PINJAMAN TANPA AGUNAN KUR BRI UNTUK MODAL USAHA

Pinjaman Tanpa Agunan BRI – Usaha mikro, menengah dan tingkat atas merupakan salah satu usaha rakyat yang mampu mengembalikan keseimbangan perekonomian yang ada di Indonesia.  UMKM sendiri sudah menyediakan lapangan kerja sebesar 97,2% di tahun 2017 ini dan total lapangan kerja yang telah menyumbang sekitar 56,6% yang mana merupakan salah satu produk domestik bruto, PDB di tahun 2017 ini. 

Perlu untuk kita ketahui bahwa pelaku UMKM memiliki peranan besar dalam mengdrongkrak pertumbuhan ekonomi di Indonesia seperti halnya nelayan, petani, petambang, peternak, pedagang dan juga penyedia jasa usaha lainnya.

Dalam upaya pengembangkan UMKM tentu saja dibutuhkan dana yang cukup besar, untuk itu pemerintah menyediakan sarana yang bisa digunakan oleh masyarakat meminjam dana di beberapa bank lokal seperti BRI. Dalam penyediakan dana yang sifatnya masih feasible ini yaitu berpotensi untuk berkembang sertta memiliki kemampuan untuk mengembalikan dana tetapi belum bankable (Memenuhi syarat pinjam bank ) dalam mengembangkan usaha mereka.

Dalam perkembangan pinjaman tanpa agunan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat bank BRI sendiri sudah banyak dipercaya dan mengambil porsi lebih besar dalam realisasinya sendiri di Indonesia. BRI juga merealisasikan KUR BRI sebesar Rp. 47 triliun kepada 3 juta Debitur UMKM dari awal Januari 2017 ini. 

Dua tahun terakhir minat masyarakat untuk membuka bisnis UMKM sendiri sangat antusias, terlihat dari target sebelumnya belum mencapai 65% persen dan sudah tercapai di tahun 2017 ini. Bank BRI sendiri menyalurkan KUR dengan nilai lebih 134 Triliun kepada 8 juta debitur baru. Sehingga total dana KUR yang sudah tersalurkan kepada para pelaku UMKM mencapai Rp. 178,9 Triliun dengan total debitur mencapai 12 juta. 

Dilihat dari data diatas tentu anda sudah mengetahui dan memahami dengan baik bahwa pemerintah benar-benar menyediakan dana pinjaman tanpa jaminan yang cukup besar bagi setiap orang yang ingin mengembangkan UMKM dengan catatan kekurangan modal atau biaya pengembangan. Tetapi dalam prosesnya sendiri tentu juga dibutuhkan beberapa persyaratan yang lengkap dan tidak semua pelaku UMKM bisa dengan mudah untuk meminjam dana di bank BRI.  

Yang paling menarik untuk anda ketahui saat ini adalah BANK BRI mengalami penurunan suku bunga tentu memberi kabar gembira pada semua pelaku UMKM Karena tidak terlalu terbebani dengan angsuran per bulannya. Sehingga para pelaku UMKM bisa fokus untuk pengembangan dana mereka dan cepat dalam melunasi pinjamannya. 

Dalam hal ini jika anda mempunyai keinginan untuk melakukan pinjaman tanpa agunan  usaha modal kecil di bank BRI. Beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk minjam, berikut ini kami akan mengulas semua penjelasan tata cara peminjaman KTA di BANK BRI khusus untuk anda yang masih pemula.

Jenis-Jenis KUR Bank BRI / Pinjaman Tanpa Agunan BRI


sumber gambar:  republika.co.id


Dalam pemberian dana sendiri tentu juga ada jenis-jenis KUR yang diberlakukan oleh setiap bank, seperti halnya KUR Mikro, Ritel dan TKI. Informasi pinjaman tanpa agunan lebih lanjut bisa simak penjelasannya dibawah ini.
  1. KUR Mikro

KUR mikro adalah salah satu jenis pinjaman tanpa agunan / KTA yang paling laris dan banyak digunakan oleh pelaku UMKM individual untuk mengembangkan bisnis mereka, peminjaman pinjaman tanpa jaminan ditunjukan kepada individual pelaku bisnis dan layak untuk menerima bankable. Syarat untuk pengajuan pinjaman tanpa agunan KUR Mikro sendiri adalah usaha minimal sudah berjalan setidaknya 6 bulan dan tidak memiliki kredit lain di bank  lain selain bank BRI. Tambahan syarat lain yang perlu di lengkapi oleh pelaku bisnis yang menggunakan KUR Mikro seperti ( KTP, KK, dan surat ijin usaha ).

Untuk nilai dana yang bisa di ambil oleh para keditur maksimal adalah 25 juga dengan beberapa jenis kredit yang bis anda ambil seperti kredit modal kerja ( KMK ) dengan jangka waktu maksimal 3 tahun dan juga Kredit Investasi ( KI ) jangan waktu yang lebih lama yaitu sekitar 5 tahunan. Mengenai suku bunga yang diberlakukan sendiri untuk jenis KUR Mikro adalah sekitar 9% dari total pinjaman yang anda ambil dan per tahun setara dengan 0.41% flat per pebulan. Untuk semua urusan pembiayaan ini gratis tanpa dipungut biaya sama sekali baik oleh provinsi dan administrasinya.

  1. KUR Ritel
Kemudian untuk KUR ritel ini sebenarnya tidak memiliki banyak perbedaan dari jenis KUR mikro. Syarat untuk bisa mengajukan KUR Ritel ini adalah harus memiliki pekerjaan produktif selama 6 bulan yang artinya debitur juga harus memiliki syarat lainnya seperti KTP, Surat Usaha Mikro dan Kecil, IUMK dan surat ijin usaha lainnya. Untuk besar KUR Ritel yang bisa dicairkan dari mikro sendiri bisa mencapai 25 – 500 juta dengan suku bunga efektif 9% per tahunnya. Flat 0.41% per bulan.

  1. KUR TKI
KUR Tki sendiri ditunjukkan kepada individu ( perorangan ) TKI atau calon TKI yang hendak mengajukan pinjaman tanpa agunan untuk modal usaha di bank BRI. Khusus untuk TKI yang bekerja di Singapura, Hongkong, Taiwan, Jepang, Korea Selatan dan juga Malaysia. Untuk besarnya kredit pinjaman yang bisa di ajukan KUR TKI adalah sebesar 25 juta rupiah dengan flat bunga 0.41% per bulan dalam jangka waktu 3 tahunan. Nah untuk KUR TKI ini juga memiliki persyaratan yang jauh lebih lengkap seperti halnya KTP dan KK, Perjanjuan kerja dengan pengguna jasa, passpor, Visa dan perjanjian penempatan.

Prosedur dan Mekanisme Pengajuan  pinjaman tanpa agunan KUR ( Kredit Usaha Rakyat ) di Bank BRI
  1. Pemohon usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM ) wajib untuk membawa dokumen persyaratan sesuai dengan jenis KUR yang di inginkan.
  2. Untuk jenis KUR Ritel sendiri para pemohon wajib untuk membawa agunan sebagai jaminan , sedangkan untuk jenis KUR Mikro dan TKI tidak harus diperkenankan membawa
  3. Kemudian jika debitur sudah memilih jenis KUR dan menyerahkan dokumen sesuai dengan persyaratan, Pihak bank akan melakukan mengevaluasi dan kemudian menganalisa kelayakan Usaha UMKMK sesuai dengan permohonan yang diajukan oleh para debitur.
  4. Setelah bank menganggap layak, maka keputusan pemberian dana KUR sesuai dengan keputusan yang diberikan oleh Bank dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab bank dan debitur
  5. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan antara pihak bank dan juga debitur mengenai surat perjanjian dan dana pembiayaan
  6. Penerima kredit pinjaman tanpa agunan KUR harus melunasi setiap angsuran per bulan sesuai dengan kesepatakan yang sudah di dapatkan dari pihak bank dan sesuai dengan tabel angsuran bulanan.
Kriteria Pemohon atau Calon Debitur Yang Mudah Mendapatkan Persetujuan
  1. Melengkapi dengan agunan jika ada
  2. Tidak memiliki riwayat kredit yang macet di bank lain
  3. Memenuhi persyaratan KUR yang ada
 Selengkapnya tentang pinjaman modal usaha, silahkan baca referensi artikel dengaan mengklik link dibawah ini 


  1. Butuh Modal Usaha? Berikut ini cara dan Langkah Mendapatkan Modal Usaha
  2. Cara Dapat Modal Tanpa Pinjaman Meski Tidak Punya Uang
  3. Contoh Proposal Usaha Bantuan Modal Pemerintah

Nah itulah sedikit informasi lengkap mengenai proses peminjaman modah usaha di Bank BRI tanpa agunan, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda. Terimakasih.