Peluang Usaha Jualan Parfum, begini caranya

Peluang Usaha Perfume ~ Berdasarkan sebuah survei, 84% wanita percaya bahwa aroma wangi dapat membangkitkan gairah seksual pasangan serta menjadikan orang - orang disekitar mereka lebih nyaman. Bagi masyarakat perkotaan khususnya, parfum sudah menjadi kebutuhan yang di butuhkan oleh banyakk kalangan seperti pekerja, pelajar atau pasangan suami istri agar tampil percaya diri di depan orang lain.

Tentu bisa ditebak bahwa pengguna parfum terbanyak masih didominasi oleh pria. Dari keterangan yang kami dapatkan, sebanyak 70% wanita menggunakan parfurm sementara 30 lainnya adalah kaum laki - laki. Khusus untuk pria, mereka percaya bahwa aroma wangi dari tubuh mereka akan membuat wanita lebih mudah tertarik serta menghalau keluarnya bau keringat yang sering keluar dari tubuh pria.

Peluang usaha parfum

Semakin banyaknya para pemakai parfum, tentu saja menawarkan ide bisnis baru yang dapat dijadikan peluang usaha bagi siapapun terlebih bagi mereka yang mengenal dunia kecantikan. Peluang usaha parfum bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk berbisnis di dunia kecantikan.

Peluang usaha parfum mulai ramai dikembangkan sejak tahun 90an, ketika masyarakat Indonesia semakin heterogen serta peningkatan lapangan kerja yang signifikan, hal ini membuat banyaknya masyarakat yang berbaur satu sama lain dan tentu saja menuntut diri untuk tampil maksimal agar orang lain nyaman di sekitar kita. 

Melihat akan banyaknya permintaan parfum sementara para pemakai parfum sebagian besar dari kalangan menengah ke bawah, muncullah peluang usaha parfum refill. Peluang usaha parfum ini, selain lebih murah, juga daat dijalankan oleh siapapun.

Analisa Modal Peluang Usaha Parfum Refill


Sebagai bahan pertimbangan usaha, dibawah ini akan kita jelaskan analisa usaha dalam menjalankan peluang usaha parfum. 

Biaya Awal Untuk Investasi Tetap
- Rak Tempat ParfumRp.    800.000,-
- Botol atau wadah parfumRp.    400.000,-
- kebutuhan lainnyaRp.    400.000,-
Jumlah biaya InvestasiRp  1.600.000,-
Modal kerja per bulan
- Modal pembelian  parfum 6000 ml @ Rp750,-/ml    Rp  4.000.000,-
- Biaya sewa tempat perbulan                                                           Rp.   400.000,-
- Transportasi   dan listrikRp.    100.000,-
Jumlah                                       Rp  4.500.000,- 
Perkiraan Pendapatan
-Pendapatan Penjualan 300 ml x Rp  1.000,- per ml x 30 hari.Rp  9.000.000,-
,- Pengeluaran          Rp  5.100.000,-

Laba / Rugi

Rp  3.900.000

Pendapatan di atas, tentu saja tergantung dari seberapa baik anda menjual produk parfum anda. Untuk itu, agar usaha anda bisa berhasil, lakukan beberapa tips di bawah ini :

Tips Sukses Berjualan Parfum Refill


Berbeda dengan parfum bermerek yang telah dipacking dari pihak pabrik. Parfum refill dapat kita kreasikan terlebih dahulu sesuai dengan kemauan kita. Oleh karena itu, jika anda ingin sukses, perhatikan tips sukses menjalankan peluang usaha parfum di bawah ini :


1. Kenali target pasar anda.
Penggunaan parfum biasanya berbeda - beda sesuai dengan tingkat umur atau jenis kelamin. Pemakai parfum yang berumur remaja biasanya menyukai parfum yang lebih menyengat dengan aroma fresh. Berbeda dengan aroma laki laki dewasa yang menyukai aroma soft namun tidak terlalu ringan dengan kesan wibawa. Karena perbedaan kebutuhan ini, maka anda perlu mengenali target utama anda, misalkan anda berada di dekat kampus maka target pasar anda adalah mahasiswa yang tentu berumur muda. Maka sesuaikan parfum yang anda jual dengan usia serta kebiasaan mereka.

2. latih indra penciuman anda

Sebagai pemilik peluang usaha parfum,anda dituntut untuk memiliki kemampuan mengenali aroma dari masing - masing parfum, sangat aneh tentunya jika anda menjual parfum namun anda tidak tahu nama parfum tersebut atau tidak bisa mengenali bau parfum tersebut. Selain itu, anda juga bisa mengkombinasikan parfum agar didapat aroma baru yang diharapkan.

3. Kenali minat masyarakat

Dari sebuah survei yang saya dapatkan dari web Tribunnews, Orang indonesia paling suka aroma manis dan segar, aroma ini merupakan aroma favorit bagi masyarakat Indonesia. Selain aroma tersebut, aroma sweet powdery juga sangat disukai oleh penduduk kita karena mengesankan aroma seperti bayi.

4. Pilih Lokasi Strategis
Dari data statistik menjelaskan bahwa kebanyakan orang menggunakan parfum pada saat bekerja saja. Sebanyak 79% menggunakan parfum pada saat bekerja, 59 % menggunakannya setiap hari dan 50 % menggunakan pada saat setelah mandi. Data ini membantu kita untuk memilih lokasi strategis, anda tentu akan sangat sulit menjual parfum di daerah pedesaan yang mana pekerjaan utama masyarakat adalah bertani. Tidak mungkin petani akan menggunakan parfum ketika bekerja disawah. Berbeda dengan daerah perkotaan yang padat pegawai, anda akan mudah menjual parfum kepada para pegawai atau karyawan yang tinggal di kos, mes, atau asrama.

Jika anda melakukan tiga point penting di atas, besar kemungkinan anda akan sukses dalam menjalankan usaha anda dengan pendapatan yang besar pula.