Pengertian Proposal Usaha / Bisnis Serta Format Proposal Kewirausahaan

Proposal Usaha | Pengertian proposal usaha dan kewirausahaan ada baiknya bila kita runut satu persatu dari setiap kata yang menyusunnya agar pengertian propsal usaha dapat dijelaskan secara lengkap. Menurut KBBI dikatakan bahwa Proposal merupakan rencana yang ditulis kedalam suatu rancangan kerja. Menurut Hariwijaya Proposal adalah suatu bentuk pengajuan atau permohonan, penawaran baik berupa ide, gagasan, pemikiran, maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan ijin, persetujuan, dana, dan lain sebagainya. Sementara usaha, bisnis atau wirausaha adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan pengertian proposal usaha yakni suatu rancangan kerja yang berisi berbagai hal yang memiliki hubungan erat tentang suatu proyek atau kegiatan untuk menjual barang atau jasa melalui suatu kegiatan bisnis. Proposal usaha biasanya kemudian digunakan untuk pengajuan dana modal atau investasi kepada investor sebagai sarana meyakinkan serta menjelaskan peluang bisnis yang ditawarkan.

Pengertian Proposal Usaha / Bisnis Serta Format Proposal Kewirausahaan

Untuk itulah, dalam membuat proposal usaha harus diperhatikan beberapa hal di bawah ini :
1. Gunakan bahasa yang jelas dan baku
Manfaat atau fungsi dari proposal adalah menjelaskan kepada investor agar mereka yakin dan mau menginvestasikan uang atau modal untuk suatu usaha. Memahamkan para investor tentu akan membuat investor tahu dan paham bagaimana mekanisme bisnis yang ditawarkam, analisa laba ruginya serta prospek usaha tersebut kedepannya. Jika anda menggunakan bahasa yang terlalu intelek sementara investor anda tidak terbiasa dengan bahasa - bahasa intelek maka yang terjadi adlah para investor kebingungan.

2. Berikan analisa real dan relistis
Alih - alih menarik perhatian investor, banyak pelaku usaha kemudian menawarkan bentuk kerja sama suatu usaha dengan memberikan prediksi analisa laba rugi yang tidak masuk akal. Ini justru menyebabkan kemudngkinan yakni ivestor curiga karena angka yang disajikan dalam proposal usaha tidak realistis atau kalaupun sudah bekerja sama, maka akan terjadi ketidak puasan investor terhadap hasil yang diperoleh karena pada saat pengajuan, iming iming keuntungan terlalu besar.

3. Komunikasikan dengan baik
Seringkali ketika investor sudah mulai tertarik dengan bisnis yang kita tawarkan. Mereka meminta untuk dipresentasikan dalam bahasa lisan. Nah, maka dari itu, kuasaila proposal usaha yang anda tulis agar investor benar - benar yakin bahwa kita memang telah ahli dan paham betul masalah bisnis yang kita ajukan.

Business Plan

Rencana bisnis atau business plan sebenarnya sama dengan proposal usaha. Namun penggunaannya sedikit berbeda. Business plan adalah blueprint usaha. Gambaran utuh suatu usaha yang akan dijalankan. Menurut ahli eknomi, business plan adalah dokumen tertulis yang berkaitan dengan suatu jenis usaha baik internal maupun eksternal yang menentukan keberhasilan suatu usaha. Dengan adanya business plan maka tentu perjalanan serta pengelolaan bisnis akan lebih tertata dan efisien.

Apabila proposal usaha jelas merupakan dokumen tertulis mengenai rencana kerja untuk mencari investor, business plan adalah rencananya. jadi meskipun anda tidak mengajukan bantuan dana atau sedang tidak mencari investor. Blue print bisnis anda atau yang kita sebut business plan tetaplah penting karena business plan berfunsgi sebagai :
1. Membantu anda fokus
Salah satu penyebab kegagalan yang paling banyak dilakukan oleh pemula adalah tidak fokus. Munculnya berbagai ide usaha justru membuat pemula kemudian tidak fokus, padahal para ahli bisnis yang telah sukses telah memberikan nasehat bahwa jika ingin sukses maka kita harus fokus pada satu jenis bisnis. Selain itu, seringkali dengan ketiadaan business plan, pergerakan bisnis para pelaku usaha akan berjalan tanpa arah. 

2. Lebih efisien
Dengan adanya rencana bisnis yang matang maka akan terjadi efisiensi waktu, biaya dan tenaga kerja. dengan perhitungan matermatis tentu di dapat varieble - veriable bisnis yang tentunya jumlahnya bisa lebih besar dari kita.