CONTOH USAHA KECIL MENENGAH BIDANG KULINER MENGUNTUNGKAN

USAHA KECIL MENENGAH | Kebutuhan UKM atau usaha kecil menengah semakin tak dapat dipungkiri. Berdasarkan pendapat umum yang ada di dunia perekonomian, untuk dapat dikatakan sebagai negara sejahtera maka setidaknya harus ada 4% UKM dari total penduduk di suatu negara. Hal ini terkait dengan jumlah penduduk yang tersertap dari UKM tersebut. Dengan semakin banyaknya UKM maka tentu akan semakin banyak lapangan kerja yang dijadikan sebagai mata pencaharian penduduk.

Pentingnya Usaha Kecil Menengah telah disadari oleh berbagai negara, UMKM telah menjadi tulang punggung perputaran roda perekonomian di banyak negara berkembang termasuk Indonesia. Di kawasan ASEAN sendiri, ada sekitar 88,8-99,9% Usaha Kecil Menengah yang menyerap tenaga kerja 51,7-97,2%. Dengan data statistik tersebut tidak heran jika kemudian pemerintah menggenjot upaya untuk mendorong masyarakat berbisnis dengan membuka berbagai program seperti PNPM, ADD Desa, Kredit Usara Rakyat serta bantuan dana hibah untuk kelompok usaha bersama. 

CONTOH USAHA KECIL MENENGAH BIDANG KULINER MENGUNTUNGKAN

Salah satu bidang bisnis yang sangat potensial untuk di kembangkan sebagai usaha kecil menengah adalah KULINER atau Usaha Makanan. Usaha ini terus tumbuh dan terus menjamur seiring dengan banyaknya inovasi masakan serta bertambahnya penduduk. Nah, untuk anda yang kini sedang mencari inspirasi untuk Usaha Kecil Menengah di bidang makanan atau kuliner, silahkan simak beberapa contoh usaha kecil menengah bidang kuliner menguntungkan di bahwa ini : 

Usaha Kecil Menengah Keripik 

Usaha Kecil Menengah

Makanan ringan seperti keripik masih menjadi idola di Indonesia. Makanan jenis keripik adalah makanan yang paling sering menemani saat saat santai seperti menonton TV, atau sekedar ngobrol dengan sahabat dan sanak keluarga. Prospek bisnis ini masih terbuka lebar dengan jumlah bahan baku yang tersedia dalam jumlah besar di Indonesia.

Ada beberapa contoh jenis keripik yang bisa dijadikan sebagai pilihan usaha kecil menengah kuliner anda diantaranya adalah keripik tempe, keripik tahu, keripik pare, keripik usus dan kulit ayam, talas, atau kentang. Di luar contoh tersebut anda bisa berkreasi dengan membuat resep baru keripik yang menggunakan bahan baku tradisional. Bukti nyata adalah keripik pare, jika dulu pare hanya merupakan buah pahit yang digunakan sebagai lauk, kini disulap menjadi keripik yang lezat.

Selain prospektif, usaha kecil menengah jenis ini tidak membutuhkan modal yang besar. Bahkan bisa dilaksanakan dengan kekuatan finansial ratusan ribu rupiah. Terlebih kini masalah permodalan telah banyak di bantu oleh pemerintah lewat berbagai program strategis untuk membantu para wiraswasta di Indonesia. Di samping itu, usaha kecil keripik juga memiliki keunggulan lainnya yaitu ketahanan makanan yang lama sehingga produk anda tidak cepat basi atau membusuk.
Artikel terkait :

Usaha Rumahan Keripik Tempe Bahan Mudah Di Dapat

BIsnis Rumahan Keripik Pisang Omzet Puluhan Juta Rupiah

Usaha Kecil Menengah Makanan Tradisional

Peyek dan makanan padang adalah contoh makanan tradisional yang sudah lama dinikmati oleh lidah - lidah masyarakat Indonesia. Makanan tradisional tersebut nyatanya tidak berpenghasilan ndeso namun mampu menjadikan pemiliknya sebagai wirausaha sukses beromzet kota alias jutaan hingga ratusan juta rupiah.

Meski menu - menu masakan dari kampung barat datang seperti menggempur Indonesia, cita rasa makanan tradisional masih tetap tak tergantikan. Terlebih dengan masih banyaknya penduduk indonesia yang hidup di daerah pedesaan. Namun demikian, dalam pengelolaannya, sebisa mungkin anda gunakan cara modern.

DI daerah Purwokerto misalnya, ada warung mendoan yang dibuat konsep menyerupai kafe. Dengan menawarkan kopi dan mendoan, warung ini mampu menghasilkan uang jutaan rupiah tiap bulannya. Mengapa demikian? Jika kita hitung - hitungan, harga mendoan di pasar biasanya hanya Rp. 500 - Rp. 1.000 / buah, namun jika sudah disajikan ala kota, dengan biaya produksi yang sama, bisa dijual dengan harga Rp. 2.000 - Rp. 10.000,. Tentu keuntungan akan berlipat ganda bukan?
Serba Instan. Mungkin seperti itu gaya hidup sekarang. Masyarakat semakin sibuk untuk bekerja sehingga menginginkan segalanya serba instan. Mencuci pakaian ingin instan sehingga muncullah mesin cuci, jual beli instan dan mudah maka muncul pula berbagai website jual beli serta toko online. Pun tak jauh berbeda dengan makanan, dulu, ketika seseorang memiliki hajat, maka sanak keluarga akan bahu membahu membuat makanan untuk jamuan tamu. Kini, budaya tersebut telah bergeser.

Dalam berbagai acara hajatan, kegiatan - kegiatan gotong royong membuat makanan sudah semakin jarang ditemui. Mengatasi hal ini, muncul usaha cathering yang menyediakan jasa menyediakan makanan dalam skala menengah hingga besar dengan berbagai menu makanan yang bisa di pilih sesuai dengan kehendak pelanggan. 

Pada acara - acara seperti tasyakuran atau selamatan baik yang dilaksanakan oleh pihak perusahaan maupun pihak perseorangan, kini lebih sering menggunakan jasa catering. Selain lebih mudah, yaitu anda hanya menyediakan uang maka makanan untuk para tamu sudah bisa dikatakan beres. Ini tentu memudahkan bagi mereka yang sibuk bekerja, mereka tak perlu lagi membeli bahan baku, meminta bantuan tukang masak dan lain sebagainya. Usaha kecil menengah jenis ini sejatinya tidak membutuhkan modal besar karena peralatan yang dibutuhkan biasanya sebagian sudah tersedia di rumah anda pun tidak memerlukan tempat khusus untuk menjalankan usaha ini.

Usaha kecil Menengah Toko Sembako
Kebutuhan sembako merupakan kebutuhan primer yang merupakan kebutuhan sehari - hari. Dengan demikian perputaran arus kas akan semakin cepat. Contoh kasus adalah beras. Perlu diketahui bahwa bisnis jual beli beras sebenarnya keuntungan yang didapat per kg terhitung tipis namun karena beras merupakan kebutuhan yang digunakan setiap harinya. Sehingga tentu akan mendatangkan keuntungan yang besar dan modal pun juga besar/

Selengkapnya silahkan baca artikel di bawah ini :

Ada banyak jenis usaha kecil menengah yang bisa anda jadikan sebagai pilihan bisnis. Namun demikian kadang kala faktor permodalan menjadi masalah bagi para pelaku bisnis. Maka dari itu, silahkan terus simak blog bisnis ini, untuk mendapatkan cara mendapatkan modal baik dari pinjaman berjangka, maupun dana hibah dari proyek investasi. 

Semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda. Salam sukses usaha kecil menengah