Mengenal Dropship, Peluang Usaha Asli Tanpa Modal Potensi Untung Jutaan

Peluang Usaha ~ Bisnis Online semakin berkembang pesat dan tentunya semakin dikenal oleh masyarakat luas. Dengan jumlah pengguna internet terbesar ke-5 di dunia dengan total pengguna lebih dari 80 juta penduduk tak heran jika di Indonesia dari tahun ke tahun terus digempur oleh produk - produk asing melalui internet.

Salah satu keuntungan dari bisnis online adalah karena peluang usaha di inernet ini tidak membutuhkan modal yang besar. Anda hanya butuh jaringan internetm komputer dan kemauan untuk terus berwirausaha. Salah satu jenis usaha online yang paling banyak diminati adalah jual beli online. Banyak para pemilik usaha kecil menengah yang mulai memasarkan produknya melalui internet dan memang terbukti mampu meningkatkan penjualan. 

Kelebihan dari menjual produk di Internet adalah anda tidak dipusingkan dengan masalah Pemrograman WEB, anda juga tidak harus paham masalah code HTML, CSS, atau javascript. Pun anda tidak perlu memikirkan bagaimana update artikel seperti yang dialami banyak blogger. Karena anda bisa menjual produk anda tanpa melalui website. Anda bisa bernisnis melalui Facebook, Instagram, Twitter dan medsos lainnya. Usaha ini bisa anda jadikan sebagai usaha rumahan maupun usaha sampingan

Mengenal Dropship, Peluang Usaha Asli Tanpa Modal Potensi Untung Jutaan


Saya Ingin menjalankan Usaha Jual Beli namun saya tidak punya modal dan lagi tidak punya produk untuk dijual?

Anda bisa melakukannya tanpa modal dan tanpa memiliki produk. Bagaimana caranya? Ya, caranya  adalah dengan menjalankan usaha Dropship.

Apa Itu Dropship?

Dari situs Wikipedia, Dropship merupakan modal bisnis dimana kita memasarkan produk dari produsen ke konsumen. Model bisnis ini hampir mirip dengan makelar mobil atau motor. Seorang yang menjalankan Dropship bertugas untuk memasarkan produk milik orang lain baik melalui FB, Twiter atau membangun website sendiri. Lalu, ketika ada seorang yang membeli kepada anda dan telah mengirimkan uangnya kepada anda, maka tugas anda adalah menghubungi suplier untuk mengirimkan produk yang dibeli tadi kepada alamat pembeli.


Secara umum ada beberapa pelaku dalam rantai bisnis online dropship yaitu :
  • Suplier
    Suplier adala pihak yang menyediakan barang. Produk - produk dari suplier inilah yang harus kita pasarkan. Suplier belum tentu adalah produsen, bisa jadi ia adalah pedagang yang mengumpulkan produk dari produsen atau pabriknya langsung. Untuk itu, berhati - hatilah dalam memilih suplier.
  • Penjual ( reseller)
    Reseller bertugas untuk memasarkan produk melalui internet. Bisa dengan mempromosikannya melalui media sosial maupun website. Dalam bahasa umum, Reseller seperti makelar yang akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang ia jual.
  • Pembeli
    Pembali biasanya akan berhubungan langsung dengan dropshipper. Jadi ketika pembeli komplain maka ia akan komplain kepada dripshiper bukan kepada pabrik atau supliernya.
Dari Mana Keuntungan Bisnis Dropship di dapat?



Setidaknya ada tiga jalan untuk mendapatkan keuntungan dalam berbisnis model Dripship yaitu :
  1. Komisi produk dengan harga sudah ditetapkan oleh suplier
    Ada beberapa suplier yang memasang harga produknya pada harga tertentu. Dan harga tersebut telah termasuk komisi untuk reseller. Misalkan, Suplier A menjual produk pakaian XYZ dengan harga Rp. 500.000, dengan komisi 20 % untuk reseller. Maka, tugas anda adalah menjual produk tersebut dengan harga Rp. 500.000,- dan setiap anda bisa menjual item tersebut maka anda mendapatkan keuntungan dalam bentuk komisi sebesar 100 ribu. 

  2. Selisih harga dari Suplier
    Jenis ini bisa di lakukan apabila suplier adalah produsen yang memproduksi barang yang dijual tersebut. Misalkan, ada pengrajin rotan yang ingin menjual secara online dan telah bersedia mengantarkan barang kemanapun namun kurang optimal karena kurangnya pengetahuan masalah bisnis online. 

    Anda bisa menggunakan kesempatan tersebut dengan menjalin kerjasama. Anda bisa membantu memasarkan barangnya dengan memberi selisih harga. Misal harga yang dipatok oleh suplier sebesar Rp. 50.000,- maka anda bisa menjualnya dengan harga Rp. 50.000,-. Namun jika anda menambah harga jual pada barang yang sudah dipatok oleh pihak suplier yang terjadi nantinya barang anda akan terlihat lebih mahal.

  3. Bonus
    Suplier drophip yang profesional biasanya memberikan faslitas membership dimana nantinya setiap orang yang ingin menjadi member harus membayar biaya member fee . Orang yang telah menjadi member biasanya akan diberikan harga khusus yang lebih rendah dari harga umum. Dan habatnya lagi, ada bonus yang bisa didapatkan ketika anda bisa menjual beberapa produk dalam kurun waktu tertentu. 

Apa kelebihan peluang usaha Dropship?

  1. Anda tidak membutuhkan modal besar
    Meskipun anda tidak memiliki produk, anda tetap bisa menjalankan usaha kecil ini. Anda tidak perlu risau memikirkan bagaimana membeli produk untuk anda jual kembali, karena produk yang anda jual sudah siap.
  2. Anda tidak perlu memikirkan pengiriman barang
    Jika anda pernah melihat pemiliki toko online yang menjual sendiri produknya. Maka anda akan melihat bagaimana sibuknya mereka mengepak produk dan mengirimnya melalui jasa pengiriman seperti JNE atau TIKI. Pada bisnis Dropship, ketika anda telah mengirimkan sejumlah uang kepada pihak suplier, maka pihak suplier lah yang akan melakukan pengepakan dan pengiriman. Anda tinggal duduk manis menikmati keuntungan yang anda peroleh.
  3. Tidak perlu kemampuan tinggi dalam komputer
    Toko online dengan persaingannya yang ketat tentu membutuhkan beberapa kemampuan seperti membuild blog. Promosi blog dan desain blog. Belum lagi mereka harus bersaing dengan situs e-comercee besar macam bukalapak.com, Tokopedia.com atau OLX,com. Dropship bisa dijalankan hanya dengan modal Twitter, FB, BBM atau Instagram. Anda tentu tidak akan kesulitan bukan untuk mengupload foto dan membagikannya di grup atau di kronoligi anda?

Apa Kelemahan Peluang bisnis dropship?
  1. Anda tidak bisa mengecek barang dan mengontrol barang yang anda jual
    Dropship hanya membantu mamasarkan barang tanpa membelinya terlebih dahulu. Berbeda dengan reseller yang memberi sejumlah produk lalu menjualnya kepada orang lain sehingga anda bisa memilih dan memilah mana produk yang baik dan buruk. Anda pun tidak bisa mengontrol kapan pengiriman barang akan selesai. Karena anda tidak perlu membeli barang tersebut maka anda hanya bisa melihat barang dari foto katalog yang disediakan oleh pihak suplier.
  2. Anda lah yang pertama kali kena komplain.
    Bagaimanapun, seorang reseller dropship adalah orang yang langsung berhubungan dengan si pembeli. Sementara anda tidak memiliki kontrol terhadap kualitas produk serta pengiriman, ketika ada kesalahan maka andalah yang kena komplain dari si pembeli. 
Tips Sukses Berbisnis Dropship
  • Cari Suplier terpercaya dan termurah
    Seperti yang telah saya jelaskan di atas, kita tidak bisa mengontrol produk. Kita bahkan tidak bisa melihat produk yang kita jual secara langsung. Maka, jika produk yang kita jual adalah produk berkualitas rendah dan sistem pelayanan dari suplier buruk secara otomatis kita akan kena marah dari si pembeli. Semakin sering kena komplain maka semakin burung citra diri kita dimata pembeli yang dengan kata lain maka membuat kredibilitas kita juga ikut buruk. So, jangan kaget ketika tidak ada lagi yang mau membeli produk dari anda.
  • Carilah suplier yang menyediakan harga grosir
    Biasanya suplier yang menyediakan harga grosir merupakan suplier besar dan langsung memproduksi barang. Dengan begitu, margin keuntungan yang anda dapatkan akan semakin besar.
  • Suplier yang memiliki sistem yang jelas
    Jika anda ingin bertahan dalam jangka waktu yang lama dalam bisnis dropship tanpa modal. Cari suplier yang menyediakan fasilitas membership. Meski anda harus merogoh kocek untuk biaya menjadi membership, tapi anda akan mendapatkan banyak keuntungan diantaranya fast response atau pelayanan cepat, bimbingan untuk menjual barang dan lain sebagainya.
Bagaimana alur sistem peluang usaha dropship?
Perhatiakan gambar dibawah ini :

image : http://idegokil.blogspot.co.id/


  1. Setelah anda memilih suplier, anda membuat toko online atau BB grup atau semacamnya. Lalu anda share produk yang anda jual. 
  2. Pembel melihat produk anda lalu berminat untuk membeli barang yang anda pasarkan. 
  3. Pembeli mengirimkan sejumlah uang sesuai dengan yang anda pasang di postingan anda
  4. Setelah uang sampai di rekening anda, anda memesan barang kepada suplier sesuai yang dipesan oleh pembeli tadi dengan menyertakan alamat si pembeli. 
  5. Suplier akan mengirimkan produk ke pembeli.
Lalu, bagaimana langkah untuk memulai bisnis dropshiping ini?
  1. Tentukan produk apa yang akan anda jual
    Pemilihan produk sangat menentukan keberhasilan bisnis anda. Carilah jenis barang yang low competition atau tingkat kompetisi yang rendah. Pangsa pasar yang luas serta ada baiknya barang yang anda jual telah anda mengerti. Tidak lucu saya kira jika suatu ketika calon pembeli bertanya mengenai barang yang kita jual dan kita tidak tahu menahu.Misalkan anda menjual pakaian terus seorang pelanggan bertanya " Mas ini bahan terbuat dari A, kira kira bisa kusut ga?" sementara anda tidak paham dengan bahan A. Namun, ini bukan patokan, anda bisa berjualan sambil belajar.
  2. Cari Suplier yang terpercaya
    Setelah anda mendapatkan ide produk yang akan anda jual. Tugas anda mencari suplier atau dropshiper yang menawarkan harga murah dan sistem pelayanan yang cepat dan terpercaya. Awas, jangan sampai salah memilih dropshiper.
  3. Buat grup BBM, Grup FB, tambahkan sebanyak mungkin teman anda di Twitter atau build toko online sebagai sarana promosi anda.
  4. Pelayanan anda menentukan keberhasilan bisnis anda/
Bagaimana apakah kini anda telah memiliki gambaran yang jelas mengenai bisnis dropship? Baca juga artikel di bawah ini :