Ide Bisnis Kreatif Yang Unik dan Menguntungkan 2016


Bisnis kreatif | Kreatif, proses melihat sesuatu dari sisi lain serta mengambil peluang dari hal - hal yang tak dilihat orang lain. Kreatifitas timbul dari pemikiran yang luas yang menggabungkan ilmu - ilmu menjadi sesuatu yang baru. 


Menurut NACCCE (National Advisory Committee on Creative and Cultural Education) kreativitas adalah 
Aktivitas imaginatif yang menghasilkan hasil yang baru dan bernilai. 
Sedangkan menurut pendapat Munandar (1985), kreativitas merupakan 
" kemampuan untuk membuat kombinasi baru, berdasarkan data, informasi atau unsur-unsur yang ada. Hasil yang diciptakan tidak selalu hal-hal yang baru, tetapi juga dapat berupa gabungan (kombinasi) dari hal-hal yang sudah ada sebelumnya. "

Pada dasarnya kretif cenderung dengan sesuatu yang baru, entah itu produk akhirnya, cara nya, pengemasannya atau lainnya. 

Saya misalkan adalah ketika pak Tirto Utomo, sang pendiri Aqua, produsen air minum kemasan terbesar di Indonesia. Kisah pak Tirto Utomo bisa menjadi inspirasi bagi kita, bagaimana ia bisa melihat sesuatu yang baru yang belum ada di Indonesia pada saat itu yaitu air dalam kemasan. Beliau kemudian menjual air dalam botol dan tentu ide bisnisnya sempat di hina. Namun, hasilnya sangat luar biasa, ide bisnis kreatifnya rupanya diterima masyarakat dan tumbuh menjadi perusahaan besar di Indonesia.

 Dalam prinsip bisnis, menjadi yang pertama adalah yang paling utama, jika tidak maka yang pertama kali di lakukan adalah jadilah yang paling utama.

Berikut ini, adalah beberapa contoh ide bisnis kreatif dari para pengusaha yang bisa anda jadikan contoh untuk membangun bisnis kreatif anda. 

bisnis kreatif
https://m.tempo.co/read/news/2015/10/14/090709319/suvenir-dari-sampah-botol-plastik

Bisnis Kreatif bidang Kuliner

  1. Pisang Ijo "Justmine"Pisang bagi masyarakat Indonesia adalah buah yang biasa disantap untuk cuci mulut. Hampir tidak ada yang istimewa dari buah ini, Namun siapa sangka dari tangan - tangan kreatif muncul ide bisnis kreatif yang mampu merubah pisang menjadi makanan kelas atas dan bahkan telah merambah ke luar negeri.

    Siapa kah orang yang membuat hal tersebut menjadi terwujud? Rizka, pendidi usaha kreatif kuliner Justmine. Ia mendirikan bisnis kulinernya dengan berbekal keyakinan dan tekad yang kuat. Sehingga kemudian ia berani memproduksi makanan - makanan olahan dari pisang menjadi makanan yang laris di pasaran. Produksi bisnis nya tidak kurang dari 3000 dus per hari dan dijual bukan hanya di Indonesia, namun juga merambah ke Malaysia dan Hongkong.

    sumber :
  2. Keripik Pare dan BuahYang kita tahu dari pare adalah makanan dengan rasa pahit. Tidak banyak yang menyukai jenis sayuran yang satu ini. Sehingga kemudian, pare menjadi sayuran yang mudah di dapat dan murah. Namun, kemudian pare tersebut dirubah menjadi keripik dengan berbagai rasa sehingga ada perpaduan rasa di dalamnya.

    Adalah Eko Sugianto yang sukses menjalankan bisnis ini, dengan modal hanya sekitar 200 ribu ia sudah memproduksi keripik pare dalam jumlah besar. Selain keripik pare, ada juga keripik yang dibuat dari buah buahan. Benar - benar kreatif.
  1. Aquarium mini Bisnis kreatif yang satu ini memanfaatkan barang - barang murah meriah lalu menjadikannya sebagai komoditas bisnis yang kreatif. Aquarium mini produksi mas Budi merupakan salah satu jenis produk yang ia hasilkan dari tanganna sendiri.

    Target pasar yang di incar adalah anak - anak maupun para pecinta ikan kecil seperti ikan cupang, dengan harga yang murah yaitu Rp. 7.000/ akuarium. Dia bisa menjual produknya di daerah Banyumas dan Solo.
  2. Kerajinan Botol PlastikAdakah pasti sering melihat banyak sekali botol plastik atau gelas plastik yang berserakan tidak terpakai. Mungkin anda termasuk pula sebagai seorang produsen sampah tersebut. Ide bisnis kreatif selanjutnya adalah bisnis kreatif dari barang bekas.

    Jika anda jual botol plastik kepada pengepul sampah, maka harga jualnya akan sangat rendah bisa mencapai Rp. 1.000 / kg. Namun, jika anda merubah botol plastik tersebut menjadi barang kerajinan yang unik maka harganya akan menjadi lebih tinggi berkali kali lipat.

    Salah satu pebisnis yang menjalankan bisns ini adalah Enny Septiyawati, seorang Warga Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Ia berhasil membuat kerajinan tangan bros dan bunga yang cantik dari botol - botol plastik yang tidak terpakai. Dalam sehari ia bisa membuat sekitar 20 bros cantik yang kemudian ia jual dengan harga Rp. 5.000 - Rp. 20.000,-. 

    Selain anda bisa mengurangi volume sampah yang berpotensi mengganggu lingkungan, anda bisa mendapatkan uang dari kreatifitas anda.

Bisnis Kreatif yang Unik dan Aneh

  1. Bisnis Kreatif Voria Socks
    Umumnya, ketika kita melihat seseorang mengenakan kaos kaki yang tidak sama, maka yang kita pikir adalah orang tersebut salah menggunakan kaos kaki. Tapi, bagaimana jika ternyata cara memakai kaos kaki tersebut justru dijadikan ide bisnis unik?

    Laksita Pradyna , seorang gadis berumur 19 tahun ini justru menjadikan keanehan dalam menggunakan kaos kaki untuk ladang bisnisnya. Ia meraup omzet tak kurang dari 200 juta per bulan dari penjualan kaos kaki yang berbeda motif. Siapa sangka, jika sepasang kaos kaki yang justru berbeda motif dan warna ternyata menjadi trend dan menghasilkan uang dalam jumlah besar. Sangat unik dan aneh. 

  2. Usaha unik wak doyok, berjualan penumbuh jambang
    Sekarang lagi trend, orang orang menumbuhkan jambang dan jenggot. Wak Doyok sebagai owner dari minyak Wak doyok telah mempopulerkan style jambang yang mirip pak raden. Dengan penumbuh rambut ala Pak Raden membuat produk ini sulit dijiplak sehingga menjadikan pemiliknya kaya raya.
Bagaimana menurut anda? Apakah kemudian di dalam pikiran anda terbayang ide kreatif lain? Keberhasilan dalam menjalankan ide bisnis kreatif adalah kemampuan untuk berinovasi dan keberanian untuk mengeksekusi ide tersebut lalu menjadikannya sebagai jalur bisnis yang ditekuni.

Terkadang banyak para pemula, memiliki ide usaha kreatif namun tidak berani untuk mengimplemantasikannya sebagai ide nyata yang diwujudkan menjadi produk lalu dipasarkan di masyrakat. Padahal, ide bisnis kreatif akan sangat mudah untuk berhasil asalkan kita pandai untuk mensosialisasikannya kepada masyrakat.