Usaha Kecil Pupuk, alat dan obat pertanian

Usaha Kecil Pupuk dan obat pertanian ~ Peluang usaha di bidang pertanian memang masih menjadi salah satu sektor penting dalam perekonomian negara Indonesia. Dengan jumlah penduduk yang mencapai lebih dari 250 juta jiwa serta memiliki wilayah yang cukup luas menjadikan negara Indonesia sebagai negara agraris yang mayoritas mata pencaharian penduduk adalah bertani. 

Sebagai negara dengan sumber daya alam yang luar biasa besarnya, membuat penduduk Indonesia mencoba untuk memaksimalkan tanah mereka untuk menghasilkan uang dengan cara menjalankan usaha pertanian maupun usaha perkebunan. 

Dari Pusat Data Statistik Indonesia memiliki 39,5 Juta Ha dan menyerap hampir 40 juta jiwa, sementara usaha sub sektor pertanian tercatat sebanyak 17.728.162 usaha rumah tangga ( sumber : pertanian.go.id ). Dengan besarnya jumlah usaha maupun tenaga kerja yang terserap di sektor pertanian tentu menjadikan usaha pertanian sebagai salah satu usaha sentral penyokong pendapatan negara. 

Usaha Kecil Pupuk, alat dan obat pertanian

Mengingat bahwa usaha pertanian juga membutuhkan sarana prasana baik itu alat seperti cangkul, sabit dan lain sebagainya maupun kebutuhan lain diantaranya pupuk, obat- obatan maupun pestisida, muncul kemudian beberapa usaha kecil yang menjual keperluan tersebut.

Peluang Usaha kecil jual pupuk atau usaha jual alat dan obat pertanian menjadi salah satu ide usaha kecil menengah yang patut anda coba khususnya jika anda berada di daerah yang memiliki tanah persawahan luas. Tanah Indonesia memiliki tingkat kesuburan yang tinggi namun semakin berkurang karena adanya polusi tanah, dengan sebab demikian, pupuk sangat dipercaya dapat mengembalikan tingkat hasil produksi pertanian saat panen.

Selain itu, karena banyaknya penduduk yang bekerja di pertanian tentu saja mereka membutuhkan alat - alat untuk bekerja sehingga jika anda menjual alat perlengkapan pertanian, bukan hanya dibutuhkan oleh para pemilik lahan sawah namun juga oleh warga biasa yang bekerja sebagai buruh tani. 

Jika anda ingin menjalankan usaha kecil jualan pupuk, alat atau obat pertanian, ada baiknya anda perhatikan beberapa hal di bawah ini :

  1. Pemilihan Lokasi
    Salah satu hal penting yang wajib dilakukan untuk membuka usaha kecil pupuk dan obat pertanian adalah pemilihan lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Hal ini tentu sudah menjadi rahasia dalam berbagai jenis usaha, dengan pemilihan lokasi yang tepat akan membuat toko pertanian anda ramai di datangi oleh pembeli namun tentu saja harus didukung dengan pelayanan yang baik.
  2. Survei produk
    Tidak semua produk yang di tawarkan oleh suplier disukai oleh para petani. Tidak semua produk berkualitas juga laris manis dibeli oleh para petani, hal tersebut biasanya karena adanya alasan klasik yaitu permasalahan harga produk. Untuk itu, anda harus melakukan survei kecil - kecilan untuk menentukan jenis produk apa yang dibeli lalu berapa jumlah produk yang dibeli sesuai dengan tingkat permintaan dari petani.

    Produk dengan tingkat permintaan tinggi dan intensitas pembelian yang singkat haruslah dipasok produk yang lebih banyak apalagi jika barang tersebut memiliki harga yang terjangkau. Untuk produk yang tingkat permintaan rendah serta membutuhkan waktu yang lama untuk terjual bisa anda kurangi stoknya.
  3. Pelajari produk anda
    Anda pun harus bisa menajdi salesman dari produk yang anda jual. Anda harus paham jenis - jenis pupuk mulai darik kelebihan hingga kekurangannya, obat pestisida apa efek sampingnya serta kapan waktu terbaik untuk melakukan penyemprotan dan pemupukan. Jika anda bisa memberikan keterangan tersebut, anda akan lebih memiliki kredibilitas dimata para pembeli.
  4. Pelayanan yang baik
    Customer is the king. Pelanggan adalah raja. Bos tertinggi dari suatu piramida usaha adalah pembeli. Maka, manjakanlah pembeli dengan pelayanan yang memuaskan kemudian jangan malas untuk membantu petani dalam menyelesaikan permasalahannya. Selain itu, anda juga harus terus belajar mengenai ilmu pertanian agar anda bisa memberikan informasi yang uptodate sehingga anda akan dibutuhkan oleh para pembeli.
baca juga : 

Jika anda berminat untuk menjalankan usaha kecil pupuk dan obat pertanian, anda bisa membuka dengan modal minimal Rp. 10 juta. Pada kesempatan lain, saya akan membahas mengenai strategi pemasaran dari usaha pupuk dan obat pertanian guna membantu anda dalam meningkatkan penjualan toko pertanian anda.

Semoga artikel tentang Usaha Kecil Pupuk, alat dan obat pertanian dapat membuka cakrawala wawasan anda tentang bisnis pertanian. Salam sukses.