Cara Membuat Proposal Kegiatan Yang Baik dan Benar

Proposal Kegiatan ~ dalam tulisan yang telah lalu saya sudah membahas tentang cara membuat proposal sponshorship untuk sebuah kegiatan. Nah, dalam artikel ini saya akan memberikan informasi tentang cara membuat proposal kegiatan yang baik dan benar.

Seperti yang kita tahu bahwa dalam melaksanakan sebuah kegiatan tentu kita membutuhkan dana agar acara terselenggara. Pendanaan tersebut dapat dilakukan secara swadaya atau mengusahakannya kepada instansi yang terkait atau kepada orang lain yang tidak mengikat. 

Mengingat bahwa proposal adalah dokumen resmi yang dijadikan pedoman, patokan sekaligus gambaran yang dapat menjelaskan kepada pihak terkait bahwa acara tersebut benar - benar resmi dan telah diatur secara teratur dengan baik serta diketahui oleh pihak - pihak yang berwenang. 

Cara Membuat Proposal Kegiatan Yang Baik dan Benar

Oleh karenanya ada beberapa fungsi proposal dalam suatu kegiatan yaitu : 

1. Sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan
Dalam menyelenggarakan suatu kegiatan, tentu saja panitia harus memiliki SOP yang mencakup jadwal kegiatan, tempat, petugas hingga estimasi dana. Proposal kegiatan dapat berfungsi sebagai pedoman sekaligus patokan dalam melaksanakan kegiatan tersebut agar acara berjalan lancar dan teratur.


2. Sebagai sarana Informasi
Fungsi informasi khususnya berlaku untuk pihak diluar panitia namun memiliki kepentingan didalamnya terutama seperti para donatur atau instansi yang menaungi panitia seperti sekolah atau lembaga resmi lainnya. Dengan adanya proposal kegiatan tentu saja pihak - pihak tersebut akan lebih paham dan jelas mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan.

3. Sebagai bukti kepanitian kegiatan
Sudah menjadi pandangan umum bahwa ketika mengadakan suatu kegiatan terutama yang menyangkut permintaan dana kepada masyarakat, proposal kegiatan menjadi salah satu penentu yang dapat mempengaruhi seseorang untuk menyumbangkan uang atau barang untuk membiayai kegiatan. Oleh karenanya, dalam penulisan proposal sangat ditekankan bagaimana cara membuat proposal yang baik dan benar agar para calon donatur percaya bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan profesional

4. Evaluasi Kegiatan
Kegiatan - kegiatan rutin bulanan maupun tahunan haruslah diadakan evaluasi dan evauasi tersebut dapat merujuk pada proposal kegiatan. Hasil akhir kegiatan dengan rancangan yang ada dalam proposal kegiatan akan memberitahu kita seberapa berhasil kegiatan tersebut baik dari segi adminitstrasi, kepemimpinan maupun pendanaan.

Dari beberapa point tentang fungsi proposal kegiatan di atas, tentu sebaiknya dalam membuat proposal kegiatan haruslah menggunakan ilmu cara membuat proposal yang baik dan benar agar panitia terlihat profesional dan terlatih sehingga para penyandang dana yakin dengan kinerja panitia. 

Berikut ini saya berikan informasi cara membuat proposal kegiatan yang baik dan benar sebagai berikut :


  1. Memahami Susunan Proposal kegiatan
    Dalam pembuatan proposal, setiap jenis proposal memiliki susunan yang berbeda seperti halnya proposal penelitian yang mencantumkan pembatasan masalah. Sementara dalam proposal kegiatan tidak ada pembatasan masalah. Oleh karena itu, dalam menyusun proposal kegiatan haruslah paham tentang susunan proposal kegiatan. 
  2. Menggunakan kata - kata yang baku
    Hindari penulisan kalimat asing. Apabila menggunakan kalimat asing gunakan gaya tulisan miring dan hindari pula penggunakan kata - kata gaul atau lokal yang tidak sesuai dengan EYD. 
  3. Pertimbangkan kesesuaian estimasi dana
    Hal yang selalu ada dalam rancangan prposal kegiatan adalah estimasi dana atau rancangan anggaran belanja untuk kegiatan. Dalam menyusun anggaran dana, jangan terlalu dibesar - besarkan serta disesuaikan dengan harga item yang berlaku di daerah tersebut. Selanjutnya, jangan lupa untuk menambahkan dana lain - lain maupun cadangan sebagai antisipasi terhadap pengeluaran yang membludak yang melebihi rencana anggaran proposal yang tak terduga. 
  4. Kesesuaian waktu, tempat dan jenis kegiatan
    Dalam penyusunan proposal, sangat diharapkan bahwa kegiatan yang ada dalam proposal harus sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan nantinya. Antisipasi terhadap benturan kegiatan agar tidak ada kegiatan yang tidak berjalan sesuai rencana kegiatan prposal. 
  5. Gunakan kata kami dalam menyebut panitia. 
  6. Proposal diberi sampul cover yang baik. Akan lebih baik lagi jika dijilid
  7. Sertakan surat pengantar proposal sebagai permohonan resmi pengajuan dana
  8. Letak penyusunan tanda tangan dan cap juga harus diperhatikan. Semisal panitia berada di baris paling atas kemudian jabatan yang lebih tinggi disebelah kanan bagian bawah jika terdapat dua kulom.
Demikianlah tentang cara membuat proposal yang baik dan benar. Semoga kawan - kawan semuanya paham dengan artikel diatas. Untuk contoh proposal kegiatan dapat anda baca di link : 

  1. Contoh Proposal Kegiatan Yang baik Dan Benar Terbaru
  2. Contoh Dan Cara Membuat Proposal Sponsorship Kegiatan
  3. Contoh Proposal Kegiatan Pameran Seni Rupa Di Sekolah

Artikel Terbaik: