Usaha Kecil Keripik Jamur, Bagaimana hasilnya bisa besar?

Usaha Kecil | Jamur sebagai salah satu tanaman yang tidak memiliki klorofil atau zat hijau daun dikenal memiliki zat - zat yang sangat baik untuk kesehatan. Di dalamnya terkandung banyak gizi yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Semakin banyak mengkonsumsi jamur konsumsi dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, tanaman yang satu ini belum dikembangkan secara maksimal. 

Pada artikel yang telah saya tulis mengenai Usaha Rumahan Jamur telah saya sebutkan potensi usaha produksi jamur mentah. Dengan modal yang tidak terlalu besar, usaha kecil ini bisa menghasilkan uang dalam jumlah besar. Namun kendala yang sering terjadi di kalangan masyarakat khususnya para produsen jamur adalah pemasaran. Seperti yang kita tahu bahwa masyarakat masih memandang bahwa jamur konsumsi seperti jamur merang mapun jamur tiram masih dianggap sebagai makanan mahal. Untuk itulah perlu adanya tindakan lanjutan agar jamur dapat diterima di masyarakat. 

Usaha Kecil Keripik Jamur

Salah satu ide usaha kecil yang patut dicoba adalah usaha kecil keripik jamur. Jika anda adalah seorang petani jamur yang bingung karena pemasaran yang sulit atau rendahnya harga jual ke pengepul atau bisa juga anda adalah pemula bisnis namun ingin mengawali bisnis dengan modal kecil maka bisnis kecil keripik jamur bisa anda jadikan salah satu ide bisnis yang layak anda jalankan. Seperti yang dilakukan oleh Tandri Kurniawan, mantan office boy yang sukses menjalankan peluang usaha keripik jamur.

Awalnya Tandri adalah seorang office boy di sebuah hotel di Bandung. Karena gaji yang kurang mencukupi kebutuhan hidupnya maka ia kemudian banting setir dengan menjadi seorang petani jamur. Namun demikian, karena tipisnya keuntungan yang didapat ia kemudian mencari cara untuk memperbesar keuntungannya. Sebagai gambaran, sebagai petani jamur ia menjual jamur kepada tengkulak dengan harga murah namun dijual oleh tengkulak dengan harga tinggi. Karen hal inilah, Tandri kemudian akhirnya memutuskan untuk mengolah jamur yang ia produksi agar bisa dijual langsung kepada masyarakat. 

Setelah berjuang selama beberapa tahun, akhirnya usahanya mulai maju. Order pesanan keripik jamur aneka rasa terus meningkat dan kini keuntungan bersih yang didapat adalah 4 juta rupiah per bulan. ( Sumber : Finance Detik )

Kisah Tandri serupa dengan kisah Imam Abdurachman yang juga sukses membuka usaha kuliner jamur. Ia membuka bisnis kuliner waralaba jamur creaspy yang hingga kini telah memiliki omzet ratusan juta rupiah dalam sebulan. 

ANALISA USAHA KECIL KERIPIK JAMUR


  • Pengeluaran
    Jamur mentah 10 Kg                         Rp.100.000
    Minyak Goreng                                 Rp.  20.000
    Tepung 3 Kg                                      Rp   20.000
    Telur 1 Kg                                         Rp. 24.000
    Garam                                               Rp.    2.000
    Baking Powder                                 Rp.  8.000
    Penyedap rasa                                   Rp.  4.000
    Plastik                                               Rp.  10.000
    Lain - Lain                                        Rp. 10.000

    Total Pengeluaran                             Rp. 198.000


  • PEMASUKAN
    Perbungkus di jual dengan harga Rp. 4.000 dengan total penjualan 100 bungkus perhari maka pendapatan yang didapat adalah 
    Rp. 4.000 x 100    = Rp. 400.000


  • Keuntungan : Pengeluaran - Pendapatan 
    Rp. 400.000 - Rp. 198.000 = Rp. 202.000,- /
    Keuntungan per bulan = 30 hari x 202.000 = Rp. 6.060.000,-
Analisa usaha kecil di atas merupakan contoh dari perhitungan usaha yang bisa berbeda - beda di tiap daerah dan berbeda pula di waktu tertentu karena fluktuasi harga bahan pokok. Jika anda adalah seorang petani jamur maka analisa usaha di atas bisa di rubuh karena bahan pokok seperti jamur bisa anda tekan. Hal ini juga bisa membantu anda dalam meningkatkan penjualan jamur yang anda produksi.

Usaha kecil jamur ini tentu patut anda coba khususnya bagi anda yang menginginkan usaha kecil jenis kuliner yang tidak pernah ada matinya.