Peluang BIsnis Es Krim Yang Mudah dan Untung Berlipat


Bisnis Es Krim ~ Es Krim, hmmm hanya dari mendengar namanya, otak kita sudah membayangkan rasa manis dengan banyak varian rasa. Es krim telah menjadi salah satu makanan paling diminati oleh masyarakat di dunia ini terlebih anak - anak dan remaja. 

Anda tahu awal mula pembuatan Es Krim?



Dahulu orang membuat eskrim dengan mengambil es yang ada di danau yang membeku. Lalu disimpan pada sebuah tempat penyimpanan serta ditumpuk dengan jerami dan di beri garam agar mencapai titik beku murni. Ketika musim panas datang, es tersebut kemudian di pecah dan dihaluskan. Merepotkan bukan?

Es krim sendiri konon katanya sudah dikenal pada masa kekaisaran romawi tepatnya pada masa pemerintahan Kaisar Nero yang dibuktikan adanya catatan tentang sebuah pesta yang di dalam catatan tersebut diberitakan adanya hidangan es krim. Berlanjut pada masa kaisar Tang di China, es krim telah dibuat dengan lebih modern dan tentunya memiliki tekstur yang lebih halus.

Awalnya, untuk menikmati es krim, masyarakat menggunakan salju yang turun. Namun, pada masa kaisar Tang yang memang sangat tertarik terhadap dunia kuliner memerintahkan para juru masak untuk mencampurkan lemak susu, dan berbagai varian rasa buah ke dalamnya termasuk juga diberi kapur barus sehingga menjadi es dalam bentuk krim.


Perkembangan selanjutnya teknik ini kemudian menyebar dibawa oleh seorang penjelajah bernama marcopolo sehingga kemudian dikenal di seluruh dunia hingga saat ini.

Es kirim kini telah dibuat dengan cara yang lebih modern tanpa menunggu musim dingin tiba. Peminatnya terus bertambah sehingga menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Bisnis es krim pertama kali dibuat pada tahun 1776 di New York dan merambah ke Indonesia dibawa oleh kaum penjajah Belanda.


Es krim sendiri dibuat dari campuran susu, pemanis dan bahan - bahan lain agar rasanya bisa beragam. Berikut ini adalah komposisi bahan baku untuk membuat bisnis es krim komersial yaitu :
  1. Lemak susu dengan kadar sekitar 10% - 16%
  2. Serum solid dengan kadar sekitar 9 - 12%
  3. Stabilizers dan Emulsifiers sebanyak 0,2% - 05%
  4. Pemanis 12% -16%
  5. 55% - 64% bahan cair berupa susu dan campuran perasa

Kisah Sukses Bisnis Es Krim

Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang memiliki penduduk lebih dari 250 juta jiwa. Tak heran jika es krim menjadi begitu digemari terlebih ketika musim kemarau. Pangsa pasar yang besar tentu menjadi salah satu alasan mengapa bisnis es krim sangat potensial untuk dijadikan sebagai salah satu peluang usaha yang menguntungkan.

Peluang BIsnis Es Krim Yang Mudah dan Untung Berlipat

Salah satu pengusaha bisnis es krim yang telah merasakan manisnya keuntungan berbisnis es krim adalah Tito Betana Arizona dan Mulya Indriyani. Pasangan suami istri ini sukses mengembangkan bisnis es krimnya dan telah mencapai omzet bulanan sekitar Rp. 60 juta perbulan. 

Awal mula bisnis tersebut ditemukan secara tidak sengaja pada saat pasangan tersebut melihat pasar kaget. Salah satu stand yang menjual ice cream pot rupanya sangat ramai pembeli. Ide bisnis es krim pot seperti itu masih belum banyak pesaing sehingga dengan ketelitian menangkap peluang. Tito dan istrinya mencoba menjalankan bisnis es krim pot dengan menambah nilai plus di dalam produknya.

Mengawali bisnis es krim dengan modal sekitar Rp. 2 juta, dalam waktu 1 minggu perkembangan langsung melesat dan membuka 4 cabang sekaligus. Kini Tito dan istrinya telah sukses menjalankan bisnis es krim dan meraup keuntungan besar serta memperkerjakan 7 orang pekerja ( sumber : Bisnis UKM )

Kisah Tito dan Mulya Indriani merupakan salah satu contoh kisah sukses para pengusaha bisnis es krim. Bisnis ice cream di prediksi akan terus berkembang meski gempuran produk luar negeri terus berdatangan.

Baca juga : 

Usaha Kuliner Jadikan Lulusan SMA Omzet Puluhan Juta


Tips Sukses Bisnis Es Krim

Untuk menjalankan bisnis es krim, ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini :
  • Inovasi Bisnis Es Krim anda
    Anda tahu, es krim memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Tidak hanya di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Tak heran jika bisnis ini kemudian dilirik oleh para wirausaha sebagai salah satu cara mengeruk pundi - pundi kekayaan. Oleh karena itu, tingkat persaingan akan semakin ketat dan penikmat es krim akan mengharapkan menu baru, rasa baru dan bentuk baru dari es krim,

    Agar produk es krim anda tetap laku, terus lakukan inovasi agar menu anda tidak membosankan pembeli. Buatlah lebih banyak varian rasa atau pengemasan yang lebih baik agar banyak peminat yang menginginkan es krim anda.
  • Strategi Promosi dan pemasaran
    Sebaik apapun produk, jika anda tidak pandai dalam memasarkannya anda tetap akan rugi. Namun, kualitas produk pun harus tetap terjaga agar tingkat kepuasan pelanggan tetap tinggi. Strategi pemasaran yang paling ampuh adalah dengan ketok tular atau mulut ke mulut.  Strategi ini akan lebih mengikat konsumen daripada strategi lain. 

    Namun, kelemhanan strategi ini ada pada jangka waktunya. Untuk membuat orang mau menceritakan produk anda tentu membutuhkan waktu. Salah satu alternatif lain adalah strategi pemasaran melalui online. Anda bisa mencoba menawarkan produk - produk anda melalui dunia internet. Social media seperti FB, Instagram maupun BBM bisa menjadi media promosi yang baik.
Jika anda tertarik untuk menggeluti bisnis es krim. Anda bisa melihat analisa usahanya di situs Toko Mesin. 

Dalam dunia bisnis memang selalu ada kemungkinan untuk gagal atau berhasil. Bagi anda yang ingin sukses dalam berbisnis, anda jangan terfokus pada hitung hitungan rugi dan untung. Kepuasan pelanggan dan visi masa depan yang jelas akan membantu anda dalam meraih kesuksesan termasuk dalam peluang bisnis es krim. 

Salam Wirausaha.