Ide Usaha Sampingan Karyawan Mahasiswa Anak Sekolah Modal HP Smartphone

Usaha Sampingan ~ HP atau kini rada canggih dengan sebutan smartphone sepertinya sudah menjamur bak virus dikalangan karyawan maupun anak sekolahan. Dengan kemudahan - kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi canggih tentu membuat banyak orang kepincut untuk memiliki gadget atau smartphone. 

Kebanyakan dari mereka menggunakan smartphone hanya untuk mempermudah komunikasi karena memang kini fitur medsos seperti BBM, WA maupun facebook telah merambah di berbagai kelas masyarakat. Sehingga kemudian gadget atau smartphone menjadi barang yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Namun sayang, pemanfaatan HP, Smartphone atau gadget masih belum maksimal karena pemanfaatannya hanya sebatas sebagai liabilitas atau masih dalam tahap konsumtif bukan produktif.
 

Seperti dilansir dari inet.detik.com, Indonesia memiliki jumlah pengguna smartphone terbesar ke-5 di dunia. dengan total pengguna sebesar 47 juta pengguna atau sekitar 14 % dari total pengguna smartphone di dunia. Horace H Dediu, seorang peneliti kawakan menyebutkan bahwa di dunia, telah tersebar 1 milliar android serta 700 juta smartphone IOS. Angka yang sangat luar biasa. 

Bahkan menurut Ericson, seorang pakar Jaringan mengatakan bahwa pada tahun 2020, 90 % penduduk dunia akan menggunakan smartphone. 

Nah, kawan, Di balik besarnya jumlah pengguna smartphone yang telah di beberkan di atas, ada banyak peluang yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Pangsa pasar yang luar biasa luas tentu dapat menjadi ladang bisnis baik itu perdagangan barang maupun jasa. 

Namun, saya yakin, ada banyak masyarakat di Indonesia yang lebih banyak menggunakan HP mereka sekedar untuk alat komunikasi biasa atau cuma update status FB, Ngetwit di twitter atau upload selfi di Instagram. Hanya segelintir manusia yang kemudian lihai mengambil peluang usaha dari HP mereka. 

Nah, buat kamu yang saat ini mencari usaha sampingan dan kamu punya HP, mengapa tidak mencoba memanfaatkan HP atau smartphone mu untuk berbisnis? Nah, di bawah ini ada beberapa macam usaha sampingan yang bisa anda jalankan melalui HP ata Smartphone anda diantaranya :
  1. Usaha Sampingan Jual Pulsa
    Jika anda paham dengan seksama penjelasan mengenai data jumlah pengguna internet, maka anda akan dengan mudah menarik kesimpulan bahwa seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna HP / smartphone maka secara otomatis menambah konsumsi pulsa. Ini menjadikan kebutuhan akan pulsa meningkat dari tahun - ke tahun.

    Kebutuhan pulsa kini tak hanya untuk telpon atau sms, ada banyak kegunaan yang kini dapat di dapatkan dari pulsa di antaranya dengan jual beli, mengisi quota internet bahkan untuk menabung.

    Peningkatan fungsi pulsa tersebut semakin menambah daya jual pulsa. Tak heran, dari tahun ke tahun conter pulsa semakin banyak. Sayangnya, untuk mendirikan counter pulsa seringkali harus merogoh kocek yang agak dalam padahal tidak semua orang memiliki uang banyak untuk mendirikan counter dan belum lagi masalah waktu juga menjadi kendala tersendiri apabila ingin membuka counter pulsa.

    Namun sekarang, anda tidak perlu risau karena tanpa counterpun anda bisa menjalankan bisnis pulsa. Hanya berbekal HP anda bisa menjalankan usaha jual beli pulsa. Lalu, bagaimana cara mendaftar menjadi penjual pulsa. Silahkan baca kunjungi web http://pulsa-online.com/ untuk mendapatkan keterangan caranya atau anda bisa menghubungi distributor pulsa di dekat rumah anda.
  2. Jual Beli Online ( Online Shop )
    Sebelum membahas lebih jauh mari kita lihat statistik pengguna internet di Indonesia serta jumlah pengguna medsosnya. Perhatikan gambar yang dirilis dari  We Are Social di bawah ini

    Kondisi internet dunia

    dari gambar data di atas, dengan sangat jelas pengguna internet dunia suda mencapai kurang lebih 3,25 Miliyar, diana 2,3 diantaranya adala pengguna aktif medos, Lalu bagaimana dengan Indonesia.

    Pengguna internet di Indonesia

    Dengan jumlah penduduk 260 juta jiwa, 88,1 juta merupakan pengguna internet dan 79% nya merupakan pengguna internet. Angka yang sangat besar. Di prediksi pada tahun 2019, pengguna internet Indonesia akan meningkat hingga melewati angka 100 juta.

    Dari data diatas, jika anda menjual barang dengan memasarkannya melalui internet maka anda berkesempatan untuk promosi kepada 88,1 juta orang di Indonesia. Itulah mengapa bisnis online kini begitu menjanjikan bahkan sampai - sampai pihak pemerintah berencana menerapkan pajak dan mematangkan peraturan usaha kepada Facebook dan Google.

    Baca Juga :
    Bisnis Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Menjanjikan 2014

    Membuka online shop tidak sesulit yang kita kira. bahkan ketika kita tidak memiliki barang atau produk yang anda miliki. Anda bisa melakukan usaha online shop dengan tanpa modal secara dropship. Apa itu dropship?

    Perhatikan gambar dibawah ini :
    Usaha Dropship
    gambar : www.pomadeindonesia.com

    Model Dropship sudah sangat terkenal di dunia online dan telah menjadikan beberapa pengguna internet dapat meraup puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah setiap bulannya. Secara sederhana alur dropship dapat anda lihat pada gambar diatas.

    Misalkan ada sebuah produsen baju bernama Maju Fashion, ia bertindak sebagai penyedia barang dan siap untuk mengirimkan barang kepada pembeli. Anda kemudian bertindak sebagai dropshiper yang bertugas membantu mepromosikan atau menjualkan barang milik Maju Fashion.

    Anda kemudian menshare foto produk beserta harga melalui medsos baik BBM, FB, atau twitter. Suatu ketika ada pembeli bernama Pak Ahmad  yang membeli produk yang anda share tadi untuk item A dengan harga 340 ribu

    . Lalu anda meminta agar calon pembeli mengirimkan sejumlah uang sesuai dengan harga produk tersebut. Setelah uang masuk ke rekening anda. Kemudian anda menghubungi PT Maju Fashion dan memesan barang yang dibeli oleh Pak Ahmad. Anda juga harus menyertakan alamat pak Achmad. Nah, dari PT Maju Fashion harga item A adalah Rp. 300 ribu. Maka anda akan mengirimkan uang kepada PT Maju Fashion seharga 300 ribu sehingga menyisakan 40 ribu di rekening anda. Sisa itulah keuntungan anda.

    Lalu siapa yang akan mengirimkannya kepada Pak Ahmad?

    Inilah keuntungan Dropship, karena anda tidak akan diributkan dengan pengiriman barang. Setelah anda mentransfer uang ke rekening PT Maju Fashion setelah itu, PT Maju Fashion lah yang akan mengirimkan barang tersebut ke alamat Pak Achmad.

    Dengan kata lain, tugas anda sangat sederhana. Mempromosikan produk sesering mungkin lalu menjadi perantara antara produsen dan pembeli. Dengan model seperti ini, anda tidak perlu memiliki website, anda cukup promosikan saja ke BBM, FB, dan medsos yang anda miliki.

    Selain Dropship, ada model bisnis online lain yang bisa anda jalankan dengan menggunakan HP atau smartphone anda yaitu affiliate marketing. Untuk penjelasan lengkapnya silahkan di lihat di artikel di bawah ini :

    Bisnis Rumahan Online Affiliate Marketing

  3. Membuat Akun FB, Twitter, Instagram Untuk Promosi
    Medsos rupanya telah menjadi salah satu metode promosi yang sangat efektif. Selain murah juga praktis. Para pemilik produk, atau penjual produk baik yang menggunakan model reseller maupun dropship seperti yang saya terangkan di atas menggunakan FB, twitter dan kawan kawannya untuk menjaring pembeli.

    Sehingga mereka kemudian membutuhkan akun facebook yang telah memiliki jumlah eman yang banyak atau akun twitter dengan follower berjibun. Namun, tidak semua pekerjaan dapat mereka lakukan. Dengan kesibukan mengantar atau mengirimkan barang, melayani pembeli serta promosi, ada pekerjaan yang kemudian lebih baik menggunakan jasa yaitu pembuat akun twitter atau fb.

    Bisnis ini masih jarang dilirik oleh masyarakat. Padahal untuk satu akun FB yang sudah banyak teman dan tentunya aman dari banner FB bisa di harga ratusan ribu rupiah. Tidak percaya? silahkan buka link di bawah ini :

    Jual akun FB :
    http://ads.id/forums/showthread.php/236512-Jual-Akun-Fesbuk-TERTARGET-Niche-Diet-amp-Kecantikan-POTENSIAL!!

    Anda bisa Jual juga akun G+ :
    http://ads.id/forums/archive/index.php/t-213849.html

    Ini contoh jual beli Akun Twitter :
    http://jasaoptimasitwitter.com/jual-akun-twitter

    Contoh Jual beli Akun Instagram :
    http://fjb.kaskus.co.id/thread/565963bc32e2e69f238b456f/jual-akun-instagram-real-followers-dibangun-dari-0-amp-tertarget-no-bot-muraaaahh/

    Bagaimana caranya?
    Ada dua metode yaitu dengan cara natural dan dengan cara bot. Cara natural lebih diminati oleh para pembeli daripada dengan cara bot. Cara natural bisa anda lakukan dengan membuat akun medsos lalu anda aktif menambah teman, posting dan berkomentar sehingga teman atau follower anda benar - benar alami.

    Sementara untuk metode menggunakan bot jumlah pengikut atau teman akan lebih cepat banyak namun riskan mendapatkan banned karena metode ini lebih mirip pemaksaan dengan menggunakan mesin.

    Dari tiga jenis usaha sampingan di atas, mana yang anda pilih? jika anda tidak tertarik dari ketiganya, jangan khawatir masih ada banyak ide bisnis yang bisa anda jadikan alternatif bisnis anda.