Peluang Bisnis Rental Mobil, Perhatikan 10 Rahasia Agar Sukses

Peluang Bisnis Rental Mobil sepertinya memang merupakan salah satu ide usaha yang membutuhkan modal besar. Namun, itu setara dengan pendapatan yang akan anda hasilkan nantinya. Beberapa pengusaha rental mobil mengatakan bahwa bisnis rental mobil dapat mencetak keuntungan tak kurang 7 juta per hari. Wowwww.

Keuntungan tersebut tentu sebanding dengan modal yang dikeluarkan serta berbanding lurus dengan resiko yang dihadapi. No Risk No Gain, Tak ada resiko, tak ada keuntungan. Bagaimanapun dalam setiap bisnis tetap ada resiko gagal oleh karena itu, pengusaha besar adalah mereka yang bisa mengendalikan resiko.

Bisnis rental mobil memiliki prospek cerah mengingat negara Indonesia memiliki pangsa pasar yang sangat besar. Total penduduk dengan jumlah 250 juta menjadikan Indonesia menduduki peringkat 5 besar prnduduk terbesar di dunia. Namun demikian, tingkat kehidupan masyarakat yang belum terlalu sejahtera membuat mobil merupakan barang mewah yang tidak semua orang bisa membelinya.

Keadaan ini sebenarnya menjadikan peluang bisnis rental mobil menjadi semakin berpotensi menghasilkan banyak uang karena dari tahun ke tahun, kebutuhan akan mobil semakin tinggi namun kemampun atau daya beli masyarakat masih rendah sehingga salah satu alternatif yang diambil oleh masyarakat adalah dengan menyewa mobil.
Peluang Bisnis Rental Mobil

Namun demikian, agar usaha anda tidak sepi penyewa, perhatikan kiat sukses bisnis rental mobil di bawah ini.

Kiat Sukses Bisnis Rental Mobil

  1. Analisa SWOT
    Dalam manajemen bisnis, dikenal analisa SWOT atau sistem analisa yang membandingkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Anda mungkin memiliki hubungan yang luas dengan banyak orang sehingga anda memiliki kemudahan untuk promosi, serta anda memiliki modal cukup untuk membuka bisnis rental mobil.

    Selain itu, melihat kondisi masyarakat di daerah anda juga sangat penting untuk di analisa. Bagaimana tingkat kebutuhan mobil di daerah anda, anda bisa melihatnya dari seberapa sering masyarakat bepergian menggunakan mobil dalam acara - acara tertentu dan jumlah mobil yang ada masih sangat minim.

    Ingat, bahwa di beberapa daerah, meminjam mobil tentangga adalah salah satu cara yang sering dipakai. Ini adalah ancaman dari bisnis anda. Untuk itu, sebelum anda memutuskan untuk membuka jasa rental mobil, anda sebaiknya melakukan survei kecil di kota anda.
  2. Tentukan Lokasi Usaha
    Jika anda sudah mantap untuk menjalalankan bisnis rental mobil dengan analisa SWOT di atas, maka tugas selanjutnya adalah memilih lokasi usaha yang terbaik. Lokasi usaha strategis biasanya berada di tempat yang mudah dijangkau oleh masyrakat dan sering terlihat.
  3. Memilih mobil baru dengan perawatan mudah
    Mobil baru tentu akan lebih menarik minat masyarakat daripada mobil bekas. Ada kebanggan tersendiri ketika seseorang membawa mobil baru. Namun, anda pun harus memperhatikan bagaimana perawatan mobil tersebut. Setiap mobil biasanya memiliki cara perawatan yang berbeda karena onderdil mobil yang berbeda. Untuk itu, carilah mobil yang tidak terlalu sulit perawatannya.
  4. Bekerja Sama Dengan Bengkel
    Untuk meringankan biaya perawatan, anda bisa berlangganan di bengkel. Dengan bekerja sama dengan pihak bengkel, anda memiliki kemudahan dalam perawatan. Selain itu, anda juga akan dikenai biaya yang lebih terjangkau.
  5. Jangan Lupa Asuransi
    Mobil dan kecelakaan adalah dua hal yang sering terjadi di jalan raya. Dunia perlalu lintasan di Indonesia juga belum terlalu baik sehingga ada baiknya anda mengasuransikan mobil anda agar ketika terjadi kecelakaan, anda bisa mendapatkan ganti rugi.
  6. Sewa dan Travel
    Selain menyewakan mobil, ada baiknya anda menyediakan pula driver atau supir yang baik. Di kala penyewa tidak memiliki supir, anda bisa menawarkan jasa driver  kepada mereka.
  7. Sistem verivikasi
    Untuk menghindari penipuan yang sering terjadi ketika proses rental mobil. Anda sebaiknya melakukan sistem verivikasi identitas se ketat mungkin namun tidak menyulitkan.
  8. Promosi dan Pemasaran
    Pintar - pintarlah dalam berpromosi. Kenalkan bisnis rental mobil anda dengan cara yang berbeda. Ada beberapa pengusaha bisnis rental mobil yang menggratiskan biaya sewa selama promo atau juga memberi souvernir setiap kali menyewa mobil.

    Gunakan pula media online untuk bisnis rental mobil anda. Anda mungkin sudah mengenal bisnis GOjek dan sejenisnya. Pun anda bisa mengembangkan aplikasi sewa mobil melalui andorid atau iphone.
  9. Jangan Lupa Sedekah biar berkah. 
Cara Memulai Bisnis Rental Mobil Modal Kecil

Saya ingin berbisnis rental mobil namun modal yang saya miliki sangat kecil, bagaimana mengatasinya?

1. Cari Investor dengan mengajukan proposal usaha rental mobil. 
2. Menggunakan Pinjaman KUR
3. Menggunakan jasa Leasing.
Untuk yang terakhir ini anda harus pastikan bahwa usaha yang anda jalankan benar - benar sudah berpotensi dan anda memiliki cadangan pemasukan agar resiko kebangkrutan yang meninggalkan banyak hutang bisa di minamilisir.

Baca artikel saya yang berjudul Pertimbangan Meminjam Uang . DI dalam artikel tersebut terdapat pembahasan menganai pinajamn baik dan pinjaman buruk. Meminjam untuk usaha rental mobil sebenarnya masuk ke dalam jenis utang baik yaitu utang yang pembiayaan pelunasannya berasal dari hasil usaha tersebut.

Maksudnya, ketika anda meminjam uang atau menggunakan jasa kredit mobil untuk bisnis rental mobil, maka pelunasan kredit tersebut bukan anda yang melunasinya namun uang dari pinjaman tersebut lah yang melunasinya. Ini berarti uang lah yang bekerja untuk anda. Seiring dengan berjalannya bisnis anda, ketika anda telah melunasi mobil anda, anda bisa mendapatkan mobil tanpa anda mengngsur karena angsuran yang seharusnya anda bayar sudah dibayarkan oleh orang yang menyewa mobil anda. Menarik bukan?

Baca juga artikel saya mengenai cara mendapatkan modal di bawah ini.

Kisah Sukses Bisnis Rental Mobil

Bagi anda yang mengira bahwa bisnis harus di dukung modal besar, rupanya dapat dipatahkan oleh pengusaha Aryanto yang memiliki usaha bernama JL. Ia adalah mantan supir yang kini sukses mengembangkan usaha bisnis rental mobil.

Tak hanya Aryanto, seorang mantan mahasiswa dengan hutang lebih dari 40 juta berhasil bangkit dari kegagalannya dan menjadi pengusaha sewa mobil dan driver dan memiliki puluhan mobil.

Dua kisah di atas dapat anda baca di artikel saya selanjutnya yaitu KISAH INSPIRATIF SUPIR MENJADI PENGUSAHA RENTAL MOBIL

semoga artikel yang telah saya tulis mengenai bisnis rental mobil menjadi inspirasi bisnis bagi anda. jangan lupa untuk berlangganan di website kami agar anda bisa terus up to date untuk mencari ide bisnis dan kiat usaha agar bisnis yang anda jalankan dapat menjadi bisnis yang sukses.