Cara dan Strategi Pemasaran Bisnis Rumahan secara Online Melalui Facebook

Bisnis Rumahan ~ pada kesempatan yang lalu telah saya bahas mengenai cara pemasaran online yang berpeluang meningkatkan usaha kecil menengah anda, pada kesempatan kali ini. Kita akan membahas mengenai cara dan strategi pemasaran usaha kecil menengah atau bisnis rumahan melalui media online atau medsos Facebook.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki jumlah pengguna aktif terbesar di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Di lansir dari kompas.com, jumlah pengguna aktif facebook di kuartal IV tahun 2015 adalah sebesar 87 juta pengguna, naik 10 juta pengguna dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini tentu sangat luar biasa. BBC mengungkapkan bahwa pengguna aktif di seluruh dunia  menembus angka 1, 55 miliar pengguna.


Jika anda memiliki insting bisnis yang kuat, anda pasti akan berfikir bahwa dimana ada keramaian disitulah sumber uang karena anda dapat mempromosikan produk anda secara masal dengan mudah. Sama halnya dalam dunia internet, dengan pengguna aktif yang sangat besar tersebut, tentu menjadikan Facebook sebagai salah satu media pemasaran yang sangat menjanjikan.

Namun, dengan jumlah pengguna yang sedemikian besar. Tidak semua pengunjung Facebook memiliki keinginan untuk membeli barang. Kebanyakan bahkan tidak terlalu nyaman dengan iklan yang sering di post lalu ditandai dengan beberapa orang teman tanpa ijin. So, perlu kita pahami beberapa cara dan strategi pemasaran melalui facebook untuk melejitkan penjualan produk usaha kecil menengah anda atau pun barang dari bisnis rumahan yang anda jual.


Berikut ini adalah cara pemasaran melalui facebook bagi pemula yaitu :
  • Memasarkan melalui akun FB
Menjual melalui akun FB merupakan cara termudah untuk memasarkan barang atau produk UKM anda. Anda tinggal membuat akun FB atas nama diri anda sendiri atau orang lain dan dapat juga menggunakan nama UKM anda lalui perbanyak teman - teman anda. Setelah itu, anda tinggal mengupload gambar dan informasi mengenai produk anda lalu tandai teman - teman anda agar lebih mudah di lihat.

Perlu dicatat bahwa ketika anda menandai teman, jangan terlalu banyak menandai terkhusus bagi teman FB yang tidak dikenal. Mereka akan sedikit tidak nyaman terlebih jika intensitas post iklan kita terlalu sering. Bisa jadi nanti kita di unfriend.

Selain itu, ketika anda menambahkan teman, jangan asal menambah teman. Usahakan anda mencari teman FB yang tertarget. Bagaimana caranya? Carilah halaman atau grup yang membahas informasi yang sama dengan produk yang anda jual lalu tambahkan member atau follower Fanspage tersebut. Cara ini akan lebih memaksimalkan pemasaran anda. 

Lihat Gambar di bawah ini :

Mencari Member Grup.
1. Silahkan ketik nama grup sesuai dengan produk yang anda jual. Contoh, produk anda adalah kartu perdana maka ketika " Grup jual beli perdana " maka nanti akan terlihat beberapa nama grup.
2. Klik salah satu nama grup. Usahakan grup tersebut adalah grup publik serta memiliki member yang aktif dan cukup besar. Lihat gambar dibawah ini

pemasaran online facebook


Klik pada member, lalu akan muncul daftar teman.

Anda pun bisa memcari teman tertarget dari halaman FB. Silahkan anda cari di kotak pencarian FB dengan nama produk yang anda jual misalkan " Kartu perdana" 

pemasaran online Grup Facebook

  • Pemasaran Melalui Grup FB
Selain memasarkan produk anda melalui akun Fb, cara lain atau strategi pemasaran lainnya adalah menggunakan grup sebagai media promosi. Caranya sangat mudah, anda tinggal membuat grup dengan nama " Jual Beli Perdana Internet " atau bisa menggunakan nama UKM anda misalkan " Penyedia Kartu Perdana Duta Cell ".

Salah satu keuntungan menggunakan grup FB adalah anda dapat memasukan teman - teman anda dengan mudah. Berbeda dengan Fanspage atau halaman FB, pada FP anda harus mengundang terlebih dahulu teman anda untuk menyukai halaman anda.

  • Pemasaran Melalui Halaman FB

Meski anda tidak dapat dengan mudah menjadikan teman anda sebagai member atau follower halaman FB anda, namun keuntungan dari FP adalah anda akan mendapatkan follower tertarget.

Anda hanya bisa menyarankan atau menawarkan kepada teman - teman facebook anda agar menyukai halaman anda. Namun tidak bisa memaksa mereka menjadi follower, hal ini sangat berbeda dengan Grup FB, dimana anda bisa memasukkan teman anda langsung menjadi member tanpa ijin dari teman anda.

Nah, ketika teman anda memang tidak tertarik dengan produk yang anda jual maka mereka biasanya tidak akan mengklik tombol "like" atau bahkan tidak menanggapi tawaran halaman anda.

Untuk mendapatkan follower dalam jumlah besar serta menghabiskan waktu relatif singkat maka anda perlu menggunakan cara pemasaran terakhir yaitu FB Ads.

FB ads adalah layanan iklan dari Facebook yang dikhususkan untuk para pemilik usaha agar dapat mengiklankan produk mereka melalui online. Hasilnya memang luar biasa namun tentu membutuhkan modal yang lumayan. Pembahasan mengenai FB Ads akan saya bahas secara khusus di lain kesempatan.