Pengertian dan Contoh Perusahaan Jasa Lengkap

Pengertian Perusahaan Jasa | | Dalam dunia bisnis dan ekonomi, kita mengenal beberapa jenis perusahaan dari segi produk yang dijual. Beberapa contoh perusahaan - perusahaan tersebut adalah seperti perusahaan industri, perusahaan dagang serta perusahaan jasa.

Khusus pada artikel ini, akan saya bahas tentang pengertian perusahaan jasa serta saya lengkapi dengan contoh perusahaan jasa yang ada di Indonesia.

Pengertian dan Contoh Perusahaan Jasa Lengkap

Pengertian Perusahaan Jasa

Perusahaan adalah Organisasi yang dibentuk oleh satu orang atau beberapa orang yang melakukan kegiatan produksi yaitu menghasilkan barang maupun distribusi yaitu menyalurkan barang dari penjual ke pembeli guna memenuhi kebutuhan manusia.

Dari situs wikipedia disebutkan bahwa perusahaan adalah tempat berkumpulnya kegiatan produksi maupun faktor produksi. Sementara Jasa adalah produk tidak berwujud yang dihasilkan oleh seseorang guna memenuhi kebutuhan manusia yang mana tidak ada transfer kepemilikan.

Dari dua pengertian di atas maka dapat kita simpulkan bahwa Pengertian Perusahaan Jasa adalah Organisasi yang dibentuk oleh seseorang atau beberapa orang maupun badan lain yang melakukan kegiatan produksi serta kegiatan distribusi yang mana produk yang dihasilkan merupakan produk abstrak.

Pengertian lain perusahaan jasa adalah unit usaha yang menjual produk tidak berwujud guna mendapatkan keuntungan atau laba. Dengan kata lain bahwa perusahaan jasa menawarkan jasa dari kegiatan produksi yang dilakukan oleh unit usaha tersebut.

Namun demikian, meskipun jasa adalah produk tidak berwujud. Dalam menghasilkan pruduk jasa tersebut perusahaan jasa acapkali tetap menggunakan produk berwujud untuk proses kegiatan produksinya seperti seorang tukang ojek yang memberikan jasa tumpangan dengan sepeda motor maka meski yang ia tawarkan adalah jasa tumpangannya namun ia tetap membutuhkan sepeda motor yang mana merupakan produk fisik atau produk berwujud.

Perusahaan jasa biasanya melakukan kegiatan produksi dengan berpatokan pada beberapa faktor diantanya adalah kecepatan seperti jasa transportasi. Faktor kerapian seperti jasa bungkus kado atau jasa potong rambut. Faktor ketepatan seperti jasa konsultan bisnis dan masih banyak yang lainnya.

Ciri - Ciri Perusahaan Jasa


Untuk lebih memahami mengenai perusahaan jasa maka ada baiknya kita pahami pula karakteristik atau ciri - ciri perusahaan jasa diantaranya adalah

  • Tetap menggunakan produk berwujud atau produk fisik untuk melakukan kegiatan produksinya agar menghasilkan produk jasa yang diinginkan seperti jasa transportasi.
  • Karena produk jasa tidak dapat distandarisasi maka tingkat kepuasan pelanggan pun berbeda - beda tergantung dari pelayanan dan beberapa faktor lainnya seperti kondisi dan waktu.
  • Produk jasa merupakan produk yang diambil manfaatnya saja tanpa adanya transfer kepemilikan sehingga produk fisik yang digunakan sebagai alat atau sarana tidak memerlukan persediaan atau stok.
  • Tidak memiliki standar harga mutlak
  • Hasil dari proses produksi yaitu produk jasanya tidak dapat disimpan atau dijual kembali karena bagi perusahaan jasa, akhir dari proses produksi jasa tersebut maka berakhir pula ikatan antara pembeli dan penjual..
Baca juga :
Pengertian Barang dan Jasa
Perbedaan Barang dan Jasa

Contoh Perusahaan jasa

Di negara Indonesia ada beberapa contoh perusahaan jasa yang saya dapatkan diantaranya :

  • Perusahaan Transportasi Penumpang : Gojek, 
  • Perusahaan Jasa Properti : Agung Podomoro Land, Alam Sutera Reality Tbk, Bakrieland Develpoment Tbk, Sentul City Tbk
  • Perusahaan Komunikasi dan utilitas : Indosat Tbk, Telkomsel
  • Perusahaan jasa bidang keuangan : Bank Mandiri, BRI, BCA
  • Perusahaan jasa Kesehatan : Indofarma Tbk
  • Perusahaan Jasa pengiriman barang : FedEX, TIKI, Pos Indonesia


Selain dari contoh perusahaan jasa tersebut diatas, ada beberapa perusahaan jasa lainnya yang dapat anda cari sendiri sesuai dengan bidang atau sektor usahanya. Semoga artikel tentang  Pengertian dan Contoh Perusahaan Jasa Lengkap memberi anda wawasan serta pemahaman yang mendalam terhadap perusahaan bidan jasa.

Artikel Terbaik: