Peluang Usaha Sampingan Kolam Pemancingan Dengan Potensi Besar


Usaha Sampingan ~ Bisnis berbasis hobi ? Jenis bisnis seperti ini berusaha mengakomodir kebutuhan - kebutuhan masyarakat terkait dengan kesenangan masyarakat atau hobi. Memancing adalah salah satu hobi yang banyak digandrungi oleh masyarakat. Dari 10 orang, biasanya 1 diantaranya pernah merasakan sensasi memancing. 


Namun demikian, seiring dengan samkin rusaknya alam yaitu ketika sungai semakin dangkal dan kotor., Populasi ikan semakin menyusut sehingga kita tidak bisa lagi memancing di sungai - sungai tersebut. Sungai - sungai yang masih layak di jadikan pancingan adalah sungai besar sementara sungai - sungai kecil yang dulunya ada banyak ikan, kini semakin dangkal bahkan kering.  Melihat kondisi ini, beberapa orang kemudian membuat kolam pemancingan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya bagi mancingmania sekaligus sebagai sumber pendapatan atau sebagai usaha sampingan.

Ternyata, dari usaha berbasis hobi mancing ini, kita dapat menghasilkan pundi - pundi keuntungan yang lumayan besar. Apalagi jika kolam pemancingan dikelola dengan sistem yang lebih baik dengan suasana yang lebih bersahabat tentu akan membuat usaha sampingan kolam pemancingan semakin laris dan tentunya akan semakin banyak uang yang masuk ke kantung kita. 

Peluang Usaha Sampingan Kolam Pemancingan Dengan Potensi Besar

Bagaimana cara membuat peluang usaha sampingan kolam pemancingan? Simak penjelasannya di bawah ini :

Cara Membuat Usaha Kolam Pemancingan


1. Pilih lokasi yang strategis

Dalam hal ini, anda perlu mempersiapkan lahan yang strategis yang mudah dijangkau oleh banyak orang. Usahakan jangan terlalu dekat dengan jalan raya dan memiliki panorama alami dengan angin semilir yang membuat pelanggan betah. Selain itu, ketersediaan air juga menjadi salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan.


2. Mengatur irigasi
Agar kebutuhan air dapat tercukupi, setelah anda memilih lokasi yang memiliki cukup banyak ketersediaan air. Anda atur irigasi kolam dan pastikan agar air tidak kering atau kotor sehingga ikan akan terus sehat.

3. Buat kolam
Untuk pembuatan kolam, usahakan kolam yang dijadikan sebagai kolam pemancingan memiliki lahan yang cukup luas serta di sekitar tepi kolam di buat tempat duduk yang mengelilingi kolam sebagai tempat duduk para pemancing.

4. Buat Atap Peneduh
Di atas tempat duduk di buat atap yang melindungi para pemancing dari sengat matahari dan hujan. Namun jangan terlalu lebar karena akan menutupi kolam pemancingan.

5. Bangun Fasilitas
Selain kolam pemancingan, untuk mengingkatkan kepuasan pelanggan, usaha pemancingan harus disediakan fasilitas lain seperti WC, toko atau warung kecil - kecilan yang menyediakan rokok, kopi atau berbagai jenis minuman.

Analisa Usaha Sampingan Kolam Pemancingan 



Biaya Awal
Modal Awal Pembuatan KolamRp 4.000.000,00
Bibit IkanRp 3.000.000,00
Alat  Rp 1.000.000,00
TotalRp 8.000.000,00
Biaya Operasional Per Bulan
Dua orang PegawaiRp 2.200.000,00
Listrik dan lainnya Rp 1.000.000,00
Bibit IkanRp 1.000.000,00 +
TotalRp 4.200.000,00

Pendapatan :

Tarif memancing dapat dilakukan dengan dua cara :
1. Berat Ikan
Sistem ini di lakukan dengan memasang harga sesuai dengan jumlah ikan yang didapat. Harga untuk tiap jenis ikan berbeda - beda tergantung jenisnya. Sebagai contoh ikan patin Rp. 25.000 / kg, Mujair Rp. 23.000 / kg sementara ikan lele 15.000 / kg. 

2. Tarif Harian
Dalam sistem harian, pemancing seperti bermain judi. Dimana mereka membayar dengan harga harian tidak perduli banyak atau sedikit ikan yang di dapat. Kisaran tarif diantaranya Rp. 20.000 - Rp. 60.000 

Apabila kita menggunakan sistem harian maka keuntungan yang dapat diperoleh bisa diprediksi dengan perhitungan di bawah ini :
Dalam sehari kita asumsikan ada 10 orang pemancing dengan tarif Rp. 40.000 / hari. Maka dalam sehari kita akan mendapatkan omzet Rp.. 400.000 sehingga perolehan pendapatan sebulan mencapai Rp. 12.000.000 

Keuntungan : Rp. 12.000.000 - Rp. 4.200.000 = Rp. 7. 800.000 / bulan. 

Baca usaha sampinga Lainnya : 

Strategi Pemasaran Usaha Pemancingan

Pemasaran merupakan unsur kesuksesan dalam berbisnis. Untuk mensukseskan usaha kolam pemancingan maka anda dapat melakukan strategi pemasaran sebagai berikut :

a. Menyebar pamflet
b. Melakukan sistem bonus. 
Jika seorang pemancing sudah memancing dengan sistem harian selama 10 hari akan mendapatkan bonus satu hari atau bisa juga mendapatkan bonus berupa ikan beberapa kilogram. 
c. Mengadakan kompetisi memancing


Prospek Usaha Pemancingan


Di kutip dari Neraca.co.id, Sebuah survei dari PFC ( Pasundan FIshing Club ) yang dilakukan pada tahun 2010 silam, mereka meneliti 40 lokasi pemancingan yang ada disekitar bandung dan hasilnya terdapat peningkatan pengunjung tiap tahunnya. Tidak heran jika pada tahun 2009 - 2010 terdapat kenaikan jumlah usaha kolam pemancingan sebesar 21%. 

Menurut survei tersebut, animo masyarakat yang menggemari kegiatan memancing semakin meningkat karena berbagai alasan di antaranya munculnya acara mancing di salah satu stasiun TV swasta nasional. Acara tersebut secara tidak langsung telah menarik minat masyarakat untuk memancing ikan baik di laut maupun di tempat lain termasuk di kolam pemancingan. 

Dari segi omzet, dari 40 lokasi yang diteliti, dapat disimpulkan bahwa dalam sebulan omzet yang didapat bisa mencapai Rp. 1,2 Milyar sebulan. Omzet tersebut belum termasuk pendapatan yang diperoleh dari penjualan joran, kail maupun makanan kecil yang disediakan di kolam pemancingan. 

Namun demikian, terdapat kendala dalam menjalankan usaha sampingan kolam pemancingan diantaranya adalah semakin banyak orang yang ikut menjalankan usaha kolam pemancingan. Semakin banyak peminat usaha kolam pemancingan tentu semakin banyak saingan sehingga tingkat kompetisi di bisnis sampingan kolam pemancingan semakin besar. 

Selain itu, kondisi cuaca yang kini tak menentu juga menjadi salah satu sebab mengapa usaha kolam pemancingan terhambat. Untuk itulah tata kelola usaha pemancingan harus dibenahi dengan baik untuk mengatasi kendala - kendala tersebut. 

Simak video bisnis kolam pemancingan di bawah ini

Sekarang, apakah anda tertarik untuk menjalankan usaha sampingan kolam pemancingan? Jika anda memang hobi memancing, mengapa anda tidak mencoba usaha sampingan berbasis hobi ini?