Rahasia Sukses Bisnis Online Shop Bagi Pemula

Bisnis online shop ~ Untuk mengawali tulisan panjang tentang bisnis online shop, ada baiknya kita mulai dengan membuka kembali kisah seorang penjual boneka via online bernama Rony Anggono Oktavianto. Pemuda yang memulai usaha online dari berjualan boneka di blog bonekaku.blogspot.com  ini mampu meraup omzet hingga Rp. 50 juta rupiah / bulan hanya dari rumah kontrakannya. Kekuatan internet yang mampu menjangkau seluruh Indonesia dijadikannya media pemasaran. Dengan jangkauan yang lebih luas, ia mampu menjual 2000 - 5000 boneka per bulannya. 

Kisah sukses bisnis online shop di atas adalah bukti nyata bahwa bisnis online dengan menjual sesuatu meskipun hanya lewat blog gratisan sekelas blogspot tetap mampu menghasilkan jutaan rupiah. 

Selain kisah Roni Anggono Oktavianto, masih ada banyak para pebisnis online lain yang telah sukses mengantongi omzet hingga ratusan juta rupiah dari bisnis online shop. Bagaimana mereka dapat sukses dalam menjalankan bisnis online berjualan di internet? Simak trik dan rahasianya dibawah ini :

Rahasia Sukses Bisnis Online Shop Bagi Pemula

1. Visi Jelas, bukan setengah setangah

Visi berasal dari kata Vision yang berarti penglihatan. Dalam istilah bisnis, visi adalah pandangan tentang tujuan suatu kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau apa yang ingin di capai dalam waktu jangka panjang. Ketika kita terjun dalam bisnis online shop, jangan hanya karena ingin coba coba, jangan karena ingin mengisi waktu semata, cobalah pandang lebih jauh jika kita sukses dalam bisnis ini. 

Temukan visi kita, misalkan
Menjual Jujur untuk keberkahan dunia akhirat, mudah beramal, membahagiakan orang yang kita cinta. 
Kenalilah keinginan kita, lalu jadikan visi yang kemudian akan mengkristal menjadi prinsip dan sumber semangat dalam berwisausaha via online. Ketika kita memiliki visi yang jelas, bahkan ketika kita jatuh pun, kita akan tetap tegar untuk bangkit dari kegagalan dan akan terus belajar sampai visi kita tercapai. 

2. Buatlah Website Sebaik Mungkin dan Mudah dipahami pengunjung

Salah satu elemen penting yang menentukan kesuksesan dalam berbisnis online shop adalah website. Dalam berbisnis toko online, maka secara otomatis kita akan membutuhakan website yang kita jadikan sebagai toko virtual di Internet.


Apakah anda tahu, mengapa supermarket meski lebih mahal namun tetap saja dapat berkembang? Yups, supermarket atau minimarket seperti Alfamart dan Indomaret bisa menjamur dimasyarakat adalah tempat yang nyaman serta pembeli dapat memilih sendiri barang yang mereka inginkan. 

Pun sama halnya dengan ketika anda membangun website untuk toko online anda. Bayangkan bahwa anda adalah seorang pembeli yang sedang mengunjungi toko online, maka yang anda lihat adalah 


  • Domain
    Gunakan domain sendiri, jangan hanya mengandalkan blogspot. Mengapa? karena toko online yang menggunakan domain TLD lebih dipercaya daripada berjualan dengan subdomain gratisan seperti wordpress.com, blogspot.com dan sejenisnya. 

  • Hosting stabil dan cepat
    Jika anda membuat website jenis apapun, pengunjung akan segera meninggalkan website anda ketika terlalu lama memuat seluruh halaman website. Maka, dalam membangun website untuk toko online, gunakan hosting stabil dan muat halaman cepat. Jangan sampai calon pembeli anda bosan menunggu karena anda terlalu lama menutup pintu.

  • Navigasi yang mudah dipahami
    Dalam membuat website bisnis online shop, gunakan tema yang mudah dipahami. Navigasi yang teratur dan tampilan yang sedap dipandang mata. Mudahkan pengunjung anda untuk mencari barang yang ia butuhkan. Seorang pembeli tidak mesti akan langsung cocok dengan apa yang ia lihat pertama kali, seringkali ia akan mencari - cari barang sejenis untuk diperbandingkan.
  • Full layanan
    Ketika website anda sudah jadi, jangan lupa untuk memberikan pelayanan maksimal dengan menambahkan fitur live kontak atau membuat chat yang dapat anda dapatkan secara gratis. Anda bisa searching di Google. 

3. Social Media Marketing

Salah satu media sosial yang paling potensial dan mudah untuk menjaring pembeli adalah Facebook. 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki jumlah pengguna aktif terbesar di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Di lansir dari kompas.com, jumlah pengguna aktif facebook di kuartal IV tahun 2015 adalah sebesar 87 juta pengguna, naik 10 juta pengguna dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini tentu sangat luar biasa. BBC mengungkapkan bahwa pengguna aktif di seluruh dunia  menembus angka 1, 55 miliar pengguna.


Jika anda memiliki insting bisnis yang kuat, anda pasti akan berfikir bahwa dimana ada keramaian disitulah sumber uang karena anda dapat mempromosikan produk anda secara masal dengan mudah. Sama halnya dalam dunia internet, dengan pengguna aktif yang sangat besar tersebut, tentu menjadikan Facebook sebagai salah satu media pemasaran yang sangat menjanjikan.

Namun, dengan jumlah pengguna yang sedemikian besar. Tidak semua pengunjung Facebook memiliki keinginan untuk membeli barang. Kebanyakan bahkan tidak terlalu nyaman dengan iklan yang sering di post lalu ditandai dengan beberapa orang teman tanpa ijin. So, perlu kita pahami beberapa cara dan strategi pemasaran melalui facebook untuk melejitkan penjualan produk usaha kecil menengah anda atau pun barang dari bisnis rumahan yang anda jual.


Berikut ini adalah cara pemasaran melalui facebook bagi pemula yaitu :
  • Memasarkan melalui akun FB
Menjual melalui akun FB merupakan cara termudah untuk memasarkan barang atau produk UKM anda. Anda tinggal membuat akun FB atas nama diri anda sendiri atau orang lain dan dapat juga menggunakan nama UKM anda lalui perbanyak teman - teman anda. Setelah itu, anda tinggal mengupload gambar dan informasi mengenai produk anda lalu tandai teman - teman anda agar lebih mudah di lihat.

Perlu dicatat bahwa ketika anda menandai teman, jangan terlalu banyak menandai terkhusus bagi teman FB yang tidak dikenal. Mereka akan sedikit tidak nyaman terlebih jika intensitas post iklan kita terlalu sering. Bisa jadi nanti kita di unfriend.

Selain itu, ketika anda menambahkan teman, jangan asal menambah teman. Usahakan anda mencari teman FB yang tertarget. Bagaimana caranya? Carilah halaman atau grup yang membahas informasi yang sama dengan produk yang anda jual lalu tambahkan member atau follower Fanspage tersebut. Cara ini akan lebih memaksimalkan pemasaran anda. 

Lihat Gambar di bawah ini :

Mencari Member Grup

1. Silahkan ketik nama grup sesuai dengan produk yang anda jual. Contoh, produk anda adalah kartu perdana maka ketika " Grup jual beli perdana " maka nanti akan terlihat beberapa nama grup.
2. Klik salah satu nama grup. Usahakan grup tersebut adalah grup publik serta memiliki member yang aktif dan cukup besar. Lihat gambar dibawah ini
pemasaran online facebook


Klik pada member, lalu akan muncul daftar teman.

Anda pun bisa memcari teman tertarget dari halaman FB. Silahkan anda cari di kotak pencarian FB dengan nama produk yang anda jual misalkan " Kartu perdana" 

pemasaran online Grup Facebook

  • Pemasaran Melalui Grup FB
Selain memasarkan produk anda melalui akun Fb, cara lain atau strategi pemasaran lainnya adalah menggunakan grup sebagai media promosi. Caranya sangat mudah, anda tinggal membuat grup dengan nama " Jual Beli Perdana Internet " atau bisa menggunakan nama UKM anda misalkan " Penyedia Kartu Perdana Duta Cell ".

Salah satu keuntungan menggunakan grup FB adalah anda dapat memasukan teman - teman anda dengan mudah. Berbeda dengan Fanspage atau halaman FB, pada FP anda harus mengundang terlebih dahulu teman anda untuk menyukai halaman anda.

  • Pemasaran Melalui Halaman FB

Meski anda tidak dapat dengan mudah menjadikan teman anda sebagai member atau follower halaman FB anda, namun keuntungan dari FP adalah anda akan mendapatkan follower tertarget.

Anda hanya bisa menyarankan atau menawarkan kepada teman - teman facebook anda agar menyukai halaman anda. Namun tidak bisa memaksa mereka menjadi follower, hal ini sangat berbeda dengan Grup FB, dimana anda bisa memasukkan teman anda langsung menjadi member tanpa ijin dari teman anda.

Nah, ketika teman anda memang tidak tertarik dengan produk yang anda jual maka mereka biasanya tidak akan mengklik tombol "like" atau bahkan tidak menanggapi tawaran halaman anda.

Untuk mendapatkan follower dalam jumlah besar serta menghabiskan waktu relatif singkat maka anda perlu menggunakan cara pemasaran terakhir yaitu FB Ads.

FB ads adalah layanan iklan dari Facebook yang dikhususkan untuk para pemilik usaha agar dapat mengiklankan produk mereka melalui online. Hasilnya memang luar biasa namun tentu membutuhkan modal yang lumayan. Pembahasan mengenai FB Ads akan saya bahas secara khusus di lain kesempatan.

Selain memasarkan produk anda dengan share ke Facebook, anda juga bisa pasarkan via instagram atau twitter. Penjelasan pemasaran via instagram dan twitter dapat anda baca di kelanjutan tulisan ini. 

Selain dari tiga kunci di atas, tentu anda harus fokus dalam berbisnis online shop. Jangan mudah berubah haluan ketika anda sudah mulai mengarungi lautan petualangan bisnis anda. Belajar dan terus belajar untuk menyempurnakan ilmu anda adalah hal mutlak yang harus anda lakukan dan jangan lupa, pelayanan kepada pembeli adalah harga mati. Jangan sampai pembeli anda kecewa dengan pelayanan atau kualitas produk anda. 

Demikianlah tentang artikel rahasia sukses bisnis online shop yang semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin membuka usaha online toko di internet.