Jenis - Jenis Lele Yang Paling Menghasilkan Cepat Besar Menguntungkan

Ternak Lele ~ Macam - Macam Jenis Lele | Beternak lele merupakan salah satu peluang usaha yang sudah sangat dikenal di negara ini. Permintaan lele remaja yang kebanyakan dipesan oleh warung pecel lele atau restoran semakin meningkat dari tahun  ke tahun. Hal ini membuat bisnis ternak lele tidak pernah surut meskipun harga pakan terus meningkat. 

Dalam pembahasan mengenai ternak lele yang pernah saya sampaikan, salah satu faktor penting agar sukses dalam budidaya lele adalah pemilihan bibit unggul. Oleh karena itu, dalam artikel yang akan saya bahas kali ini akan berbicara mengenai macam - macam ikan lele atau jenis - jenis ikan lele unggul yang banyak diternakkan di Indonesia diantaranya :

Lele Dumbo

ikan lele dumbo

Lele jenis dumbo merupakan jenis lele yang paling banyak dikenal oleh masyarakat. Bahkan bisa jadi, bagi mereka yang awam, lele manapun akan disebut lele dumbo karena keterbatasan informasi yang mereka miliki terhadap jenis ikan lele. 

Ikan lele dumbo memiliki nama latin Clarias gariepinus dan berasal dari daerah Afrika. Dari beberapa sumber disebutkan bahwa ikan lele dumbo merupakan persilangan antara ikan betina Clarias fuscus dari Taiwan dengan ikan jantan jenis Clarias mossambicus dari Afrika. 

 Ikan lele ini, apabila dibandingkan dengan jenis ikan lele kampung atau lokal memiliki bentuk tubuh yang lebih besar serta memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih cepat. Tidak heran jika kemudian ikan lele jenis dumbo menjadi primadona pada beberapa dasa warsa silam. 

Lele dumbo memiliki ketahanan hidup yang baik dan bahkan bisa hidup diair yang memiliki kadar oksigen rendah. Ikan ini memang tergolong ikan air tawar dan dapat hidup dikubangan saluran pembuangan kotoran. Kelemahan ikan ini terdapat pada daging yang lunak sehingga mudah hancur apabila digoreng. 

Salah satu ciri fisik dari lele dumbo adalah memiliki bercak hitam dan putih apabila mengalami stress semisal pergantian tempat hidup. Ikan ini memiliki patil yang lebih pendek dan tumpul serta tidak terlalu beracun apabila dibandingkan dengan lele lokal. Sungut ikan lele dumbo lebih panjang daripada lele lokal. 

Dari tahun ke tahun, lele dumbo ini menjadi primadona bagi para peternak lele namun kualitasnya semakin menurun karena beberapa faktor. Oleh karena itu, beberapa orang kemudian mencoba menyilangkan ikan lele dumbo dengan beberapa jenis varietas lele untuk mendapatkan bibit unggul yang berkualitas.

Lele Sangkuriang

Jenis ikan lele sangkuriang

Ikan lele dumbo pertama kali diimpor pada tahun 1985, awalnya lele jenis dumbo merupakan bibit ungggul yang terkenal karena beberapa kelebihan diantaranya adalah lebih tahan terhadap penyakit, lebih cepat besar serta tingkat reproduksi lebih tinggi. Namun demikian, kualitas dari lele dumbo semakin menurung karena proses perkembang biakan yang salah yang banyak dilakukan oleh masyarakat. 

Kesalahan yang sering terjadi adalah proses perkawinan sesama kerabat sehingga kualitas lele semakin menurun. Karena penurunan kualitas lele dumbo inilah yang akhirnya memunculkan jenis ikan lele baru yang kemudian disebut dengan LELE SANGKURIANG. 

Pada sekitar tahun 2000-an, pemerintah mengadakan penelitian terhadap jenis ikan lele guna meningkatkan kualitas ikan lele. Melalui BBPBAT, uji coba persilangan balik dilakukan. Uji coba dilakukan dengan mengawinkan lele dumbo generasi kedua atau F2 yang merupakan jenis ikan lele dumbo yang pertama didatangkan dari Taiwan pada tahun 1985. 

Ikan betina F2 tersebut kemudian disilangkan dengan ikan lele dumbo F6. Meskipun memakan waktu yang cukup lama, pada tahun 2004 ikan lele Sangkuriang untuk pertama kalinya diperkenalkan secara umum melalui menteri keuangan. 

Salah satu keunggulan ikan lele sangkuriang adalah kemampuan menghasilkan telur yang mencapai 40.000-60.000, sementara lele dumbo hanya menghasilkan telur rata rata 20.000 - 30.000 sekali bertelur. Selain itu, index tetas telur lele sangkuriang mencapai 90% dan lele dumbo hanya sekitar 80%. 

Untuk produksi, dapat dilihat dari index FCR atau Food Convertion Ratio yaitu rasio antara pakan yang dimakan dengan berat badan ikan lele ketika dipanen. Ikan lele memiliki index FCR 0,8 yang berarti ketika lele sangkuriang diberi kapan sebanyak 8 ons atau 0,8 kg maka lele sangkuriang akan memiliki berat badan 1 Kg ketika dipanen. Sementara ikan lele dumbo memiliki index FCR sebesar sama dengan satu. Sehingga apabila kita menginginkan lele dumbo memiliki berat sekitar 1 kg maka pakan yang harus diberikan totalnya adalah 1 Kg atau lebih per ekor. 

Kesuksesan lele sangkuriang menginisiasi BBPBAT untuk melakukan penelitian guna menghasilkan ikan lele yang lebih berkualitas. Karenanya pada tahun 2010, BBPBAT kemudian mencoba menyilangkan ikan lele generasi  F6 dengan ikan lele Afrika turunan kedua. 

Hasil penelitian tersebut melahirkan varietas baru yang kemudian disebut sebagai Lele Sangkuriang II. Konon lele sangkuriang II dapat tumbuh dan memiliki berat badan hingga 7 Kg serta lebih cepat besar daripada leleng Sangkuriang I. 

Lele Python

jenis ikan lele python
Pernah mendengar ular Python? YUps, jenis ular yang satu ini terkenal karena ukurannya yang lar biasa besar dan tak jarang memangsa manusia. Seperti namanya, Lele Python atau juga sering disebut Paiton merupakan ikan jenis baru yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari jenis ikan lokal maupun dumbo. Ikan lele variater Python adalah hasil persilangan antara ikan lele dumbo dengan ikan lele thailand. 


Proses persilangan ini dilakukan oleh para pembudidaya Lele di daerah Pandeglang Banten yang mengalami banyak kasus kematian lele dikarenakan rendahnya suhu cuaca. Untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa peternak ikan lele kemudian mengadakan uji percobaan dengan menyilangkan indukan Dumbo dan Lele Lokal Thailand. Meski tidak melalui uji riset seperti yang dilakukan BBPBAT pada lele Sangkuriang, ternyata hasil yang didapat bisa dikatakan berhasil. 

Ikan Lele Python kemudian menjadi salah satu ikan favorit yang banyak dibudidayakan oleh para peternak ikan karena memiliki keunggulan diantaranya sebaga berikut :

1. Memiliki tubuh yang lebih besar dari ikan lele dumbo
2. Memiliki FCR dengan index perbandingan 1 :!
3. Kandungan lemak lebih rendah karena ikan lele Python lebih banyak bergerak
4. Lebih tahan cuaca daripada ikan lele jenis lainnya 

Ikan Lele Masamo

Lele Ikan Masamo
Sumber gambar : http://peluangusaha.kontan.co.id



Berbeda dengan Lele Python yang didapatkan dari hasil uji coba tanpa riset. Lele Masamo dihasilkan dari pengumpulan strain atau sifat plasma Nutfah beberapa varietas ikan lele. Misalnya Strain Lele Afrika terkenal dengan keunggulannya yaitu kecepatan pertumbuhan dan ketahanan fisik. Sementara ikan lele Afrika yang sudah mengalami percampuran atau kohaibtasi di Asia telah mengalami proses perubahan suhu sehingga memiliki ketahanan terhadap perubahan suhu. 

Ikan Lele Masamo pertama kali diperkenalkan oleh PT Matahari Sakti Mojokkerto. Ikan super ini memang memiliki kualitas yang sangat baik karena merupakan hasil pencampuran strain unggul lele dari beberapa negara. Dikatakan ada tujuh strain yang dicampurkan dalam varietas ini. 

Karena sifat unggulnya, lele ini didistribusikan secara terbatas oleh PT MS Mojokerto dengan harga yang lebih mahal. Untuk Lele Masamo, harga indukkan bisa mencapai Rp. 100.000 - Rp. 300.000 per ekor. Dengan kata lain, ikan lele Masamo memiliki harga 3-4 kali lebih mahal dari lele dumbo atau sangkuriang.

Ciri - ciri fisik ikan lele Masamo adalah bertumbuh lonjong, patil lebih tajam serta, tubuh lebih panjang serta memiliki bintik - bintik seperti tahi lalat. Diantara beberapa keunggulan lele jenis Masamo adalah :
1. Lebih tahan stress
2. Memiliki ketahanan terhadap cuaca
3. Memiliki tingkat bertelur besar
4. Memiliki tingkat keseragaman tinggi
5. Sifat kanibal yang rendah
6. Pertmbuhan yang lebih cepat
7. Tubuh lebih besar

Ikan Lele Mutiara

Jenis ikan lele mutiara


Dari beberapa jenis ikan lele yang telah saya sebutkan di atas, Lele Mutiara merupakan varietas termuda dari pendahulu - pendahulunya serta memiliki beberapa keunggulan dibanding lele lainnya. Lele mutiara sendiri merupakan hasil perkawinan strain beberapa jenis ikan lele yaitu lele mesir, paiton, sangkuriang dan dumbo. Penggabungan tersebut dilakukan dan diseleksi selama tiga generasi. Lele mutiara dihasilkan oleh BPPI Sukamandi dan kemudian dilepaskan kepada masyarakat sesuai dengan keputusan menteri bernomor No. 77/KEPMEN-KP/2015.

Seperti dikutip melalui situs remsi BPPI Sukamandi, lele Mutiara memiliki beberapa keunggulan diantaranya : 
  • Lele Mutiara memiliki kecepatan  pertumbuhan tinggi mencapai 10% hingga  40% lebih tinggi daripada benih-benih ikan lele jenis lainnya
  • Memiliki masa pemeliharan lebih singkat. Dikatakan bahwa waktu lama pembesaran benih tebar ikan lele mutiara yang ditebar dengan ukuran 5-7 cm atau kuran 7-9 cm dengan padat tebar 100 ekor/m2 memiliki masa pemeliharan berkisar 40-50 hari, sementara ituapabila  pada padat tebar 200-300 ekor/m2 lama masa pemeliharaan berkisar antara 60-80 hari.
  • Keseragaman ukuran tubuh lele mutiara relatif tinggi: 
  • Memiliki FCR = Feed Conversion Ratio ( Rasio Konversi Pakan ) relatif  lebih rendah yaitu : antara 0,6-0,8 pada fase pendederan dan FCR 0,8-1,0 pada fase pembesaran.
  • Memiliki kemampuan daya tahan terhadap berbagai penyakit relatif tinggi:
  • Memiliki toleransi terhdap lingkungan relatif tinggi: 
  • Produktivitas telur lebih  relatif tinggin 20-70% lebih tinggi daripada benih-benih strain lain pada tahap pembesaran. 
Demikian lah penjelasan tentang beberapa jenis ikan lele unggul yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Mengingat tingginya kebutuhan lele dari tahun - ke tahun, tentu tidak salah jika kemudian banyak orang melakukan ternak lele namun jangan sampai terlupakan bahwa kesuksesan dalam peternakan lele salah satunya adalah pemilihan indukan lele. 

Oleh karena itu semoga dengan adanya artikel tentang Jenis - Jenis ika lele di atas dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan sahabat - sahabat bisnis dimanapun berada agar lebih teliti dalam memilih jenis ikan lele yang tepat untuk peternakan ikan anda.

Artikel Terbaik: