Panduan usaha Sampingan Budidaya Kacang Panjang

Budidaya kacang panjang ~ Sektor pertanian merupakan salah satu sektor vital penyumbang pendapatan bangsa Indonesia. Dengan karakteristik geografis dan geologis Indonesia, membuat Indonesia menjadi surga bagi tanaman sehingga di tanah nusantara ini tumbuh berbagai tanaman dari berbagai jenis baik bunga - bungaan, rerumputan, maupun sayuran kacang - kacangan.

Kacang panjang yang memiliki nama ilmiah sesquipedalis  atau yang populer dengan sebutan yardlong bean menjadi salah satu sumber protein nabati yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai usaha sampingan  karena jenis sayuran ini banyak dikonsumsi dari seluruh lapisan masyarakat. Namun, sayang sekali, pengelolaan yang kurang baik menjadikan produksi dan harga kacang panjang kadang jatuh harga. Untuk itu, dalam menjalankan bisnis sampingan budidaya kacang panjang harap perhatikan cara menanam yang baik.
budidaya tanaman kacang panjang

Seberapa potensial bisnis sampingan budidaya kacang panjang?

Secara umum, budidaya kacang panjang masih memiliki potensi yang bagus untuk dijadikan lahan sumber uang. Ini tergantung dari beberapa faktor tentunya seperti kondisi tanah di daerah anda, seberapa banyak saingan dan lain sebagainya. Namun demikian, secara umum apabila melihat pada tingkat permintaan kacang panjang yang tidak pernah mati maka usaha sampingan budidaya kacang panjang masih memiliki prospek yang cerah karena beberapa sebab di antaranya :
  1. Kondisi tanah yang mendukung pertumbuhan kacang panjang
    Sudah menjadi fakta umum bahwa tanah nusantara memiliki tingkat kesuburan yang tinggi sehingga akan memudahkan dalam menjalankan usaha sampingan budidaya kacang panjang. Dengan unsur hara yang ada di dalam tanah membuat akar kacang panjang akan mudah menjalar di tanah serta dapat dengan mudah menyerap air.
  2. Dataran rendah cocok untuk bisnis sampingan budidaya kacang panjang
    Selain kondisi tanah, Indnesia juga dari sisi geologis memiliki permukaan yang termasuk ke dalam dataran rendah. Kacang panjang sebenarnya juga dapat tumbuh di dataran tinggi yang memiliki ketinggian di atas air laut setinggi kurang lebih 1500 mdpl namun tingkat produksi akan lebih rendah dibandingkan apabila ditanam di dataran rendah.
  3. Tingkat konsumsi tinggi
    Dengan kondisi alam yang memudahkan pertumbuhan kacang panjang tentu menjadikan peluang kesuksesan bisnis sampingan budidaya kacang panjang semakin tinggi, namun tak hanya itu, salah satu alasan mengapa kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran yang potensial dijadikan sebagai komoditi usaha adalah tingkat konsumsi masyarakat terhadap kacang tergolong besar. Kacang panjang disukai oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga pangsa pasar yang ada sudah luas.
  4. Lebih Tahan penyakit
    di bandingkan jenis kacang - kacangan lain, kacang panjang termasuk lebih kebal dari tanaman kacang lain. Namun, tetap saja, anda harus memperhatikan kesehatan kacang panjang dan tetap mengantisipasi serangan hama.
Panduan Usaha Sampingan Budidaya Tanaman Kacang Panjang

panduan budiday kacang panjang


  • Persiapan Lahan
    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, persiapkan beberapa hal bekaitan dengan lahan yaitu :
  1. Kondisi tanah
    Tanah yang baik untuk menanam kacang panjang adalah tanah yang memiliki unsur hara tinggi serta gembur. Jenis tanah yang cocok berasal dari tanah lempung berpasir atau letosol.
  2. Suhu
    Suhu terbaik untuk menanam kacang panjang adalah 25 - 32 derajat celcius. Akan sangat baik bila berada di suhu pertengahan sekitar 25- 28 derajat celcius.
  3. PH tanah
    Tingkat keasaman tanah untuk budidaya kacang panjang adalah 5 - 6. Jika tanah terlalu asam maka harus dinetralkan dengan cara pengapuran menggunakan dolomite dan jika terlalu basa, sebaiknya di tabur belerang terlebih dahulu.
  4. Sistem drainase
    Agar resapan air dapat diserap secara maksimal oleh tanaman usahakan dibuat bedengan dan pastikan agar sistem irigasi lancar.

    Untuk menanam kacang paham, terlebih dahulu anda harus melakukan beberapa persiapan yaitu :
    1. Menggemburkan tanah baik dengan cara di cangkul maupun menggunakan bajak. Kondisi tanah yang terlalu padat akan menghalangi akar untuk dapat tumbuh baik serta membuat daya resap akan akan berkurang.
    2. Membuta bedengan - bedengan yang membujur arah timur dan barat agar penyinaran dapat berlangsung dengan baik. Bedengan dibuat selebar 80 - 90 cm dengan ketingian 25 cm serta jarak antar bedengan adalah sekitar 40 cm
    3. Pada pembuatan bedengan terlebih dahulu tanah dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang. Jika anda menggunakan pupuk kandang, perhatikan bahwa jangan hanya menggunakan pupuk yang berasal dari kotoran ayam saja, jika memungkinkan pupuk kandang merupakan pupuk dengna komposisi pupuk kotoran ayam dan kotoran sapi atau sejenisnya 1 : 1. Adapun pemupukan lahan awal, komposisi jumlah pupuk sebesar 20 ton  / hektar. Jika sudah dicampur pupuk, tanah dibiarkan selama 4-5hari sebelum di tanam.
selengkapnya tentang cara menanam silahkan baca di artikel http://www.infoagribisnis.com/2015/01/cara-menanam-kacang-panjang/ 

Analisa Usaha sampingan Budidaya kacang panjang baca DISINI
Dalam menjaga kestabilan harga, sangat disarankan untuk menanam dengan sistem gilir. Maksudnya, ketika anda menanam kacang panjang usahakan tidak ditanam dalam satu waktu. Jika tanah anda luas, berilah tenggat waktu seminggu untuk penanaman berikutnya. Jadi setiap seminggu sekali panen agar tidak terjadi jumlah produksi membludak sehingga harga kacang turun drastis.

Jika anda ingin menjalankan usaha sampingan budidaya kacang panjang, sangat disarankan untuk belajar dari petani di sekitar anda. Karena membaca melalui media internet saja tidak lah cukup.