Kerja Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal Hasil Untung Besar

Kerja Sampingan Mahasiswa ~ Pendidikan Indonesia bisa dikatakan mulai mengalami kemajuan dengan adanya berbagai beasiswa, program dan kebijakan terkait kriteria guru. Program bidik misi bagi mahasiswa tidak mampu menjadi salah satu program beasiswa pemerintah yang paling dicari. Namun demikian, secara umum. Pendidikan di Indonesia masih terbilang "mahal". 


Seseorang yang secara ekonomi tidak mampu mencicipi jenjang perguruan tinggi maka ada dua hal yang bisa dilakukan yaitu :
1. Mendapatkan beasiswa

2. Melakukan kerja sampingan


Pada bahasan kali ini, saya akan fokus membahas bagaimana menjalankan kerja sampingan mahasiswa untuk membantu mahasiswa maupun calon mahasiswa yang sedang atau akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Sebelum melangkah lebih jauh, perlu kita uraikan sebab seorang mahasiswa melakukan usaha sampinga diantaranya :
1. Membiayai pendidikan yang mahal

Jika anda termasuk dalam kategori ini, sebenarnya anda adalah seorang yang mandiri. Ketika anda membiayai pendidikan anda sendiri, bukan berarti anda miskin. Namun ada beberapa yang memang ingin mandiri menggapai cita - cita dengan keringat sendiri tanpa meminta - minta kepada orang tua. Alasan ini tentu menjadi sangat positif karena setidaknya mendidik mahasiswa untuk berfikir kreatif dan mau berusaha.

2. Efisiensi waktu
Di Indonesia, Bangku perguruan tinggi masih tergolong sebagai sesuatu yang mewah. Rata - rata penduduk Indonesia, sudah bekerja selepas SMA. Bagi mereka yang kemudian menunda bekerja untuk melanjutkan pendidikan seringkali melakukan kerja sampingan agar waktu senggang kuliah bisa digunakan untuk kegiatan berguna serta menghasilkan. Tidak ada alasan lain selain mengiri waktu. Alasan ini juga baik, anda akan terbiasa dengan manajemen waktu yang teratur.

3. Naluri Pengusaha
Pengusaha adalah cita - cita. Purdi E Chandra, sang pemilik Primagama. Bill Gates mahasiswa Harvard sang pemilik Microsoft atau si pemilik Facebook yang kini menjadi orang kaya adalah contoh mahasiswa yang pada masa kuliah mereka mulai berwirausaha. Ada kepuasan tersendiri dengan menjadi pengusaha, apakah karena kebebasan finansial, kemandirian sikap atau kah impian untuk memiliki pekerja yang mendasari keputusan tersebut tentu berbeda untuk tiap orangnya. 

Lalu Anda termasuk yang mana?

Catatan penting lainnya adalah, dunia kerja semakin ketat. Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan pun semakin kuat. Dewasa ini, IP tinggi tak menjamin seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. So, dengan anda menjalankan kerja sampingan. Setidaknya, ada bisnis yang bisa anda jadikan sebagai lahan mencari nafkah baik ketika anda masih kuliah maupun sudah lulus. Kalaupun ketika anda lulus kemudian anda tidak kunjung mendapatkan pekerjaan, anda telah sedia menghadapinya.

Berikut ini akan saya berikan contoh kerja sampingan mahasiswa yang cocok untuk anda diantaranya 

  1. Kerja Sampingan Translator / Penterjemah
    Anda tahu Howard Gardner? Beliau adalah pencetus kecerdasan ganda atau multiple Intelegence. Dalam teorinya tersebut, dia mengatakan bahwa seseorang akan dominan di satu atau beberapa kecerdasan. Nah, salah satu kecerdasan tersebut adalah kecerdasan linguistik. Anda yang ahli dalam belajar bahasa mungkin memang anda memiliki kecenderungan kecerdasan linguistik yang dominan. Kemampuan anda dalam menguasai bahasa asing bisa anda gunakan untuk mendapatkan uang yaitu dengan menjadi penterjemah.
    Kerja Sampingan

    Kebutuhan penterjemah biasanya di gunakan untuk 
    - Tour Guide
    Pekerjaan sebagai tour guide khususnya untuk turis asing tentu harus memiliki kemampuan bahasa terlebih kemampuan berbicara. Pekerjaan ini sejatinya tidak berfokus pada kemampuan akademik. Kemampuan yang harus ada adalah kemampuan berbicara dengan bahasa asing. 
    - Penterjemah buku
    Anda tahu Fahri Abdullah? tokoh utama dalam novel Ayat - ayat cinta memiliki kerja sampingan sebagai penterjemah kitab. Ia mengalih bahasakan kitab berbahasa arab ke bahasa Indonesia. Setiap tahunnya ada banyak novel atau buku berbahasa asing yang masuk ke Indonesia. Tentu agar dapat dibaca oleh konsumen Indonesia, buku - buku tersebut harus dialih bahasakan ke bahasa nusantara. Pekerjaan ini bisa anda jalankan dan hasilnya cukup lumayan. Namun, anda harus memiliki kemampuan bahasa yang mumpuni karena biasanya yang mengontrak anda adalah perusahaan besar.

    Baca artikel lain : 

    BISNIS RUMAHAN UNTUK MAHASISWA DENGAN MODAL KECIL

  2. Writerpreneuship, usaha kepenulisan. Contoh suksesnya adalah Habiburahman El Sirazi, Stephany meyer atau si penulis Laskar Pelangi, Andrea Hirata yang fenomenal beberapa tahun silam. Mereka adalah beberapa penulis yang mampu menghasilkan ratusan juta bahkan milyaran rupiah lewat runtutan huruf yang menjelma menjadi karya sastra indah.

    Tak dipungkiri, dalam menulis dibutuhkan kemampuan khusus yang bisa didapat dari faktor bawaan genetis maupun berasal dari latihan - latihan yang dilakukan secara terus menerus. Ada banyak cara untuk menjadikan tulisan - tulisan anda sebagai sumber uang. Diantaranya dengan menulis novel, mengirimkan cerpen atau puisi ke pada media cetak. Klik Di sini untuk membaca artikel selengkapnya.
  3. Kerja Sampingan Jaga Warnet
    Warnet meski kini telah redup seiring dengan munculnya gadget maupun laptop murah. Warnet masih menjadi bagian dari kehidupan karena belum semua mampu membeli komputer lengkap dengan jaringan internetnya. Usaha warnet biasanya membutuhkan operator yang mengatur waktu penggunaan konsumen maupun mencetak file dan keperluan lainnya.


    Kerja sampingan mahasiswa dengan menjaga warnet juga memberi keuntungan kepada mahasiswa yaitu dengan akses internet yang bisa membantu kegiatan perkuliahan. Selain anda bisa bekerja menghasilkan uang, anda juga bisa mengakses internet yang jika dinominalkan mungkin bisa melebihi gaji anda kerja sebagai penjaga warnet.

  4. Kerja Sampingan Bisnis Online
    Sudah menjadi realita bahwa internet kini menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Internet kini merambah ke berbagai sisi kehidupan termasuk jual beli dan perdagangan. Perkembangan dunia internet yang semakin canggih membuat banyak inovasi bisnis yang luar biasa banyaknya. Nah, bagi anda yang saat ini masih menjadi mahasiswa mungkin ada baiknya anda belajar bisnis online sesuai dengan passion anda.
    Bisnis Kerja Sampingan Online
    Modal yang diperlukan tentu tidak banyak terlebih ketika anda sudah memiliki laptop maupun modem untuk keperluan kuliah anda. Selain anda dapat mencoba dunia bisnis tak ada salahnya anda terus belajar ilmu baru di dunia usaha.

  5. Kerja Sampingan Jualan Makanan
    Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang di kategorikan sebagai bisnis abadi. Kebutuhan makanan menjadi kebutuhan primer sehingga bisnis makanan tidak akan pernah mati. Dengan modal kecil, anda bisa memanfaatkan bahan - bahan makanan yang murah dan banyak disediakan di pasaran lalu mengubahnya menjadi makanan unik yang bernilai ekonomis.

    Sudah banyak mahasiswa yang sukses dalam menjalankan bisnis ini. Contohnya adalah jamur Crispi yang sudah memiliki omzet hingga puluhan juta rupiah. Anda yang hobi memasak, mengapa anda tidak mencoba bisnis kuliner sebagai kerja sampingan anda?

Masih ada banyak kerja sampingan untuk mahasiswa yang bisa anda jalankan di sela - sela waktu kuliah anda. Semoga saja artikel mengenai Contoh Kerja Sampingan Tanpa Modal Untung Besar dapat bermanfaat untuk anda dalam mewujudkan keinginan anda agar mandiri ketika masih kuliah. Mahasiswa bisa.