Peluang Usaha Kecil Menengah Online dan Offline Modal Kecil Terbaik 2017-2018

Usaha Kecil Menengah  atau yang sering kita kenal dengan UKM merupakan jenis peluang usaha yang memiliki skala usaha kecil dengan jumlah kekayaan bersih maksimal Rp. 200.000.000.  Dalam Kepress No. 99 Thn 1998 dijelaskan bahwa yang termasuk usaha kecil adalah :  “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”

Adapun kekayaan yang telah disebutkan tadi sebesar maksimal Rp. 200.000.000 merupakan usaha yang berdiri sendiri tanpa dihitung kekayan tanah dan bangunan yang dijadikan tempat usaha.
Menurut Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga yang kini menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UKM menjelaskan bahwa di tahun 2017, usaha kecil menengah di berbagai sektor pada tahun 2017 telah mengalami peningkatan sebesar 3,1 persen. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan pada tahun 2014/2014 yang berada di kisaran 1,67%.

Peningkatan jumlah usaha kecil menengah tersebut diharapkan dapat membantu perekonomian bangsa dan kedepan, minat masyarakat untuk memanfaatkan peluang usaha yang ada akan terus meningkat karena ratio wirausaha di Indonesia masih kalah jauh di bandingkan dengan negara tetangga.
Malaysia tetangga negara kita memiliki ratio 5%, Singapore sebesar 7%, China 10% dan Jepang lebih tinggi yaitu 11%. ( dekpop.go.id ). Kendati sudah melewati angka 2% yang mena merupakan angka minimal rasio wirausaha bagi negara berkembang, Menteri Koperasi menargetkan rasio wirausaha akan meningkat di sektor peluang usaha kecil menengah yaitu mencapai 4%.

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin membuka usaha kecil baik usaha online atau usaha offline, anda bisa menggandeng pemerintah untuk membantu anda dalam mendirikan serta mengembangkan peluang usaha modal kecil anda.

Contoh Peluang usaha Modal Kecil Bidang Online


- Peluang usaha Online

Peluang bisnis online dari tahun ke tahun semakin mengkilap dengan variablenya yang kian beragam. berikut ini contoh usaha kecil menengah di bidang online yang dapat anda pilih sesuai keahlian anda :
  1. Content Writer
    Blog atau website yang mengandalkan konten artikel sebagai sumber trafik biasanya membutuhkan content writer. Content Writer adalah usaha jasa online yang menyediakan artikel - artikel untuk suatu blog atau website. Jasa penulis konten memiliki pangsa pasar yang cukup luas dengan berbagai tema dan bahasa sesuai yang diminta oleh pembeli. Anda bisa mencoba menjadi penulis konten lalu menjual artikel anda melalui group - group facebook yang bertemakan blogger atau dapat juga menjualnya di forum adsense seperti Ads.id.

    Tarif untuk setiap artikel berbeda - beda tergantung jumlah kata dalam satu artikel. Berikut ini adalah contoh ongkos per artikel yang saya ambil dari penuliscontent.com
usaha jasa penulis konten
Harga untuk masing - masing penjual berbeda - beda. Semakin kredibel penjual harga akan semakin mahal. Untuk pemula biasanya menggunakan patokan :
500 kata = Rp. 12.000
800 kata = Rp. 15.000
900 kata = Rp. 18.000
1000 kata = Rp. 20.000
Tips Sukses menjadi Content Writer :
1. Batasi jatah pembuatan artikel anda perhari. Jangan memaksa diri untuk menulis lebih dari 10 artikel per hari atau sesuaikan dengan kemampuan dan ketersediaan waktu anda.
2. Tepat Waktu. Pembeli akan rela berlangganan kepada anda jika anda bisa tepat waktu sesuai dengan headline yang ditentukan.
3. Pahami On Page SEO. On Page SEO adalah teknik optimasi Search Engine melalui komposisi artikel. perhatikan sebaran kata kunci, jumlah kata kunci dalam satu artikel dan pencarian kata kunci yang tepat. Pembeli konten akan lebih memilih penulis konten yang paham dengan onpage SEO.
4. Readable. Meski SEO penting, konten tetaplah raja. Pengamana pembaca menjadi acuan penting agar konten anda laris manis. Tulisan mengalir dan ramah bagi pembaca akan membuat tulisan anda lebih laris.

  • Bisnis Online Publisher Blogger

Peluang Bisnis Online Publisher
Blogger adalah profesi di ranah bisnis online yang sudah tidak asing lagi bagi kalangan internet marketing. Blogger atau publisher konten sangat kompetitif sekarang. Dengan banyaknya peminat dan ketatnya algoritma google membuat profesi blogger semakin ketat. Namun, dengan peluang yang masih terbuka lebar membuat bisnis blogger tetap menjanjikan asalkan fokus dan pantang menyerah.

Menjadi blogger bukan hanya meraup keuntungan dengan memasang iklan Adsense atau iklan mandiri. Menjadi blogger adalah tentang bagaimana memberi informasi yang baik dan bermanfaat bagi pembaca. Dari informasi yang bermanfaat tersebut, diharapkan akan menarik banyak pengunjung. Setelah itu, baru kemudian di jadikan sumber uang dengan berbagai cara.

Ada beberapa cara untuk menjadikan blog anda sumber uang di antaranya :
- PPC
PPC atau pay per click merupakan jenis monetize blog dengan iklan yang mana anda akan dibayar sesuai dengan jumlah klik iklan oleh pengunjung anda. Penyedia layanan PPC yang paling diminati karena memiliki bayaran terbesar adalah Google Adsense.
- PTR
Paid To Review hampir sama dengan PPC. Bedanya, anda akan dibayar bukan dari seberapa banyak iklan yang diklik namun bergantung pada jumlah tayangan iklan. Penyedia PTR indonesia salah satunya adalah reviewmu.com.
- PTC
PTC atau Paid To Click adalah program yang hampir mirip dengan PPC namun sedikit berbeda karena anda harus mengklik iklan sendiri. Bayaran anda di dapat dari jumlah iklan yang anda klik.
- CPA
Selain dariapda PPC, PTR atau PTC, CPA dapat menjadi salah satu alternatif bagi anda yang memiliki blog yang berisi review produk. CPA berarti Cost per Action, anda akan dibayar dari Action atau tindakan yang dilakukan oleh pembeli. Diantara beberapa action tersebut adalah mengiri form, membeli produk, menginstal aplikasi atau memasukkan kartu kredit. Action tersebut nantinya akan di konversi atau lead.
- Affiliate Marketing
Jenis bisnis ini sangat cocok bagi blog review produk. Anda bisa mendaftar pada penyedia affiliate marketing untuk nantinya anda akan mendapatkan link affiliate. Tugas anda adalah mempromosikan produk serta mencamtumkan link affliate tersebut agar pengunjung membeli produk melalui link affliate anda.
  • Peluang Bisnis Online Youtuber
    mendapatkan uang dari Youtube
Menurut saya pribadi, peluang bisnis online yang paling mudah dan cepat adalah menjadi Youtuber. Mengapa demikian? Youtuber tidak akan pusing dengan content writer dan SEO. Menjadi Youtuber yang terpenting adalah bagaimana membuat video yang layak dilihat dan orisinil. Bahkan banyak para pemain youtuber yang reupload dari video lain.

YT crash adalah contoh dari pemain youtube yang sangat sukses. Dia membuat video informasi dengan meremix beberapa video menjadi satu video yang informatif. Tak hanya soal uang, menjadi Youtuber bisa membuatmu cepat terkenal seperti artis. Raditya Dika dan Justin Bieber adalah dua artis yang terkenal melalui dunia online. Raditya Dika terkenal melalui Blog Kambing jantannya, sementara Justin bieber melejit berkat video saat ngamen yang diunggah melalui Youtube.

Baca : Peluang Usaha Bisnis Rumahan Youtube Dan Panduan Terlengkap
  • Dropship dan Toko Online
bagi para internet marketers, Doprship adalah cara mudah untuk mendapatkan uang dari internet. Dengan menggunakan metode dropship, anda tidak perlu lagi memikirkan bagaimana membungkus dan mengirim paket kepada buyer. Kenapa? Dropship bertugas memasarkan produk tanpa harus pusing memikirkan produksi maupun distribusi. Tugasnya hampir mirip dengan makelar. 

Berikut ini akan saya jelaskan mengenai sistem dropship. 


Sistem Dropship

image source : http://www.gogodropship.com/how.php


Coba perhatikan bagan di atas. Dalam sistem dropship, anda harus memiliki suplier yang terpercaya. Langkah awal pertama untuk mendapatkan kesuksesan di sistem dropship adalah pemilihan suplier. Hal ini dikarenakan performa toko atau jualan anda 90% ditentukan oleh kinerja dropship khususnya pengiriman barang dan kualitas barang.

Kesalahan pertama dropshiper adalah tidak teliti dalam memlilih suplier. Sebagai dropshiper anda bisa jadi tidak pernah melihat secara langsung produk yang anda jual. Itulah salah satu kekurangan bisnis online dropshiper yaitu anda tidak memiliki quality control terhadap produk anda. Oleh karenanya, anda harus berhati - hati dalam memilih suplier produk agar anda tidak sering kena complaint dari para pelanggan anda.

Sistem dropship dapat dijelaskan melalui beberapa langkah di bawah ini, silahkan perhatikan gambar bagan di atas.
1. Pembeli membeli produk kepada anda. Bisa jadi pembeli menanyakan stok produk. Sebelum anda menjawab, anda tanyakan terlebih dahulu kepada suplier anda apakah produk yang diinginkan oleh pembeli masih ada atau tidak.
2. Jika stok masih ada, pembeli yang sudah mantap untuk membeli akan mengirim sejumlah uang kepada anda. Istilah dalam internet marketer disebut Closing.
3. Anda kemudian memberi tahu suplier untuk mengirimkan produk ke alamat pembeli tadi tentu saja dengan mengirimkan uang terlebih dahulu kepada suplier anda.
4. Apabila produk sudah dikirim, jangan lupa minta resi pengiriman dan kirimkan kepada pembeli. Hal tersebut berguna agar pembeli tidak ragu karena produk sudah dikirimkan.
5. Jangan lupa ketika produk sudah sampai. Minta testimoni untuk anda jadikan senjata agar toko atau alat jualan anda semakin ampuh. 
So, cara mendapatkan uang melalui internet dengan cara dropship sebenarnya merupakan peluang usaha online yang sangat mudah dan tentu saja tidak memerlukan modal besar. Pada sistem bisnis online ini, anda perlu mental dan kemahiran dalam memasarkan produk. Copywriting juga sangat penting bagi anda agar pembeli bisa tertarik dengan hanya membaca tulisan anda.

Lengkapnya silahkan lihat : Panduan Bisnis Dropship

  • TOKO ONLINE
    Peluang usaha Online Olshop
    Toko online atau sering kita kenal dengan Online Shop ( OLSHOP ) adalah salah satu peluang usaha kecil yang masih cerah dan potensial kendati kini muncul maketplace yang menawarkan beragam kelebihan seperti rekening bersama dan ongkos kirim gratis. 

    Salah satu alasan mengapa online shop begitu gurih adalah murah dan tanpa modal besar. Jika anda tidak memiliki modal besar dan bahkan tidak memiliki produk, anda bisa menggunakan sistem dropship yang telah saya jelaskan di atas. Produk yang anda jual bisa anda ambil dari maketplace seperti Tokopedia, Bukalapak atau Shopee. Bedanya dengan jualan di marketplace dibanding toko online terletak pada sistem pembayaran. 

    Pada toko online, pembeli akan mentransfer uang langsung ke rekening anda dan uang tersebut dapat kita gunakan untuk modal membeli produk dari suplier. Sementara marketplace seperti bukalapak dan shopee, menggunakan sistem rekening bersama sehingga ketika pembeli menginginkan produk kita, mereka tidak akan mengirimkan uang ke rekening kita, melainkan melalui rekening bersama yang telah disediakan oleh pihak marketplace. Oleh karena itu, untuk berjualan di marketplace, anda tetap harus memiliki modal yang cukup terutama pertama kali anda jualan untuk membeli produk dari suplier. 

    Fungsi toko online sendiri sebenarnya bukan saja sebagai tempat menjual produk secara online. Ketika anda berjualan melalui media sosial, anda bisa menjadikan toko online anda sebagai alat untuk meyakinkan pembeli. Mengapa? pembeli akan lebih percaya kepada penjual yang terlihat profesional. Mereka yang memiliki toko online akan terlihat lebih profesional daripada mereka yang hanya mengandalkan jualan via medsos namun tak mempunya olshop. 

  • Jualan di Marketplace
    Jualan Tokopedia, Bukalapak dan Shopee
    Image Source : Vimeo.com


    Pada bahasan mengenai toko online sudah sedikit saya singgung masalah marketplace. Marketplace adalah tempat jual beli online yang mempertemukan penjual dan pembeli secara online. Seperti namanya, marketplace adalah pasar, karenanya salah satu keuntungan dari marketplace adalah sudah ada pembeli yang siap membeli produk - produk tertentu termasuk produk yang kita jual. Tiga marketplace yang paling terkenal dewasa ini adalah Bukalapak, Tokopedia dan Shopee.

    Ketiganya terus menawarkan promo - promo keren seperti ongkos kirim gratis dan diskon untuk pembelian dengan akumulasi tertentu. Namun demikian, meski memiliki keuntungan dari sisi pembeli yang sudah ada, kelemahannya anda harus siap bersaing dengan penjual lainnya. Ya, berbeda dengan toko online yang berfokus pada satu penjual, pembeli dapat memilih produk yang sama dari banyak toko yang berbeda. So, anda harus menjaga performa toko anda sebaik mungkin jika anda tidak ingin kehilangan pelanggan anda. 

    Lagi - lagi anda bisa mengandalkan sistem dropship pada saat anda berjualan di Marketplace sementara anda tidak memiliki produk sendiri. Beberapa kawan saya yang telah sukses mengaku sudah berpenghasilan hingga Rp. 15 juta rupiah hanya dengan berjualan dari Shopee, tokopedia dan Bukalapak. Bagaimana caranya? Akan saya bahas lain kali hehe. |

  • Jasa Desain Web
    Perkembangan internet luar biasa pesat. Tak hanya dijadikan sebagai sumber pengeruk rupiah, internet sudah merangsek masuk pada sistem informasi di semua bidang. Dinas - dinas pemerintah, sekolah maupun institusi swasta maupun negeri kini sudah mulai sadar pentingnya Internet sebagai sarana membagikan informasi. Sayangnya, tidak semua paham mengenai permasalahan web terutama desain web yang seringkali harus bergelut dengan coding. 

    Membuka jasa desain web adalah salah satu peluang usaha kecil online yang berusaha memenuhi kebutuhan tersebut. Anda bisa menjual produk berupa jasa desain website bahkan akan lebih baik lagi jika disertai dengan jasa SEO dan SMO. SEO ( Search Engine Optimation ) merupakan ilmu yang mempelajari cara menaklukan mesin pencari google. bagaimana web atau artikel milik kita bisa tampil di halaman pertama di pencarian google adalah fokus dari SEO. Sementara SMO ( Social Media Optimation ) lebih berfokus bagaimana memasarkan atau memperkenalkan produk melalui social media.

    Bagi anda yang hobi coding, menjadi seorang penjual jasa desain web adalah salah satu profesi yang sangat tepat. Baik itu sebagai usaha kecil utama ataupun sebagai usaha sampingan. Tarifnya juga lumayan, untuk satu web bisa mencapai 1,5 juta.
  • Trading
    Terlepas dari halal atau tidaknya bisnis trading. Peluang usaha yang satu ini masih menjadi primadona para pemain online yang ingin uang dengan mudah tanpa ribet. Permainan kurs dan rate menjadi pokok bahasan yang harus dipahami. Bisa dibilang, trading adalah seni untuk membaca situasi di masa depan.

    Jika sebagian yang nyinyir pada bisnis ini menganggap bahwa bisnis online yang satu ini hanya mengandalkan keberuntungan. Ya, tak heran jika kemudian mereka menganggap bahwa bisnis online trading forex baik valuta asing atau yang kini sedang marak adalah bitcoin adalah judi online. Namun, bagi mereka yang sudah menggeluti trading, ada ilmu tersendiri yang berlaku pada perubahan nilai kurs atau nilai mata uang. Bahkan, mereka kemudian mengadakan pelatihan online untuk siapa saja yang ingin belajar mengenai bisnis ini.

    Bisnis trading secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut :
    1. Membeli mata uang asing ketika rate tertentu
    2. Menjualnya saat rate lebih besar dari saat pembelian.
    3. Selisih rate tersebut nantinya dikalikan jumlah mata uang yang kita beli.
    4. Selisih tersebut adalah keuntungan usaha online trading.

    Resiko menjadi kawan sejati para trader. No Risk No Gain. Pengendalian nafsu menjadi salah satu kunci dalam mencapai kesuksesan trading. Semakin besar resiko semakin besar keuntungan. Anda harus tahu kapan anda buy dan kapan anda harus sell.
  • Upload Foto di Bayar?Punya hobi fotografi? Tahukah anda bahwa dengan mengupload foto hasil jepretan anda, anda bisa menghasilkan uang banyak? Yups, dreamstime.com menawarkan peluang usaha online dengan cara mengunggah foto HD ke situs mereka. Khusus untuk dremstime.com, anda akan dibayar sesuai dengan tarif berlangganan download foto atau vektor atau menggunakan pay per download.

    Pembagian royalti berkisar 24-50% dan akan bertambah setelah mencapai level yang lebih tinggi. Selain itu, masih terdapat bonus untuk anggota exlusive yaitu 0,2$ untuk gambar yang disetujui. Berikut ini adalah sistem pembayaran dreamstime

    Bisnis Online Jualan Online https://www.dreamstime.com/sell-stock-photos-images[/caption]

    Selain dreamstime, ada banyak marketplace foto dan video yang menawarkan keuntungan serupa seperti Videoblocks, Pixabay dan sejenisnya. Bagi anda yang memiliki kemampuan bidang desain grafis dan Video, tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan di bisnis online yang satu ini.
  • Jualan Template di Themforest
    Themeforest sudah sangat dikenal sebagai hutannya template ( themeforest ). Di situs ini, anda akan menjumpai banyak template website baik blogger maupun wordpress cms. Khusus bagi anda yang memiliki kemampuan dalam membuat theme website. Berjualan theme di theme forest adalah keputusan yang sangat baik untuk mendapatkan pasive income.

    Themeforest mengumpulkan berbagai template dari berbagai negara dengan persyaratan tertentu. Themeforest tidak akan dengan mudah meloloskan theme yang dijual di situs mereka. Theme yang lolos untuk di publikasikan harus profesional dan tentunya sesuai keinginan pengguna. Namun, jika template yang anda jual lolos kualifikasi dan kemudian dipublish di themforest. Peluang mendapatkan ribuan dollar akan terbuka lebar.

    Salah satu kelebihan berjualan template di themeforest adalah targeting. Ya, mereka yang mengunjungi themeforest sudah barang tentu mencari sebuah template sehingga pengunjung adalah mereka yang sudah siap merogoh dompet untuk membeli template.
  • Freelance Online
    Freelance adalah sebutan untuk kegiatan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tanpa ikatan kerja. Freelance biasanya terkait kebutuhan tertentu yang ada pada saat dibutuhkan. Sebuah perusahaan misalnya membutuhkan desain web yang ciamik untuk branding perusahaan. Maka, ia bisa mencari freelancer di situs - situs penyedia pekerja freelance seperti sribulancer, p-store, atau kaskus.co.id. 

    Bagi anda yang memiliki kemampuan tertentu, tidak ada salahnya untuk mendaftar di situs - situs freelance. Sribulancer dan Fiver bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjual jasa anda. Anda akan dibayar sesuai dengan proyek yang anda selesaikan. 

    Jika anda tertarik, segera mendaftar dan siapkan curriculum vitae yang baik agar pengunjung yang membutuhkan jasa yang anda sediakan tidak berfikir dua kali untuk menggunakan jasa anda. 

    Selain jenis - jenis bisnis online yang saya jelaskan di atas, masih ada banyak peluang usaha online yang ada di internet. Namun, mencari uang di internet itu susah - susah gampang. Kuncinya adalah fokus dan terus belajar. Anda tidak akan berhasil jika anda tidak fokus. Fokus disini berarti anda bisa mengerahkan waktu sesuai kemampuan pada bidang bisnis online yang anda geluti. Jika anda selalu tergoda untuk pindah bisnis online karena embel - embel bisnis online tanpa modal, maka anda akan sibuk mencoba hal baru namun gampang menyerah ketika menemui kesulitan. 

    Akan saya list beberapa peluang usaha online yang mudah diantaranya :
    1. Jasa buat video Youtube
    2. Jualan akun Gmail, FB, twitter
    3. Jualan saldo Paypal
    4. Jualan hosting dan Domain
    5. Jualan jasa like dan subscribe youtube
    6. Jualan akun trial software atau tool berbayar
    7. Jualan VCC untuk paypal
    8. Jasa review produk
    9. Survei online
    10. Penulis UC News 
    11. dan masih banyak lagi
Setelah membahas tentang contoh peluang bisnis online, maka selanjutnya akan saya paparkan beberapa jenis usaha kecil menengah yang dapat anda jadikan alternatif bisnis kecil anda. 

Peluang Usaha kecil Menengah Non Online

  • Usaha Kecil Pariwisata
    Pernah berfikir menjadikan tempat disekitar anda sebagai loka wisata. Saya yakin sangat jarang orang - orang berfikir tentang lokawisata khususnya mereka yang tinggal jauh dengan obyek wisata. Di Magelang, geliat wisata di kota yang terkenal karena candi borobudurnya bisa menyulap pekarangan tak terpakai sebagai tempat wisata yang indah atau warung makan eksotis. 

    Di beberapa desa bahkan dirubah menjadi desa wisata dengan bangunan - bangunan indah seperti gereja Ayam di Gombong, kecamatan Borobudur. Ada pula Bukit kembar gunung payung yang disulap menjadi area wisata oleh karangtaruna setempat dan Desa Mangli areal pesawahan di lereng Sumbing yang menjadi loka wisata alam dengan panorama alam pegununungan yang indah. 

    peluang usaha wisata masih sangat jarang di lirik padahal peluangnya semakin besar seiring dengan kebiasaan masyaakat yang hobi mengunggah gambar selfie. Anda bisa merubah pekarangan yang dekat dengan pesawahan menjadi warung makan dengan pemancingan yang menawarkan romantisme pedesaan. Anda dapat pula membuat wisata desa dengan menampilkan adat kebiasaan desa setempat kepada pengunjung. 

    Bisnis wisata adalah bisnis sekali modal. Anda modal pertama kali, kelanjutannya anda tinggal mendapatkan uang dari tiket dan penjualan poduk yang bisa anda jajakan di tempat wisata anda. 


  • Kursus Bahasa
    Minat masyarakat untuk bekerja di luar negeri semakin besar. Animo masyarakat yang ingin mendapatkan uang dari beberapa negara dari tahun ke tahun semakin besar khususnya negara negara maju seperti Jepang dan Korea. Gaji yang ditawarkan sangat fantastis berkisar 15 juta hingga 80 juta tergantung dari jenis pekerjaannya. 

    Untuk bisa berangkat ke negara - negara tersebut. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah penguasaan bahasa. Oleh karenanya, LPK - LPK bahasa yang di khususkan untuk membantu masyarakat  melewati ujian bahasa yang masuk pada kriteria lolos kerja di Jepang mulai menjamur. 

    Jika anda memiliki kemampuan bahasa seperti Jepang dan Korea, membuka LPK Bahasa disertai bimbingan ujian kerja ke negara tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat untuk asal usaha kecil menengah anda. 

  • Membuka usaha kuliner kreatif
    Usaha kuliner seperti membuka warung makan saya kira sudah bukan barang baru. Namun, jika anda bisa mengemasnya menjadi bisnis kreatif seperti misalnya warung makan ikan bakar dimana pembeli dapat langsung memancing ikan dari kolam adalah salah satu strategi pemasaran yang baik. 

    Anda bisa menyediakan satu kolam ikan dengan berbagai spesies yang bisa anda pisahkan dengan tarif memasak anda. Anda bukan hanya menawarkan rasa dan kenyang, sensasi memancing dapat menjadi nilai plus dari usaha kuliner anda. 

  • Usaha Kecil Pertamini
    Teknologi terbukti tidak hanya membantu pelaku usaha kelas kakap, kini hadirnya pertamini telah membuka kesempatan bagi para pelaku usaha kecil menengah untuk membuka peluang usaha berjualan bahan bakar kendaraan bermotor. 

    Di berbagai kota Pertamini sudah mulai tidak asing dilihat. Dengan modal Rp. 15 juta - 25 juta, anda bisa membuka usaha kecil pertamini. 

    Jika anda berminat membuka bisnis kecil kecilan ini, perhatikan lokasi tempat Pertamini berada. Jangan terlalu dekat dengan SPBU besar karena masyarakat condong akan memilih SPBU yang terdekat jika dibandingkan dengan Pertamini sebab tentu saja selisih harga yang ditawarkan masih menjadi pertimbangan bagi masyarakat kelas bawah dan menengah. 


Selain dari jenis usaha kecil kecilan di atas, masih terdapat banyak usaha kecil menengah yang dapat anda jadikan pilihan peluang usaha yang tepat untuk anda. Selengkapnya dapat anda lihat di dalam artikel di bawah ini :


Selain itu, jangan lupa untuk membaca trik dan tips dalam memilih peluang usaha yang cocok untuk bisnis anda baik itu bisnis online maupun bisnis ofline. Jangan sampai anda gagal berbisnis hanya karena anda salah memilih bisnis yang tidak sesuai dengan Passion dan Kemampuan anda. 

Silahkan baca artikel saya yang berjudul : Panduan memilih Bisnis

Akhirnya, tidak ada kesuksesan dalam berwirausaha mandiri kecuali dengan fokus. rahasia bisnis apapun selalu saja bermuara pada Fokus, Integritas dan Totalitas serta mentalitas yang baik dan kuat. Semoga pemaparan saya yang panjang dapat anda manfaatkan sebagai rujukan untuk memulai peluang bisnis anda. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel