Bisnis Ayam Potong Kian Cerah Dan Menguntungkan

Bisnis Ayam Potong ~ Daging ayam di Indonesia merupakan jenis pangan hewani yang paling dikenal oleh masyarakat. Dengan cita rasanya yang khas, daging ini begitu populer karena murah dan dapat diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan yang dapat dihidangkan di berbagai acara keluarga maupun acara resmi lainnya. 

Hingga kini, jenis ayam potong yang paling dikenal masyarakat adalah ayam broiler. Meski kini telah muncul ayam kampung super, ayam potong jenis broiler masih menjadi pilihan utama bagi para penikmat daging maupun pedagang kuliner olahan ayam. Alasan yang paling sering digunakan adalah harga. Harga ayam potong jenis broiler memang lebih murah dibandingkan dengan ayam kampung / ayam buras maupun ayam kampung super sehingga tingkat permintaan ayam broiler tetap ada meski telah muncul varian ayam yang lain.

bisnis ayam pedaging

Dalam sistem usaha ayam potong, terdapat dua jenis sistem yang dapat anda jalankan yaitu :

  • Bisnis Ayam Potong Sistem Peternakan Mandiri
    Jika anda memiliki modal yang cukup besar untuk pembuatan kandang, pembelian bibit, stok pakan, pekerja, pengendalian penyakit termasuk pula biaya operasional seperti listrik dan kebersihan, maka anda bisa membuat peternakan mandiri dengan kontrol penuh dari anda. Dengan kontrol penuh pada peternakan ayam potong anda, maka keuntungan yang akan anda dapatkan seluruhnya akan masuk kedalam kantong anda. Sayangnya, jika yang terjadi adalah merugi, maka seluruh kerugian menjadi bencana anda sendiri. 

  • Bisnis Ayam Potong Dengan Kemitraan
    Salah satu alternatif bagi anda yang tidak memiliki modal besar adalah dengan memanfaatkan model kemitraan. Sistem ini berjalan dengan perusahaan inti sebagai pemilik usaha sementara peternak yang nanti disebut plasma hanya bertugas untuk menyiapkan kandang serta merawat ayam potong hingga masa panen tiba. 

    Dengan bisnis ayam potong sistem kemitraan, anda tidak perlu memikirkan modal pembelian bibit ayam, pakan dan pengendalian penyakit. Dari segi pemasaran, anda tidak perlu risau karena perusahaan mitralah yang akan memasarkan ayam yang anda pelihara. Namun demikian, sistem seperti ini memiliki kelemahan yaitu anda tidak memiliki kekuasaan penuh terhadap peternakan anda.Penentuan harga ditentukan pada awal kontrak sehingga keuntungan yang anda dapatkan semakin kecil namun kelebihannya anda akan terhindar dari resiko kerugian yang besar.
Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba mengulas cara berbisnis ayam potong dengan dua cara di atas.


Cara Bisnis Ayam Potong Mandiri

Pada peternakan dengan modal mandiri maka yang perlu anda lakukan adalah :

PERSIAPAN KANDANG AYAM POTONG

  1. Mempersiapkan  kandang ayam potong
    Kandang menjadi kebutuhan wajib bagi peternak. Anda dapat menyewa kandang yang sudah jadi, atau membuat kandang sendiri. Jika anda memilih menyewa kandang, maka anda tidak perlu repot dalam pembangunan kandang serta lokasi. Namun, jika anda lebih memilih membangun kandang ayam potong sendiri, maka anda perlu memperhatikan lokasi kandang yaitu jauh dari pemukiman warga, kandang mudah diakses dan dekat dengan lokasi toko sarana peternakan. Selain itu, kandang membujur dari timur ke barat, lokasi kandang diusahakan cukup sinar matahari serta tidak terlalu bising.

    Selain itu, dalam menentukan lokasi, perhatikan bahwa ayam daging juga tidak terlalu tahan pada perubahan cuaca yang extrem. Maka usahakan kandang berada di daerah yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

    Ada dua jenis kandang yang dapat dipakai untuk bisnis ayam potong yaitu kandang dengan panggung serta kandang tanpa panggung ( litter ). Untuk kandang dengan panggung, kotoran akan langsung jatuh ke tanah sehingga kandang lebih mudah di bersihkan namun butuh modal yang lebih besar. Berbeda dengan kandang litter, modal lebih kecil serta mudah namun pengendalian kotoran akan lebih sulit.

  1. PEMILIHAN BIBIT AYAM POTONG

  1. Pemilihan bibit ayam potong memiliki peran besar dalam kesuksesan bisnis ayam potong. 30% keberhasilan bisnis ayam pedaging ditentukan oleh pemilihan DOC ayam. Untuk itu anda harus jeli dalam memilih jenis bibit untuk usaha ayam potong anda. Dalam memilih bibit ayam potong, perhatikan hal di bawah ini :
    1. Terbebas dari penyakit terutama penyakit pullorum (berak putih) dan jamur.
    2. Berasal dari induk yang cukup umur dan dari pembibit yang berpengalaman.
    3. Bibit ayam terlihat aktif, mata cerah, dan lincah.
    4. Kaki besar dan basah seperti berminyak.
    5. Bulu cerah dan tidak kusam.
    6. Anus bersih serta tidak ada kotoran.
    7. Kondisi tubuh normal.
    8. Berat sesuai dengan standar strain tersebur.

  2. Pemeliharaan

    PEMELIHARAAN AYAM BROILER 

    1. Sebelum DOC dimasukkan, kandang dipanaskan dengan Broder selama 2-3 jam agar temperatur kandang cocok untuk DOC. Siapkan pula larutan gula dengan komposisi 2 gram gula di dalam 100 ml air. 
    2. Timbang DOC dengan modal sampling yaitu mengambil beberapa beberapa ekor DOC. Catat.
    3. Masukkan DOC kedalam kandang dan berilah minum larutan gula yang telah dipersiapkan tadi. 
    4. Untuk awal pertumbuhan, berikan sedikit makanan yang dapat anda tebar di atas koran lalu dapat anda teruskan dengan memberi makanan di dalam chick feeder tray. Pemberian pakan kemudian di lanjutkan dengan kadar atau jumlah sesuai takaran umur. 
    5. Suhu di atur pada awal pemeliharaan atau seminggu pertama pada kisaran 34-35 C
    6. Pada minggu kedua, temperatur diturunkan menjadi 23-29 C
    7. Jika ayam sudah besar dan terlihat cukup kuat untuk menghadapi suhu bebas, maka broder di lepaskan.

Selain itu, anda juga harus rutin dalam memberikan vitamin dan vaksinasi. Jangan lupa untuk membersihkan kandang secara berkala. Keterangan lebih lengkap mengenai cara ternak ayam potong dapat anda baca di sini. 
 
BACA JUGA : 

Ide Usaha Rumahan Ternak Bebek Hidrida Cepat Untung

Analisa Usaha Bisnis Ayam Potong

Untuk pertimbangan laba rugi dapat anda lihat pada perhitungan modal dan hasil sebagai berikut :
Bisnis Ayam Potong Skala Kecil 

img source : peluangusahasampingan99
Apakah anda tertarik untuk mencoba bisnis ayam potong? Jika anda tertarik, ada baiknya anda tanyakan pada peternak yang lebih dulu sukses di daerah anda karena selain apa yang ditulis di atas, pengalaman adalah guru yang terbaik. Selain itu, perbedaan suhu maupun harga pakan di suatu tempat pun berbeda - beda oleh karena itu, agar lebih maksimal usahakan untuk mencari mentor peternak yang telah sukses di daerah anda. 

Artikel Terbaik: