Peluang Usaha Bisnis Rumahan Sampingan Modal Usaha Kecil Menengah | contoh proposal | CV | pinjaman uang online tanpa agunan dan Jaminan

Tabungan rencana mandiri syariah, Ini Keuntungan Istimewanya

Tabungan rencana mandiri syariah, Ini Keuntungan Istimewanya

Tabungan rencana merupakan suatu sistem menyimpan atau menabung yang dianggap lebih efektif dan dipilih oleh sebagian orang untuk keperluan di masa depannya. Banyak perusahaan bank yang menyelenggarakan tabungan ini, tidak terkecuali bank yang cukup populer di Indonesia yaitu bank Mandiri pun menyelenggarakan tabungan rencana mandiri.
tabungan rencana mandiri
Sama seperti tabungan rencana BRI, BNI atau BCA, Tabungan rencana mandiri merupakan salah satu produk yang diselenggarakan oleh bank Mandiri dengan sistem yang mewajibkan setiap nasabah melakukan penyetoran secara rutin dengan jumlah tertentu, tabungan rencana ini termasuk ke dalam jenis tabungan yang berjangka panjang sehingga keuangan di masa depan akan lebih terkontrol dengan baik.

Tabungan rencana mandiri syariah


Seperti yang kita ketahui, bank Mandiri sendiri mempunyai produk tabungan syariah. Tabungan rencana mandiri syariah sendiri tidak jauh berbeda dengan tabungan biasa pada umumnya hanya saja tabungan  ini sedikit lebih mirip ke arah tabungan jenis deposito, dan tabungan ini pun memiliki jangka waktu tertentu.
Walaupun sudah ditentukan berdasarkan jangka waktu tertentu, namun ada saja beberapa nasabah yang memilih mencairkan tabungan tersebut sebelum jatuh tempo dengan alasan yang beragam. Tentu saja hal itu akan menimbulkan beberapa kerugian yang akan didapat, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Terkena penalti atau denda
Kerugian pertama yang akan anda dapatkan adalah terkena penalti tabungan rencana mandiri. Penalti ini biasanya berupa denda berupa adanya pemotongan nilai suku bunga serta pemotongan terhadap nilai pokok suatu tabungan dan adanya biaya administrasi.
Penalti ini dibuat dengan tujuan untuk mengingatkan nasabah mengenai aturan yang sudah dibuat oleh pihak bank dan selaku nasabah harus bisa mematuhi aturan tersebut. Biasanya besarnya denda atau penalti yang ditetapkan suatu bank berbeda-beda, mulai dari 0,5 persen sampai dengan 3 persen.
  1. Penurunan nilai bunga
Resiko atau kerugian kedua yang akan anda dapat adalah, penurunan nilai suku bunga. Jika di awal anda anda diberikan bunga yang besar, namun jika anda mencairkan tabungan sebelum jatuh tempo, hal itu akan mengakitkan nilai bunga menjadi rendah sesuai dengan kebijakan pada bank yang sudah dibuat.
  1. Adanya penghapusan bunga didapat
Resiko yang ketiga adalah, sebagian bank bukan hanya menurunkun nilai bunga tetapi ada juga yang langsung menghapus atau mencabut bunga dari tabungan yang anda cairkan sebelum jatuh tempo. Hal ini biasa disampaikan lebih awal oleh pihak bank pada saat anda akan membuka tabungan ini pertama kalinya


.

Keuntungan tabungan mandiri syariah


Kerugian tersebut tidak akan anda dapatkan ketika anda mematuhi aturan dari pihak bank yang sudah diberlakukan. Jika anda mematuhi peraturan tersebut, beberapa keuntungan akan lebih banyak anda rasakan dibandingan kerugian yang tadi.
Jika anda memilih produk tabungan mandiri syariah, ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan secara langsung maupun nanti kedepannya. Keuntungan itu diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Setoran awal rendah dan bebas biaya administrasi
Pada saat anda pertama kali akan membuka tabungan rencana mandi ini biasanya akan dimintai untuk membayar setoran awal. Untuk setoran awal di tabungan rencana mandiri ini mempunyai jumlah yang cukup rendah, yaitu hanya Rp.100.000 saja.
Jika di sebagian bank ada yang menetapkan biaya administrasi, lain halnya dengan bank mandir, di bank mandiri tidak akan dimintai biaya administrasi atau bebas biaya administrasi pada saat pertama kali anda membuka tabungan rencana ini. Biaya administrasi hanya akan dikenakan bagi anda yang mencairkan tabungan rencana ini sebelum jatuh tempo
  1. Mendapat asuransi secara otomatis
Keuntungan kedua yang akan anda dapatkan dari menabung di tabungan rencana mandiri ini adalah, anda akan mendapatkan asuransi dari pihak bank. Beberapa sumber menyebutkan besarnya asuransi ini pada umumnya berada di kisaran 5 jutaan untuk setiap bulannya.
Hal ini menjadi keuntungan yang besar bagi anda, selain nilainya yang cukup besar, anda juga tidak akan melewati pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu untuk mendapatkan asuransi. Asuransi ini secara otomatis akan anda dapatkan ketika anda membuka tabungan rencana mandiri.
  1. Suku bunga yang kompetitif sampai dengan 20 tahun
Untuk masalah bagi hasil atau bunga, bank mandiri sendiri menetapkan bunga sebesar 0.9 persen untuk kurun waktu 1 tahun sampai 20 tahun. Ada kemungkinan juga nilai suku bunga akan naik dalam kurun waktu tertentu. Namun bisa juga suku bunga menjadi rendah atau dihapuskan ketika anda terkena denda atau penalti dari pihak bank mandiri.
  1. Setoran bulanan bisa diubah
Setoran bulanan untuk tabungan rencana di bank mandiri yaitu minimal Rp.100.000. Setoran bulanan itu bisa diubah asalkan di atas Rp.100.000 ke atas untuk setiap bulannya. Jadi anda bebas menentukkan berapa setoran anda untuk setiap bulannya.
Dari setiap keuntungan tadi, secara tidak langsung anda akan mendapatkan beragam manfaat yang akan anda rasakannya ke depannya, mulai dari perencanaan keuangan yang sudah terkontrol dengan baik untuk masa yang akan datang, mendapatkan perlindungan asuransi jiwa dan mendapatkan jaminan target dana yang dicapai nantinya.

Tabungan rencana mandiri online


Para era teknologi seperti sekarang ini, hampir setiap kebutuhan masyarakat disediakan secara online dan mobile, termasuk tabungan rencana mandiri yang tersedia dalam versi mobile online di internet banking.
Fitur untuk tabungan rencana mandiri versi online mobile ini juga sangat beragam. Selain itu, para nasabah memiliki kemudahan pada saat melakukan transaksi keuangan, tidak perlu repot datang ke bank anda tinggal mengaksesnya darimana pun dari tempat anda berada dengan bantuan smartphone. Beberapa fitur itu diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Cek saldo
Jika anda sudah mempunyai layanan internet banking pada smartphone anda, maka anda akan dengan mudah mengetahui saldo tabungan yang anda miliki dengan fasilitas yang diberikan oleh pihak bank mandiri.
Cara cek saldo tabungan rencana mandiri ini adalah anda harus login terlebih dahulu di halaman internet banking. Kemudian ankan muncul beberapa pilihan menu, lalu pilih bagian menu Informasi Rekening dan pilih Mandiri Tabungan Rencana. Kemudian informasi mengenai rekening termasuk saldo anda akan ditampilkan secara rinci.
  1. Mencetak informasi rekening
Selain anda bisa mengetahui mengenai informasi rekening dan saldo anda, ada juga pilihan Cetak dan Simpan pada halaman informasi  rekening anda. Anda tidak perlu repot-repot mencetak ke bank mandiri, anda tinggal mencetaknya sendiri dengan mudah.
  1. Transaksi lain
Fitur lain yang ditawarkan dari internet banking bank mandiri ini diantaranya adalah anda bisa melakukan transaksi lain dengan bank lain atau sesama bank mandiri, seperti transfer saldo ke sesama bank mandiri atau ke bank lain yang biasanya akan dimintai biaya administrasi.
Perencanaan dan persiapan masa depan yang sukses, diawali dari persiapan hal-hal kecil (seperti menabung) pada setiap individunya. Mulailah membuka tabungan rencana mandiri untuk persiapan perencanaan keuangan di masa yang akan datang.

Artikel PELUANG USAHA RUMAHAN Lainnya :

Copyright © 2018 PELUANG USAHA RUMAHAN |Daftar Isi |Tentang Kami |Hubungi Kami |Klaim dan Sangkalan |Pedoman Privasi |