Usaha Rumahan Keripik Tempe Bahan Mudah Di Dapat

Usaha Rumahan Keripik Tempe | Usaha kuliner rupanya terus berkembang seiring dan sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk. Sebagai karakter pembawaan manusia yang memiliki cipta, daya, karsa dan rasa membuat manusia terus melakukan inovasi dalam berbagai hal termasuk dalam menciptakan resep makanan yang baru. 

Inovasi seputar kuliner pun terus bertambah dan bervariasi. Sebutlah makanan ringan semacam keripik yang kini telah benar - benar bertambah jenis dan rasanya. Keripik tempe merupakan salah satu jenis keripik yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, keripik ini berbahan baku tempe yang diiris tipis dan dilapisi dengan adonan terigu. Meski makanan keripik tempe bukan merupakan usaha rumahan yang baru namun masih tetap potensial untuk dijalankan khususnya bagi mereka yang ingin membuka usaha kuliner.


Agar usaha rumahan keripik tempe yang anda jalankan bisa berkembang tentunya anda harus melakukan beberapa di bawah ini yaitu "
  • Inovasi Rasa
    Jika sampai saat ini yang anda kenal sebagai keripik tempe hanyalah rasa asin dan rasa khas tempe. Mengapa anda tidak mencoba memvariasikannya dengan rasa lain seperti agak pegas, atau bisa juga anda pack kemasan keripik anda lalu diberi saos. Pilihan rasa baru yang tersedia akan semakin menambah minat para pembeli. 
  • Packaging 
    Coba anda lihat di sebagian besar penjual keripik tempe yang disebarkan di warung - warung. Kebanyakan di bungkus dengan kemasan ala kadarnya. Anda bisa berkreasi dengan membungkusnya secara lebih elegan dan ekslusive karena bisa jadi, kemasan menentukan harga secara signifikan serta memberi image positif kepada produk anda.
  • Pemasaran
    Untuk memajukan usaha rumahan anda, anda harus pandai dalam memasarkan produk anda. Sebagus apapun produk yang anda buat jika anda tidak bisa memasarkannya maka tentu akan sangat disayangkan. Maka, pelajari ilmu pemasaran dan perluas jaringan anda.
  • GO ONLINE
    Salah satu jenis teknik pemasaran yang bisa anda lakukan adalah memasarkannya lewat online. Keunggulan keripik tempe adalah tahan lama. Sehingga anda bisa mengirimkan keripik anda di daerah - daerah yang proses pengirimannya agak lama. Denan GO ONLINE maka usaha anda akan memiliki terget pasar yang lebih luas bukan hanya satu kota namun juga bisa lintas negara.
Sebagai bahan pertimbangan anda, mari simak analisa usaha rumahan keripik tempe berikut ini :

Usaha Rumahan Kuliner
http://saatnya-kaya.blogspot.co.id/


PENDAPATAN : 

Asumsi rata - rata penjualan adalah 200 bungkus per minggu dengan harga Rp. 5.000 / bungkus. Maka pendapatan yang di dapat adalah 
Pendapatan 1 bulan                                             : 200 x 4 x 5.000 = Rp. 4.000.000 / bulan
Keuntungan per bulan ( Tanpa memasukan modal tetap )
Pendapatan kotor - biaya operasional bulanan = Rp. 4.000.000 - Rp. 1.000.000
                                                                          = Rp. 3.000.000,-

Break Event Point ( BEP ) = 1 bulan
Analisa usaha di atas adalah dengan perkiraan penjualan 800 bungkus per bulan. Hasil dapat berbeda tergantung bagaimana pemasaran anda dan juga harga bahan baku di daerah setempat.

 Apakah anda berminat untuk berwirausaha dengan menjalanakan usaha rumahan keripik tempe? selamat mencoba