Teknik Pemasaran Online Yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Melejitkan Penjualan

Bisnis rumahan online ~ Pertumbuhan usaha kecil menengah dari tahun ke tahun terus meningkat, meski masih belum memenuhi standar jumlah UKM sebesar 2 % dari total penduduk, namun semakin banyaknya UKM yang tumbuh perlu mendapatkan apresiasi karena bagaimanapun dengan semakin banyaknya usaha kecil menengah yang lahir dari masyarakat dapat mengurangi jumlah pengangguran serta menekan tingkat kemiskinan. 

Namun demikian, untuk mengoptimalkan penjualan produk UKM perlu adanya beberapa pembenahan dan peningkatan kualitas manajemen termasuk pula strategi pemasaran. 


Saya masih ingat betul, dalam sebuah kartun Malaysia yang bertajuk " Upin dan Ipin" di dalam salah satu episodenya menayangkan kisah Upin dan Ipin yang belajar membuat produk berupa layang - layang dan mainan dari tutup botol. Yang menarik dari episode tersebut adalah, Upin dan Ipin mencoba memasarkannya secara online. 

strategi pemasaran bisnis online

Tanah negeri serumpuan kita, Malaysia telah memasukkan pengetahuan pemasaran online melalui kartun anak kecil, lalu bagaimana dengan negara tercinta kita?

Padahal dengan jumlah pengguna internet yang mencapai 81 juta pengguna di Indonesia dan belum lagi jutaan manusia di dunia, tentu pemasaran online akan semakin memperluas jangkauan pemasaran bisnis kita. 


Inilah yang perlu kita benahi, pemasaran dan promosi merupakan salah satu pilar bisnis yang sangat penting bagi kemajuan bisnis. Oleh karena itu, selain melakukan promosi bisnis atau pemasaran usaha secara langsung, penting pula mencoba melakukan pemasaran online untuk mendongkrak penjualan anda. 

Berikut ini akan saya berikan contoh teknik pemasaran secara online untuk melejitkan produk usaha kecil menengah anda :

1. Jaringan Media sosial bukan sekedar share foto dan status
Dari data yang di rilis oleh We Are Social, di dapatkan data bahwa sekitar 30 % dari total penduduk Indonesia yang mencapai 259 juta jiwa merupakan pengguna aktif media sosial, ini berarti ada sekitar 79 juta penduduk yang aktif menggunakan media sosial. 

BBM merupakan media sosial yang paling banyak digunakan yaitu sebesar 19 % dari total populasi penduduk Indonesia atau sekitar 49 juta pengguna, menyusul kemudian Facebook sebanyak 15 % atau 38 juta pengguna aktif. Sementara untuk WhatsApp memiliki pengguna sebanyak 36 juta penguna, disusul Twitter dengan 28 juta dan Instagram memiliki 25 juta pengguna. Berikut ini adalah data mengenai jumlah pengguna medsos 

http://wearesocial.sg/blog/2015/01/digital-social-mobile-2015/

dengan jumlah pengguna medos yang sebesar itu, maka tentu medsos merupakan target pemasaran yang luar biasa potensial terlebih lagi budaya jual beli online kini sudah mulai memasyarakat.

Lalu apakah jika memasarkan produk melalui medsos di jamin laku?
Tidak ada jaminan pasti dalam dunia bisnis, tergantung bagaimana anda memasarkan produk anda. Banyak orang yang tidak paham dan tidak serius dalam memasarkan produk mereka melalui online. Jika anda ingin sukses dalam memasarkan produk usaha kecil menengah anda, maka perhatikan beberapa teknik pemasaran online UKM anda di bawah ini :

  • Produk apa yang anda tawarkan
    Sebenarnya setiap produk dapat ditawarkan melalui jalur online. Namun produk anda menentukan jenis medos apakah yang terbaik untuk produk yang anda tawarkan? Jika produk anda adalah ikan dari hasil panen kolam anda, tentu akan sangat baik jika anda memasarkannya melalui Facebok, namun jika anda memasarkanya melalui Instagram maka penjualan akan kurang optimal.

    Namun jika anda menjual produk yang kebanyakan membutuhkan ketelitian gambar, corak dan warna seperti pakaian, maka Instagram menjadi salah satu alternatif.
  • Siapa target pasar anda
    Dalam ilmu pemasaran, tujuan dari pemasaran adalah menyalurkan produk kepada yang membutuhkan. Percuma ketika anda memiliki intan seharga 1 juta dolar lalu anda menjualnya kepada tukang becak yang sehari hanya mendapatkan penghasilan sekitar 20 ribu.

    Untuk itu, dalam memasarkan produk anda melalui medsos coba diperhatikan siapa taget pasar anda sesuai dengan kategori :
    1. Umur
    2. Harga barang

    Data mengenai rantang umur pengguna medsos dapat anda perhatikan di bawah ini :
pemasaran online melalui fb
sumber gambar : http://www.statista.com/statistics/279776/preferred-netizen-social-media-in-indonesia-by-age/
baca juga penjelasan keren dari blog http://panduanim.com/social-media-marketing/

Data diatas menjadi salah satu tolak ukur bahwa Facebook mendominasi semua umur, sementara Twitter digunakan oleh mereka yang berumur 18 - 35 tahun. Namun perlu di perhatikan bahwa meski Facebook merupakan medsos yang paling banyak di sasar dari berbagai kalangan, bukan dengan menshare di facebook secara serampangan akan berhasil. Pun twitter tetap menjadi alternatif yang baik namun di twitter anda hanya bisa menulis maksimal 140 huruf, maka telitilah dalam menggunakan medsos untuk pemasaran online.

Berarti lebih baik menggunakan semua medsos dong, biar pemasaran semakin luas.

Sebelum anda melakukannya, tanyakan dahulu kepada diri anda sendiri, apakah anda mampu untuk mengurus semuanya? dalam hal anda mengoptimalkan strategi pemasaran anda karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda tidak hanya dituntut untuk aktif share di medos namun juga mengelola akun, menarik folower atau teman anda untuk aktif dengan anda dan sebagainya.

Di dalam post berikutnya akan saya bahas lebih detail mengenai teknik pemasaran dengan medsos.

Dalam bahasan kali ini akan saya kelompokkan menjadi beberapa sub bab :
  • Teknik Pemasaran Melalui Medsos
    - Pemasaran bisnis online melalui FB
    - Pemasaran bisnis UKM melalui instagram
    - Pemasaran bisnis Secara online melalui Twitter
  • Teknik pemasaran melalui Toko Online
  • Teknik pemasaran melalui situs e-comercee
  • Teknik pemasaran online melalui website sendiri
  • Teknik pemasaran online untuk ukm melelui iklan
  • Teknik pemasaran melalui review produk
Alasan saya membagi menjadi beberapa artikel tentu untuk memudahkan anda dalam mempelajari dari masing masing teknik tersebut. Teknik tersebut saya dapatkan dari banyak para internet marketer yang telah sukses dalam menjalankan bisnis mereka lalu di pasarkan melalui online. Dan lagi, jika ditulis dalam satu halaman maka akan terlalu panjang.

Saya kira demikian lah artikel pembuka untuk strategi pemasaran online yang wajib kamu ketahui untuk melejitkan penjualan, semoga bermanfaat.