Peluang Usaha Event Organizer, Cocok Untuk Kerja Sampingan

Peluang Usaha ~ Sejauh ini, iklim perekonomian di Indonesia semakin bergairah. Dengan disepakatinya MEA menjadikan masyarakat Indonesia harus lebih proaktif dalam membangun usaha kecil menengah yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena secara otomatis dengan tumbuhnya banyak UKM maka akan semakin banyak lapangan pekerjaan yang tercipta sehingga mampu menekan angka pengangguran.

Salah satu peluang usaha yang dapat dijadikan sebagai usaha kecil menengah adalah usaha EO atau Event Organizer. EO merupakan peluang usaha yang bergerak dibidang jasa yang mana EO memberikan layanan pengelolaan, penyelenggaraan hingga penyediaan kebutuhan dari suatu kegiatan ( event ). Dengan adanya Event Organizer, suatu instansi maupun perorangan yang ingin mengadakan suatu event dengan mudah.


Munculnya Event Organizer tidak lepas dengan semakin banyaknya event - event yang kini marak diselenggarakan oleh perusahaan - perusahaan baik meeting, maupun kegiatan promosi dalam bentuk konser musik atau bahkan sosial. Keuntungan yang didapat bisa dibilang sangat lumayan serta bisa di jalankan bahkan tanpa modal. 
Peluang Usaha Event Organizer, Cocok Untuk Kerja Sampingan

Dalam bisnis event Organizer biasanya terdapat beberapa jenis EO yang di kategorikan sesuai dengan kegiatannya. Berikut ini jenis usaha kecil Event Organizer yang dapat anda pertimbangkan sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan anda.

Meeting, incentive, convention, exhibition (MICE)
Di awal kemunculannya, EO memfasilitasi meeting atau pertemuan maupun konvensi dalam suatu perusahaan. EO jenis ini memfasilitasi pertemuan tersebut untuk mencari tempat, dekorasi hingga makanan serta kelengkapan lain seperti LCD atau proyektor.

Konser Musik dan Kegiatan EntertainmentJika anda pernah mengikuti pertunjukan konser musik Band, maupun acara hiburan lainnya, anda mungkin tidak tahu bahwa pertunjukan tersebut dikelola oleh EO yang bekerja untuk mempersiapkan segala sesuatu mulai dari panggung, pencahayaan hingga artist. Pihak penyelenggara atau sponsor hanya mempersiapkan dana kemudian konsep pertunjukan dapat didiskusikan bersama antara pihak sponsor dan EO.
Pesta Pernikahan Khusus untuk pesta pernikahan biasanya disebut Weeding Organiser. Sebagai moment sakral yang banyak diidam - idamkan oleh banyak pasangan kekasih, tentunya para pasangan tersebut menginginkan pesta pernikahan yang berkesan meskipun sederhana. EO kemudian merancang pesta tersebut mulai dari pakaian, runtutan acara dan kelengkapan lain seperti dekorasi, dokumentasi bahkan upacara ritual pernikahan.

Selain Event organizer yang telah saya sebutkan diatas, masih terdapat beberapa jenis EO seperti EO pesta ulang tahun, tour wisata maupun seminar. 

Usaha event organiser bisa dijadikan sebagai peluang usaha sampingan disela - sela pekerjaan utama anda. Kemampuan utama yang harus dimiliki adalah pengorganisasian tugas. Anda harus pintar dalam mendelegasikan di masing - masing tugas. Pun dalam memilih kelengkapan kegiatan serta orang orang yang terlibat di dalamnya harus selektif dan profesional serta kreatif agar kepuasan para pelanggan.