Peluang Usaha Rumahan Jual Beli Kulkas Dan Mesin Cuci Bekas

Usaha Rumahan | Indonesia telah menjadi negara berkembang yang mulai merangkak naik menjadi salah satu negara yang disegani di dunia. Meski dirundung berbagai permasalahan seperti bencana alam, aksi terorisme hingga banyaknya kasus korupsi yang menjerat para pejabat pemerintah namun tetap saja ada kemajuan - kemajuan yang terus dicapai meski tentu ada beberapa kekurangan yang mengiringi pencapaian tersebut.

Pola hidup masyarakat pun kini mulai sedikit demi sedikit berubah. Kecanggihan - kecanggihan yang dulu bagi sebagian masyarakat dianggap sebagai barang mewah kini berangsung menjadi salah satu barang kebutuhan semisal HP. Selain HP beberapa barang yang kini sudah mulai umum di masyrakat adalah lemari es dan mesin cuci.

Tingkat konsumtivitas manusia Indonesia terbilang tinggi, hal ini terbukti dari banyaknya pembelian produk elektronik dan kendaraan bermotor. Namun, tidak semuanya mampu membeli barang - barang tersebut dengan kualitas yang tinggi. Untuk mengakalinya, masyarakat mencoba mencari barang bekas yang masih baik dengan harga yang lebih rendah dari harga baru.

Peluang Usaha Rumahan Jual Beli Kulkas Dan Mesin Cuci Bekas

Kondisi ini rupanya menjadi salah satu ide bisnis rumahan yang sangat baik bagi Pak Andi. Beliau adalah seorang wirausahawan kelahiran Wonosobo dan kini memiliki usaha jual beli mesin cusi dan kulkas bekas.


Bisnis Daur Ulang

Beberapa tetangga saya kini banyak yang memiliki kulkas dan mesin cuci padahal, bila saya lihat, mereka bukan masyarakat kelas atas dengan gaji tinggi. Usut punya usut, mereka membeli mesin cuci dan kulkas dengan kondisi bekas. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 400.000 - Rp. 800.000 tergantung merek dan kualitas barang tersebut.

Di sini, pak Andi mencoba memberikan masyarakat alternatif pilihan untuk memiliki kulkas dan mesin cuci dengan harga yang dapat dijangkau oleh kalangan kelas bawah. Dengan harga jual sekitar 600 ribu hingga 800 ribu tentu banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk membeli barang bekas tersebut, bandingkan dengan harga mesin cuci yang baru, bisa mencapai jutaan rupiah.

Pak Andi sendiri menjalankan bisnisnya sejak tahun 2010. Ia awalnya membeli mesin cuci bekas yang rusak. Lalu ia perbaiki dan ternyata berfungsi kembali dalam waktu yang cukup lama. Berangkat dari sinilah, pak Andi kemudian mencari lemari es dan mesin cuci yang sudah rusak lalu diperbaiki kembali.

Dalam memperbaiki barang - barang elektronik tersebut, pak Andi biasanya mengganti onderdil yang rusak dengan yang baru atau menggunakan onderdil dari kulkas bekas lainnya untuk kemudian dapat digunakan untuk memfusngsikan kembali barang - barang tersebut.

Dari hasil usahanya tersebut, dalam sebulan pak Andi dapat mengantongi omzet hingga 10 juta rupiah dengan total keuntungan sebesar Rp. 4.000.000 / bulan. Lumyan bukan?

Anda ingin berbisnis barang bekas?
Siapapun bisa melakukan usaha seperti yang dilakukan pak Andi. Namun terlebih dahulu, anda harus memiliki kemampuan dalam hal mesin cuci dan lemari es. Pak Andi menuturkan bahwa beliau belajar secara otodidak dengan memperhatikan kinerja mesin cuci dan mempelajari fungsi dari masing - masing bagiannya.

Setelah dirasa memiliki keahlian merakit mesin cuci atau lemari es. Anda bisa mencari lemari Es dan mesin cuci dari toko barang bekas atau langsung membelinya dari masyarakat. Setelah mesin rusak tersebut diperbaiki, anda bisa menjualnya kembali dengan harga yang bervariasi tergantung dari kualitas barang tersebut.

Selain menjual produk rebuild, anda juga bisa membuka jasa reparasi barang. Mesin cuci atau lemari es yang mengalami kerusakan dapat anda perbaiki dan tentunya akan mendatangkan pundi - pundi uang.

Usaha jenis ini cocok untuk usaha rumahan maupun usaha sampingan

Apakah anda tertarik untuk melakukan bisnis rebuild produk mesin cuci dan lemari es ini? anda bisa berdiskusi dengan saya via email.