Pengertian Barang Dan Jasa dalam Dunia Bisnis Menurut Para Ahli


Pengertian Barang Dan Jasa | Dalam dunia bisnis atau ekonomi, kita mengenal dua jenis produk yang biasanya diperjual belikan yaitu barang dan jasa. Keduanya merupakan produk yang sudah acapkali kita temui dan tentu anda pernah menggunakan dua produk tersebut untuk kebutuhan hidup anda. 

Bagi pengusaha, mengidentifikasi barang dan jasa serta pengelolaannya merupakan hal penting agar penjualan dapat maksimal sehingga keuntungan semakin besar. Maka pada artikel Pengertian Barang Dan Jasa dalam Dunia Bisnis Menurut Para Ahli akan saya berikan definisi dan contoh barang jasa yang ada disekitar kita. 

Pengertian Barang Dan Jasa
Pengertian Barang


Secara umum barang di definisikan sebagai objek atau jasa yang memiliki nilai. Nilai tersebut ada karena adanya kemampuan untuk memenuhi kebutuhan sehingga dengan kata lain, suatu barang tidak bernilai jika tidak dapat memenuhi kebutuhan. 

Selanjutnya lebih khusus lagi dalam  kajian ilmu makroekonomi dan ilmu akuntansi, barang dibedakan dengan jasa. Barang merupakan benda berwujud  atau produk fisik yang bisa diberikan dari seorang penjual kepada pembeli dengan melibatkan adanya perpindahan penguasaan atau kepemilikan. Untuk membedakan antara barang dengan produk jasa, ahli makro ekonomi kemudian sering mengistilahkan barang dengan "iKomoditas"

Selain pengertian di atas, pengertian barang adalah benda atau produk berwujud yang dapat dipegang baik itu hasil produksi manusia maupun alam yang dapat memenuhi kebutuhan. 


Contoh barang 
Kulkas

TV

Sendok
Batu 

Emas

Ciri - ciri barang


Untuk membedakan antara barang dan jasa, maka perlu kita ketahui karakteristik barang yaitu 
1. Produk tersebut berwujud atau dapat dipegang. 

2. Memiliki nilai yang ditentukan oleh adanya kebutuhan
3. Apabila produk tersebut digunakan maka produk tersebut dapat berkurang nilainya.

Pengertian Jasa

Menurut kajian ilmu ekonomi, salah satu ciri khas produk jasa adalah tidak ada perpindahan transfer kepemilikan serta tidak berwujud. Adapun pengertian jasa menurut para ahli adalah :

Menurut Adrian Payne pengertian jasa :
Kegiatan ekonomi yang memiliki beberapa elemen (nilai atau manfaat) intangibel yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi tersebut dan melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan. Perubahan daiam kondisi bisa saja muncul dan produksi suatu jasa bisa memiliki atau bisa juga tidak mempunyai kaitan dengan produk fisik.
Secara sederhana Pengertian Jasa adalah Produk tidak berwujud yang tidak dapat dipegang serta memiliki nilai karena memenuhi kebutuhan. 

Pengertian jasa lainnya adalah suatu produk yang tidak berwujud yang dapat memuaskan pelanggan.

Ciri Ciri Jasa
1. Tidak berwujud
Jasa tidak dapat dilihat atau dipegang layaknya barang. Jasa juga tidak dapat dicicipi atau disentuh oleh karenanya jasa bersifat abstark.
2. Heterogenitas 
Jasa akan bervariasi karena jasa merupakan produk non standar atau non variabel meskipun dilakukan oleh satu orang. 
3. Tidak dapat dipisahkan
Jasa tidak dapat dipisahkan atau dengan kata lain pengerjaan dan hasil dilakukan dalam waktu berkesinambungan dan bersamaan.
4. Tidak tahan lama
Berbeda dengan barang, jasa tidak bisa disimpan karena bersifat abstrak. 

Contoh Jasa
Jasa konsultan
Jasa menjahit

Demikianlah artikel tentang barang dan jasa dalam dunia bisnis yang dapat admin tulis. Semoga bermanfaat.


Artikel Terbaik: