Ide Bisnis Untuk Pemula Minim Resiko Profit Potensial


Bisnis untuk pemula ~ Ada banyak alasan mengapa orang kemudian tertarik untuk menjalanankan suatu bisnis. Dalam hal ini, keuntungan materil adalah yang terbesar pengaruhnya terhadap pilihan seseorang untuk berbisnis. Yang lain lebih ke arah kebebasan waktu dan kepuasan diri atas apa yang ingin di lakukan dan ingin didapatkan. 

Saya kira tidak perlu di jelaskan secara panjang lebar mengapa seseorang ingin berbisnis. Ketika anda membaca artikel ini berarti anda memiliki niatan untuk menjalankan bisnis dan anda merasa anda masih pemula. 

usaha untuk pemula
bisnis untuk pemula


Untuk itu, bagi para pemula saya sarankan untuk memperhatikan beberapa point di bawah ini :
  • Carilah ide usaha yang tidak terlalu membutuhkan modal besar meski anda memiliki budget besar.
    Dua sahabat saya merupakan alumni TKI Jepang yang mendapatkan sejumlah uang besar ketika pulang ke Indonesia. Mereka kemudian menjalanakan bisnis berbeda. Yang satu menjalankan bisnis ayam pedaging dengan jumlah modal puluhan juta rupiah. Sementara sahabat yang lain menjalankan bisnis pengepul buah. Beberapa bulan kemudian mereka gagal dan kehilangan banyak uang. 

    Ketika anda memiliki banyak modal jangan terlalu terbawa keinginan dengan hitungan besar. Modal Rp. 100.000 mendapatkan untung Rp. 10.000, jadi kalau modal di tambah menjadi Rp. 100.000.000,- maka keuntungan menjadi Rp. 10.000.000. Modal besar tentu memerlukan pengelolaan yang lebih teliti. Lebih menyita pikiran dan tentu menggandeng resiko yang lebih besar. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda ingin menjalankan bisnis untuk pemula, maka tetap kendalikan diri anda meski anda memiliki modal besar. 

    Hal ini sama seperti anda bermain Forex, ketika anda mendapatkan untung dari transaksi anda, hawa nafsu menggoda anda untuk membeli uang lebih banyak. Dan tiba - tiba boooom,,, anda kehilangan banyak.

    Namun, jika anda memang sudah ahli di dalam bisnis untuk pemula yang anda jalankan, maka anda boleh menggelontorkan dana tersebut dengan syarat anda telah memiliki cukup pengalaman dan relasi yang bisa anda jadikan network marketing. 

  • Jalankan bisnis untuk pemula yang sesuai dengan passion anda
    Mari bertanya kepada diri kira sendiri. Apa passion anda? Apa hobi anda, dan apa bakat anda? usahakan ketika anda adalah seorang pemula. Jalankan ide bisnis yang sesuai dengan hobi dan minat anda, ini akan memberikan dorongan berjuang yang luar biasa karena anda akan menikmati apa yang anda lakukan. 

    Ketika anda terjatuh, anda akan lebih kuat untuk bangkit. Seperti ketika anda menyukai bermain sepak bola, berapapun kali anda terjatuh, cidera hingga berdarah, anda akan terus bermain sepak bola. 

  • Analisa persaingan
    Bisnis adalah persaingan. Ini sudah menjadi fakta umum. Yang tidak siap dengan persaingan maka sebaiknya mundur secara teratur lalu kubur cita - cita jadi pebisnis sukses. Namun, anda tetap memiliki tugas untuk meminimalisir resiko kerugian yaitu salah satu caranya dengan  mencari bisnis yang rendah tingkat persaingannya. 

    Jika persaingan bisnis sudah terlalu kuat, sementara anda adalah seorang pemula maka kemungkinan besar anda akan kalah. Berbeda jika anda memiliki ide kreatif yang benar - benar fresh. Maka usahakan anda jadilah yang PERTAMA, jika tidak jadilah yang UTAMA.

Selain itu, ada beberapa hal yang membuat para pemula bisnis kemudian gagal dalam menjalankan bisnis untuk pemula karena beberapa hal. Selengkapnya bisa anda baca di sini.
Berikut ini beberapa bisnis untuk pemula yang bisa anda jalankan di tahun 2016 ini :
  1. Bisnis Online
    Bisnis online masih menempati posisi pertama karena bisnis online masih belum terjamah secara maksimal. Peluang masih besar serta variasi jenis usaha pun berlimpah. Anda bisa menjalankan beberapa jenis usaha online di bawah ini ( Klik link untuk membaca keterangan lengkapnya )
    - CPA Marketing
    - Affiliate Marketing
    - Blogger ( Publisher Iklan )
    - Google Adsense
    - Bermain Youtube
    - Penulis Artikel
    - Jualan online dengan Dropship
    - Peluang Usaha Medsos

    Saya tidak memiliki kemampuan blogging, internet apalagi pemrogragman komputer?

    Ada banyak pebisnis internet yang menghasilkan uang hingga puluhan bahkan milyaran rupiah padahal mereka awalnya tidak paham dengan masalah komputer. Maka, yang paling penting adalah kemauan anda, untuk mau belajar dan tekun serta fokus. Jenis bisnis ini bisa anda jadikan bisnis rumahan atau usaha sampingan.
  2. Budidaya Ternak Burung
    Bisnis untuk pemula yang satu ini cocok untuk anda yang menyukai burung. Jika anda termasuk kicau mania, mengapa tidak menjadikan hobi anda sebagai bisnis yang dapat mendatangkan penghasilan? Selain anda mendapatkan uang anda juga dapat membahagiakan diri anda dengan mendengarkan kicau burung serta merawatnya.
  3. Ternak kambing
    Kambing adalah salah satu hewan herbivora yang paling dikenal masyarakat. Di Indonesia, dengan jumlah penduduk yang mencapai 250 juta jiwa dengan 80% nya adalah muslim. Maka kebutuhan kambing sangat besar terlebih pada musim haji. Ketika menjelang idhul adha, pesanan kambing akan melonjak drastis.

    Hebatnya, tidak ada kambing yang tidak laku. Jika anda memiliki kambing, pasti akan laku terjual. Namun, kekurangannya adalah anda butuh kesabaran dan alangkah baiknya jika sistem pengelolaan kambing menggunakan sistem intensif, pemberian pakan dengan konsentrat dan menggunakan pakan buatan yang bergizi tinggi agar kebutuhan rumput dapat di tekan.
  4. Usaha yang bisa anda gunakan ketika tidak laku
    Ada beberapa kebutuhan yang anda pun memerlukannya. Seperti pulsa, gas, listrik dan sejenisnya, anda bisa menjalankan peluang usaha berjualan gas, listrik atau pulsa, karena kalaupun tidak laku karena berbagai alasan. Setidaknya tidak akan membusuk dan pasti anda pun akan membutuhkannya.

    Dengan asumsi bahwa ketika jasa anda tidak laku, anda sudah memiliki tabungan untuk stock pulsa, membayar listrik dan selain itu memudahkan anda dalam membayar listrik.
Masih banyak jenis ide usaha untuk pemula yang bisa anda jalankan dengan modal kecil dan resiko kecil namun potensi profit besar. Contoh di atas dalah sebagian bisnis untuk pemula yang bisa anda cari lagi contoh lainnya. Semoga artikel di atas, bermanfaat untuk anda.