Cara Ternak Kenari yang Mudah Untuk Pemula

Ternak Kenari ~ Menjadi pengusaha bisa dilakukan dalam berbagai jenis bidang. Ada yang menggeluti bidang properti, ada yang menggeluti bidang elektronik, dan ada pula yang menggeluti bidang ternak. Untuk anda pecinta burung, ada cara ternak kenari yang mudah untuk pemula yang bisa anda coba. 

Kenari merupakan jenis burung kecil dengan warna menarik dan banyak disukai orang. Jenis burung ini biasanya dijual untuk dijadikan peliharaan di rumah. Namun jenis burung ini juga bisa diikutkan kontes bernyanyi. Banyak orang menyukai jenis burung ini dan bisa menjadi peluang usaha rumahan yang menjanjikan.

Untuk anda yang ingin mencoba tips ternak kenari yang mudah untuk pemula, modal yang diperlukan tidaklah terlalu besar. Hanya dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam melakukannya. Ternak kenari cocok untuk anda yang ingin menjalankan usaha rumahan yang bisa di kerjakan di rumah.

Apa Itu Kenari dan Darimana Asalnya?

Ternak kenari

Bagaimana sih ciri kenari itu? Sebenarnya ada banyak jenis kenari yang ada saat ini. Namun beberapa yang sering dikembangbiakan di Indonesia adalah kenari kicau, kenari postur dan kenari warna. Untuk kenari kicau, keindahan suaranya yang diperhitungkan. Untuk kenari warna, keelokan warnanya yang menjadi nilai julan. Sedangkan untuk kenari postur, postur badannya yang menentukan harga.

Beberapa jenis burung kenari yang biasa diternakkan sebagai peluang usaha ternak burung untuk pemula adalah sebagai berikut:

1. Kenari border
Kenari jenis ini memiliki bentuk kecil warna kuning dan mirip dengan karakter tweety dalam film kartun.Ciri jenis kenari ini adalah memiliki kepala agak bulat.
2. Kenari Belgia
Sesuai dengan namanya, burung ini berasal dari Belgia. Burung ini memiliki ciri unik yaitu bentuk tubuhnya yang seperti membungkuk. Jenis burung ini memiliki warna kuning dan putih.
3. Kenari Roller
Kenari jenis ini berasal dari Jerman dan mempunyai ciri terdapat gembul pada bagian leher. Kenari jenis ini merupakan jenis kicau yang sangat digemari karena mempunyai kicauan yang sangat merdu.
4. Kenari Norwich
Kenari jenis ini berasal dari Inggris. Ini merupakan jenis kenari postur karena daya jual berdasarkan bentuk tubuhnya. Kenari  ini memiliki badan bulat, ekor pendek, serta bulu yang menutupi area mata. Kenari ini sangat imut dan banyak disukai anak kecil.
5. Kenari Crest
Percampuran antara coklat dan kuning adalah warna pada bulu jenis kenari ini. Kenari postur ini dikenal unik karena memilikii jampul di area kepala. 

Kenari-kenari diatas adalah yang sering dibudidayakan untuk cara ternak kenari yang mudah untuk pemula. Kenari sendiri sebenarnya bukan dari Asia, melainkan dari Kepulauan Canary di sebelah barat laut pesisir Afrka. Kepulauan ini termasuk dalam wilayah Spanyol. Burung Kenari pada awalnya merupakan burung liar. Lalu bangsa Spanyol menangkap burung ini dan menternakkannya. Bangsa Spanyol sahulunya menguasai perdagangan burung ini. 

Namun pada akhirnya, burung kenari pun sampai dikembangkan di Jerman, Inggris, dan Italia. Bangsa Indonesia sendiri mengenal Kenari dari bangsa Taiwan yang melakukan perdagangan dengan bangsa Jerman, Inggris dan Italia. Karena itulah, sampai saat ini ada banyak sekali burung jenis kenari yang ada.

Bagaimana Cara Ternak Kenari yang Mudah Untuk Pemula?

Berikut cara ternak kenari yang mudah untuk pemula yang bisa anda coba:
1. Menyiapkan Bibit
Pilihlah jenis kenari yang ingin anda ternakkan. Anda bisa memilihnya berdasarkan pilihan kenarii postur, warna, atau kicau. Untuk tips ternak kenari yang mudah untuk pemula, membedakan jenis kelamin jantan dan betina, anda bisa melihat dubur dan postur tubuhnya. Untuk kenari jantan, duburnya lebih menonjol ke atas dan tubuh agak ramping. Sedangkan kenari betina, dubur lebih rata dan tubuhnya lebih bulat.

2. Menyiapkan kandang
Siapkan kandang ukuran idel untuk 2 kenari dengan tempat makan, minum serta tempat bersarang. 
3. Menyiapkan perjodohan

Untuk perjodohan, pastikan kenari sudah siap kawin. Usia ideal adalah 6 bulan. Namun untuk kenari jensi besar, usia ideal adalah 10 bulan. Kenari yang siap dijodohkan adalah kenari yang sedang birahi. Cirinya adalah sering berkicau dan melompat-lompat di sangkar. Biasanya mereka juga sering merobek kertas atau benda yang ada di sangkar.

4. Pemberian makan
Pakan yang bagus untuk kenari adalah kenari seed. Tambahan makanan yang sangat bagus bagi perkembangan kenari dan telurnya adalah biji sawi, sawi hijau, sawi putih, dan timun. Tips ternak kenari yang mudah untuk pemula adalah dengan memberikan sawi hijau untuk kenari yang dalam perjodohan. Hal ini akan membuat kualitas telur yang dihasilkan lebih bagus.

Dengan cara ternak kenari yang mudah untuk pemula diatas, anda bisa mendapatkan keuntungan lebih saat kenari sudah bertelur dan mempunyai anak. Harga kenari relatif stabil dan naik turunnya tidak terlalu signifikan dibanding jenis burung lain. Untuk bibit, dengan modal sekitar 1 juta, anda sudah bisa mendapatkan 2 burung. Namun untuk bibit jenis unggul yang bagus, anda harus mengeluarkan uang lebih dari itu. 

Simak juga Video Ternaknya di bawah ini

Tips Sukses  Ternak Kenari yang Mudah Untuk Pemula

Untuk tips ternak kenari yang mudah untuk pemula agar tidak gagal adalah dengan rajin membersihkan kandang. Bersihkan kandang dengan baik dengan membuang kotorannya dan menyiramnya dengan air. Berikan air minum serta makanan yang baru untuk kesehatan kenari. Untuk pemberian makanan tambahan seperti wawi, pastikan masih segar dan diganti tiap hari. 

Beberapa jenis kenari ada yang mudah stres saat pasangannya meninggal ataupun terkena penyakit. Biasanya mereka tidak mau merawat anaknya. Jika hal ini terjadi, pisahkan induk dan anaknya dan rawat anaknya sendiri. Berilah lampu bohlam dengan watt kecil untuk menghangatkan badannya dan beri makan dengan disuap menggunakan alat bantu sendok kecil atau kayu kecil. Hal ini akan membuat kesempatan hidupnya lebih tinggi dan tips ternak kenari yang mudah untuk pemula akan sukses