Peluang Bisnis Oriflame Cocok Untuk Wanita dan Ibu Rumah Tangga


Bisnis oriflame ~ Terlepas dari kontroversi hukum MLM dimata agama, Multi Level Marketing telah menjadi salah satu metode bisnis yang banyak dijalani oleh banyak orang. Bahkan, dari beberapa keterangan, bisnis dengan sistem ini telah mencetak banyak pebisnis dari berbagai kalangan baik muda, tua, pria maupun ibu rumah tangga. 

Beberapa saat yang lalu, saya membaca sebuah artikel tentang bisnis MLM yang berjudul Mantan Karyawan – Penghasilan 90 Juta Per Bulan dari Berbisnis di Internet di website entrepreneurwanita.com. Artikel tersebut merupakan hasil wawancara dengan seorang wanita yang telah meraih kesuksesan dengan menjual produk kosmetik Oriflame dengan sistem MLM. 

Tak hanya itu, selain dari kisah tersebut, terdapat beberapa kisah sukses tentang bisnis rumahan ibu rumah tangga yang mampu membeli rumah dari hasil jualan Oriflame. Seberapa dahsyat bisnis oriflame sampai - sampai kisah sukses yang dipost sangat menggiurkan? 

Dari sini, saya mulai mencari informasi tentang bisnis oriflame mulai dari sejarah, perkembangan hingga pada permasalahan terkait bisnis MLM jenis ini. Bagi anda yang ingin tahu lebih jauh tentang bisnis oriflame, silahkan anda baca uraian lengkapnya dibawah ini. 

Peluang Bisnis Oriflame Dini Santi dan Nadia Meutia
image source : http://www.dbc-network.com/ 


Sejarah Bisnis Oriflame


pendiri bisnis oriflame
pendiri bisnis oriflame ( gambar dari : http://id.oriflame.com/)


Sejarah Bisnis Oriflame dimulai pada tahun 1967 di kota Stockholm negara Swedia. Perusahaan Kosmetik ini didirikan oleh dua orang bersaudara Jonas dan Robert af Jochnick  yang pada saat itu ingin menjadi pengusaha dengan menjual produk - produk kosmetik yang jauh lebih baik dan dengan metode bisnis yang berbeda pada jamannya.

Berawal dari mimpi tersebut, kedua bersaudara tersebut kemudian mulai membuat produk kosmetik berbahan alami yang berasal dari dataran Skandinavia seperti cloudberry, birch bark, dan lainnya. Mereka mulai berkreasi dengan membuat produk perawatan kulit yang wangi, aman dan efektif. Produk pertama mereka Oriflame Swedish Care diluncurkan dalam waktu singkat dan dimulailah perjalanan kisah bisnis oriflame di Swedia yang nantinya akan membumi di banyak negara di dunia. 

Jonas dan Robert Af Jochnick rupanya tak hanya melakukan inovasi produk dengan menciptakan produk baru pada saat itu, sistem pemasaran dan penjualan yang dilakukan oleh mereka termasuk masih baru karena menggunakan sistem direct selling atau penjualan langsung kepada masyarakat. 


Af Jocnick bersaudara menyiapkan beberapa konsultan - konsultan atau sales produk mereka yang mereka latih dan kemudian ditugaskan untuk menjualnya dari rumah ke rumah. Konsultan tersebut memasarkan produk dari bisnis oriflame kepada kerabat atau teman mereka dengan memberi keterangan dan kesempatan untuk menggunakan produk tersebut. Tak hanya itu, oriflame juga memberi Money Back Guarantee atau garansi uang kembali jika produk mereka mengecewakan.

Kolaborasi antara produk yang inovatif serta strategi pemasaran yang efektif melahirkan kesuksesan yang sangat luar biasa. Dalam waktu hanya dua tahun, bisnis oriflame telah merambah di beberapa negara seperti Denmark, Finlandia, dan di pertengahan tahun 80 an, produk oriflame telah menyebar di negara - negara lain termasuk Indonesia. Kini, produk oriflame telah merambah di lima benua, di pasarkan di lebih dari 60 negara mulai dari vietnam hingga peru. ( sumber : http://id.oriflame.com/about/our-story)


D'BC Network dan Oriflame Indonesia

DBC Network Oriflame
image source : http://www.dbc-network.com/?rot=1 

Seperti yang telah saya sebutkan di awal, produk Oriflame dipasarkan dengan metode penjualan langsung atau MLM sehingga secara otomatis ada sistem piramida yang kini telah umum dijalankan dalam sistem MLM bisnis manapun. Anda bisa menjadi salah satu konsultan Oriflame dan mulai membangun jaringan anda sendiri. 

Oriflame sebenarnya telah masuk ke Indonesia sejak tahun 1986, namun gaungnya mulai membahana di Indonesia semenjak dipromosikan oleh d'BC Network yang didirikan oleh dua orang wanita bernama Dhini Santi dan Nadia Meutia.

Dua sahabat ini sebenarnya sama dengan para konsultan lain yang bertugas memasarkan produk oriflame kepada pelanggan langsung atau mencari downline sebaik mungkin. Mengapa mereka kemudian begitu sukses dalam bisnis oriflame. Jawabannya adalah karena mereka menggunakan dua sayap dalam bisnis oriflame mereka yaitu Offline dan Online. 

Di saat konsultan lain menjual produk bisnis Oriflame dengan cara tatap muka atau door to door, Dini dan Nadia jauh lebih agresif karena mengintegrasikan model penjualan secara ofline serta online. Keduanya berusaha memperkenalkan produk Oriflame dengan konsep Internet Marketing yang efektif. 


d'BC Network berusaha memaksimalkan kekuatan internet untuk menjual produk serta merekrut member yang menjadi downline mereka. Dengan sistem yang terorganisir serta pemanfaatan internet yang tepat, dBC network menjadi sangat terkenal di Indonesia bahkan di Asia. 

Prestasi - prestasi telah ditorehkan seperti yang telah didapat oleh para pendirinya yaitu Dini dan nadia. Nadia sukses menjadi Diamond Director serta menyabet penghargaan sebagai leader dengan pertumbuhan bonus terbesar di Indonesia. Tak kalah dengan Nadia, Dhini dapat mencapai tahta Diamond Director dalam waktu 4 tahun serta menjadi Faster Leader in Asia. Wow. 


Mengapa D'BC Network Menjadi Sangat Sukses di Bisnis Oriflame?

Saya sebenarnya bukan member dari D'BC network dan tentu tidak ada niat promosi dalam tulisan ini, artikel ini murni merupakan kumpulan informasi yang telah saya kumpulkan dari banyak sumber. Meskipun saya bukan member, saya sedikit memahami mengapa d'BC network begitu booming serta sukses sebagai grup konsultan terbaik di Indonesia karena baik Dini, Nadia dan Saya sama sama pekerja internet. Kami sama - sama mengandalkan internet marketing sebagai kekuatan utama dari bisnis yang kami jalankan.

Bagi anda yang masih awam dalam bisnis online, mungkin belum terlalu sadar betapa peluang yang ditawarkan di dunia Internet sangat lah luas. Dengan pengguna aktif yang terus bertahan dari tahun ke tahun, menyebabkan internet menjadi salah satu kekuatan untuk memasarkan produk apapun kepada orang lain dengan mudah dan murah.

Peluang bisnis dari internet ternyata ditangkap dengan jeli oleh pendiri d'BC Network. Keduanya belajar Internet Marketing di Asian Brain. Asian Brain merupakan kursus online belajar internet marketing yang dipelopori oleh Internet Marketer wanita yang sudah sangat terkenal yaitu Anne Ahira. Dari Asian Brain inilah, Dini dan Nadia kemudian membentuk sistem jaringan yang memanfaatkan kekuatan internet sebagai sarana bisnis oriflame mereka.

Mereka dapat menjual produk mereka melalui online sekaligus merekrut member mereka dengan layanan berupa e-training atau pelatihan melalui internet, pemberian tools, web replika serta support fasilitas pendukung lainnya. Dengan metode inilah, d'BC network kemudian begitu sukses di Indonesia bahkan membuat Oriflame negara lain terkagum -kagum dengan pesatnya perkembangan bisnis oriflame di Indonesia.

Baca juga : 

Anda Ingin Bergabung Di Bisnis Oriflame? Pahami Dahulu Sistem Kerjanya. 

1. Bisnis Oriflame adalah Bisnis sistem MLM.
Karena menggunakan sistem MLM maka anda harus paham bahwa dalam sistem ini terdapat downline dan upline. Anda mungkin nantinya bisa iri kepada upline anda karena para mentor anda atau mereka yang berdiri diatas posisi anda akan mendapatkan keuntungan dari kerja keras anda. Ini wajar dalam sistem MLM sebagai perangsang agar member bersemangat untuk merekrut member baru.

Untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis MLM, maka anda setidaknya harus memperhatikan tiga point penting ini yaitu 
  1. Produknya harus lah bagus dan berkualitas sehingga anda tidak menjual produk rendahan namun dengan kata promosi yang luar biasa manis.
  2. Terget pasarnya harus potensial. Setelah anda mengenali produk, silahkan dipertimbangkan apakah produk anda memiliki target pasar yang luas dan baik. Apakah produk tersebut cocok dan dibutuhkan oleh masyarakat di negara tersebut?
  3. Business plan harus jelas. Perencanaan bisnis harus jelas serta memiliki sistem yang berjalan dengan baik.
  4. Memiliki kredibiltas. Ada beberapa MLM bodongan yang menawarkan banyak keuntungan namun sebenarnya merupakan strategi pemasaran tak lebih dari janji manis mirip kampanye PILKADA. namun, ada pula MLM yang terdaftar resmi serta terbukti membayar bonus serta keuntungan sesuai dengan business plan serta SOP bisnis tersebut. 
Lihat video penjelasannya di bawah ini 
















Mengingat bahwa bisnis oriflame baik yang dijalankan sendiri maupun bergabung dengan dBC Network adalah bisnis MLM yang tentu saja tidak akan memberikan hasil pasti. Jika anda membaca testimoni atau kesaksian para member yang membuat anda tergiur dengan hasil yang besar serta cepat. Maka anda harus ingat, bahwa kesuksesan seseorang berbeda - beda tergantung dari beberapa hal. Bisa jadi seberapa besar jaringan kita, seberapa sering kita malakukan promosi, seberapa besar modal atau bisa jadi karena daerah anda berbeda dengan kondisi daerah mereka yang telah berhasil duluan. 

Jika kemudian nanti anda tidak berhasil mencapai apa yang anda perkirakan sesuai dengan iklan MLM maka anda jangan serta merta menuduh bisnis tersebut sebagai bisnis penipuan. Ini adalah resiko bisnis yang harus anda hadapi. Dalam bisnis tentu ada untung ada rugi, termasuk dalam MLM, anda pun bisa untung bisa rugi.

Maka, apabila anda ingin masuk ke dalam bisnis oriflame. Bertanyalah kepada diri anda sendiri, seberapa besar perjuangan dan pengorbanan anda nantinya untuk mencapai kesuksesan anda. Apakah anda siap menawarkan produk secara langsung serta menjual nya ? apakah anda siap untuk bangkit ketika semangat anda melemah? Atau sabarkah anda ketika hasil tak kunjung terlihat?

Jawaban tentu ada pada diri anda sendiri. Jika anda sudah siap dengan sistem yang telah disebutkan diatas. Jangan terlalu lama berfikir, langsung saja take action. Setidaknya bisns MLM melatih anda menjadi seorang ahli pemasaran dan penjualan yang baik.

Salam sukses untuk para pengusaha sejati.