Cara Ternak Burung Love Bird Agar Cepat Bertelur Untuk Pemula

Cara Ternak Lovebird ~ Ternak burung lovebird merupakan salah satu bisnis peternakan yang kini mulai digemari oleh masyarakat Indonesia. Gaungya di Indonesia meski tak seperti burung kenari, namun lovebird memiliki banyak penggemar di negeri nusantara ini. 

Bisnis ternak lovebird terbukti telah mencetak pengusaha - pengusaha sukses yang omzetnya bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah dalam sebulan. Namun, untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses di bidang ternak lovebird, tentu harus melalui proses belajar dan kadang harus jatuh karena mengalami kegagalan. Karena itu, bagi seorang peternak lovebird, salah satu karakter yang harus dimiliki adalah mencintai kegiatan memelihara lovebird. Jika pekerjaan sudah didasari dengan cinta, maka usaha yang akan kita lakukan akan lebih keras serta lebih kuat untuk bangkit dari kegagalan.

Kisah Sukses Ternak Lovebird

Dilansir dari Sindonews, Salah satu pengusaha yang telah sukses dalam bidang ini adalah Eri Purwanto warga Perumahan Dempel Baru, Kecamatan Pedurungan, Semarang. Sebelum menjadi seorang pengusaha yang sukses beternak lovebird, Eri adalah seorang manager di sebuah perusahaan asing, namun kemudian banting setir beternak lovebird setelah melihat karyawannya yang telah lebih dahulu mengawali usaha ternak lovebird. 

Meski pada awalnya ditentang oleh keluarga, namun pada akhirnya usaha yang dilakukan oleh Eri tidak sia - sia. Berawal dari  sepasang burung lovebird kini Eri telah memiliki 30 pasang indukan lutino, palamas, violet, batman, blorok hingga albino. Dari 30 indukan tersebut, rata - rata perbulannya ia dapat menghasilkan 20 anakan lovebird. Hasil usaha yang ia dapatkan ternyata lebih besar daripada ketika ia bekerja sebagai manajer. Kata Eri, ia dapat menghasilkan delapan kali lipat lebih besar dari gajinya ketika ia masih bekerja dulu.

Cara Ternak Burung Love Bird 

Untuk mendapatkan anakan lovebird yang berkualitas maka bagi anda yang ingin beternak lovebird ada baiknya memperhatikan beberapa hal dibawah ini :

Persiapan Kandang 

Dalam peternakan burung, selain induk burung, kebutuhan yang harus ada adalah kandang burung. Untuk kandang burung lovebird tidak membutuhkan kandang besar, cukup sangkar yang berukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Ada beberapa jenis sangkar lovebird yang biasanya digunakan untuk breeding burung lovebird yaitu kandang yang berbentuk bulat dan kotak umbaran. 

Kandang lovebird bentuk bulat hanya bisa diisi 2-3 burung atau digunakan untuk proses perjodohan. Sementara kotak umbaran adalah kandang berbentuk kotak yang didalamnya dapat diisi oleh beberapa pasang induk lovebird dan nantinya diberi kandang untuk sarang bertelur.

Kandang Kotak Burung Lovebird
olx.co.id



Kandang Burung Lovebird bentuk bulat
olx.co.id
Kandang Burung Lovebird umbaran
olx.co.id
Pemilihan Induk 

Pada umur 7-8 bulan, burung lovebird sudah bisa bertelur namun sebaiknya menunggu sampai umur 1 tahun karena kualitas telur yang dihasilkan ketika umur 8 bulan belum terlalu baik atau belum terlalu matang. Pada umur 1 tahun, telur yang dihasilkan akan baik kualitasnya sehingga probabilitas kemungkinan sukses akan lebih besar. 

Untuk membedakan jenis kelamin burung lovebird perlu ketelitian karena pada dasarnya burung ini tidak memilik perbedaan yang jelas antara kelamin jantan dan betina.

  1. Burung betina memiliki tulang panggul yang lebih lebar daripada pejantan
  2. Burung betina memiliki suara yang lebih keras daripada pejantan
  3. Burung betina memiliki bentuk tubuh yang lebih besar daripada burung jantan namun memiliki ukuran kepala yang lebih kecil daripada betina
  4. Ketika bertengger, kaki burung betina sedikit renggang sementara untuk pejantannya terlihat rapat.
Apabila anda sudah bisa membedakan antara burung betina dan pejantan lovebird anda tinggal menjodohkannya saja. Namun jika anda belum bisa membedakannya, anda bisa membuat kandang burung umbaran.

Jika anda ingin anakan burung lovebird bersuara bagus maka carilah indukan betina yang memiliki suara yang bagus pula, dan bila anda ingin memiliki anakan yang memiliki warna yang bagus maka anda pun harus memilih indukan betina yang bagus pula.

Perjodohan

Salah satu karakteristik yang paling khas dari burung lovebird adalah memiliki pasangan yang setia sampai mati. Itulah kenapa burung ini disebut lovebird ( burung cinta ). Burung lovebird bisa dikatakan sebagai burung monogami sehingga ketika sudah memiliki pasangan maka pasangan tersebut bisa bertahan sampai burung burung tersebut mati. 

Ketika ingin menjodohkan indukan burung, anda bisa melakukannya dengan mencampurkan beberapa ekor burung lovebird dalam satu kandang sehingga burung - burung tersebut nantinya akan memilih sendiri pasangannya masing - masing terlebih jika burung - burung tersebut memasuki masa estrus.

Cara tersebut lebih mudah bahkan bagi pemula sekalipun, namun permasalahannya apabila anda hanya memiliki satu pasangan burung karena biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama bahkan jika kedua burung tersebut tidak cocok bisa terjadi saling menyerang. Oleh karena itu, cara terbaik adalah dengan memisahkan kedua burung tersebut lalu dekatkan keduanya. 

Anda bisa menggunakan kandang kotak yang ditengah - tengahnya diberi sekat namun harus tembus pandang. Maksudnya antara burung betina dan jantang dapat saling melihat. Dalam beberapa minggu, apabila keduanya saling mendekat, beradu paruh, gelisah dan sering tidur berdekatan maka proses perjodohan siap dilakukan dan anda bisa menyatukan pasangan tersebut dalam satu kandang.

Persiapan Sarang Bertelur

Setelah selesai dijodohkan, maka secara naluriah, pasangan burung lovebird akan kawin dan segera bertelur. Sesuai dengan kebiasaannya di alam bebas, burung yang akan bertelur akan mengumpulkan ranting - ranting kering atau daun - daun kering. Siapkan glodog kotak sarang.

Jangan menggunakan bahan - bahan sintetis karena akan membahayakan burung apabila tertelan. Selain itu, gunakan bahan - bahan yang kering karena ketika kita menggunakan bahan - bahan daun atau ranting yang segar, dikhawatirkan akan membusuk didalam sarang sehingga dapat menimbulkan racun di dalam sarang.

Pada umumnya, burung lovebird akan bertelur 4-6 telur sekali bertelur. Sementara masa pengeraman akan terjadi selama 21-24 hari. Pada saat pengeraman, usahakan agar sarang dalam kondisi tenang. Jangan terlalu sering melihat telur karena bisa menjadikan burung tersebut stress. 

Bagaimana sobat bisnis, di atas adalah cara ternak burung love bird agar cepat bertelur untuk pemula. Untuk cara merawat anakan burung love bird akan saya posting pada posting selanjutnya.

Artikel Terbaik: