang 6 Usaha sampingan modal kecil yang menguntungkan di atas dapat membantu anda masyrakat di pedesaan.