Contoh Proposal Usaha Makanan Keripik Talas

Contoh Proposal Usaha Keripik Talas | Berikut ini adalah contoh proposal usaha keripik yang dibuat dari talas. 


Proposal Usaha Keripik Talas

Contoh Proposal Usaha Makanan Keripik Talas



A. KATA PENGANTAR

Talas merupakan sejenis makanan umbi - umbian yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tanaman ini diduga telah ada sejak jaman purba bahkan sebelum padi di tanam sebagai bahan makanan pokok. Makanan ini konon katanya berasal dari daerah Asia Tenggara dan Asia Tengah bagian selatan. 


Talas memiliki umbi yang merupakan penghasil karbohidrat yang penting. Namun demikian makanan ini kurang diminati karena adanya getah yang menyebabkan gatal - gatal. Karenanya, dalam mengkonsumsi talas harus diolah baik dengan cara di kukus, dipanggang, atau dijadikan keripik. Indonesia khususnya bagian timur, telah menjadikan umbi talas sebagai makanan pokok sehari - hari. 

Dengan adanya sumber daya alam nabati yang berasal dari umbi talas tersebut, sayang sekali apabila tidak dimanfaatkan. Untuk itulah, kami dari usaha kecil menengah " Kuliner Indo Natura " mencoba memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Indonesia berupa umbi talas untuk kami olah menjadi produk kuliner yaitu keripik. Dengan teknik pengolahan yang cenderung mudah serta ketersediaan umbi talas yang ada di Indonesia serta memiliki harga murah. Kami yakin, usaha keripik talas dapat menjadi salah satu usaha kuliner yang berkembang dan menghasilkan keuntungan. 




B. Latar Belakang

Indonesia memiliki banyak sekali potensi alam diantaranya adalah umbi talas. Sayangnya, umbi talas mesih belum dimanfaatkan secara maksimal dikarenakan opini masyarakat yang mengatakan bahwa umbi talas adalah makanan yang mengandung getah yang menyebabkan gatal - gatal bahkan setelah di olah menjadi makanan.


Melihat pada kondisi tersebut di atas, maka tentu harus ada cara pengolahan umbi talas yang bisa bebas gatal dan diolah menjadi makanan ringan agar umbi talas bisa lebih dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Usaha Kecil Menengah " Kuliner Indo Natura" berusaha mengolah makanan - makanan dari bahan baku tradisional yang telah dikenal masyarakat dan merupakan bahan makanan murah dari alam.Pemanfaatan umbi talas tersebut, bisa dijadikan sebagai wujud pengelolaan makanan khas Indonesia.

C. Visi dan Misi Usaha
  • Visi
    " Memperkenalkan Produk Makanan Lokal Sebagai Makanan Global"
  • Misi
    1. Memperkenalkan bahan makanan asli Indonesia
    2. Memaksimalkan potensi alam Indonesia
    3. Mengurangi pengangguran
    4. Mengurangi Import makanan
Untuk melihat proposal usaha keripik talas lengkap silahkan anda cek di link di bawah ini.


Baca juga proposal usaha makanan lainnya :

Semoga artikel di atas dapat membantu anda dalam mempersiapkan atau menyajikan proposal usaha makanan baik untuk tugas sekolah maupun sebagai alat untuk mendapatkan investor.