BNI Tabunganku, Solusi Menyimpan Uang Murah dan Aman



Tabunganku adalah program pemerintah yang merangkul lembaga perbankan dan beberapa bank nasional untuk membina masyarakat agar gemar menabung. Wakil Presiden Yusuf Kalla pernah menyampaikan bahwa index minat menabung masyarakat masih rendah, karenannya pemerintah melalui instansi terkati membuat produk tabunganku. Beberapa bank yang telah bekerjasama adalah BNI, BRI,BCA dan beberapa bank lainnya. 
Setiap bank tentunya selalu berlomba-lomba mengeluarkan berbagai jenis produk perbankan yang masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Produk Tabunganku BNI adalah salah satu produk unggulan yang digadang - gadang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menabung di bank.

BNI Tabunganku
Tabunganku BNI
Jika Anda sedang mencari tabungan bank tanpa biaya administrasi bulanan, maka Anda bisa memilih salah satu produk yang dikeluarkan oleh Bank BNI yaitu Tabunganku. BNI Tabunganku adalah produk simpanan dari BNI yang ditujukan untuk perorangan, dimana merupakan program pemerintah untuk menumbuhkan budaya menabung dan juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya hidup hemat.


BNI Tabunganku


Program Tabunganku mulanya dicanangkan oleh pemerintah untuk menarik masyarakat agar gemar menabung dan meningkatkan kemakmuran masyarakat. Secara resmi Tabunganku diluncurkan oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono ketika masih menjabat sebagai Presiden RI pada tanggal 20 Februari  2011. Program Tabunganku ini diselenggarakan bersama oleh hampir seluruh bank yang ada di Indonesia.

Selain BNI, bank yang menyediakan program Tabunganku diantaranya yaitu Bank Mandiri, BRI, BCA, Bank Danamon, BTN, Bank Mega, CIMB Niaga, Panin Bank, Bank Permata, BII, BPD, dan lainnya. Tiap bank yang meluncurkan produk Tabunganku memiliki fitur standar (mandatory) dan fitur customized (optional).

1.      Fitur Standard (mandatory), yaitu fitur produk yang secara seragam diterapkan oleh semua bank yang mengeluarkan produk Tabunganku. Fitur standar tersebut antara lain:
·        Tabungan bebas biaya admin tiap bulannya.
·        Pada saat pembukaan rekening, saldo minimum setoran awal sebesar Rp 20.000,- untuk Bank Umum dan sebesar Rp 10.000,-  untuk BPR/Syariah.
·        Minimum setoran tunai bagi Bank Umum sebesar Rp 10.000,- sedangkan bagi BPR/Syariah tidak ada jumlah minimumnya.
·        Saldo minimum di dalam rekening sebesar Rp 20.000,- (Bank Umum) dan Rp 10.000,- (BPR/Syariah).
·        Jika selama enam bulan berturut-turut tidak melakukan transaksi apapun maka akan dikenakan biaya Rp 2.000,-/bulan (Bank Umum) dan Rp 1.000,/bulan (BPR/Syariah).
·        Transaksi penarikan di teller minimal berjumlah Rp 100.000,-(Bank Umum) dan Rp 50.000,- (BPR/Syariah).
·        Untuk penutupan rekening dikenakan biaya sebesar Rp 20.000,- (Bank Umum) dan Rp 5.000,- (BPR/Syariah).
·        Bunga/Bonus Wadiah yang diterima Nasabah dihitung berdasarkan saldo harian dan sifatnya tidak progresif serta akan dibayarkan sesuai dengan periode pembayaran tiap bank.

2.      Fitur Customized (optional), yaitu fitur pilihan yang bisa diterapkan oleh masing-masing bank yang menyediakan produk Tabunganku. Bank dapat memberikan tambahan fitur produk Tabunganku lainnya seperti buku tabungan, kartu ATM, lembar statement atau layanan jasa perbankan lainnya, selama hal itu tidak melanggar kesepakatan.

Informasi BNI Tabunganku

Ada dua jenis produk Tabunganku yang diluncurkan oleh BNI yaitu Tabunganku Konvensional dan Syariah. Namun kali ini yang akan dibahas adalah BNI Tabunganku Konvensional. Simak informasinya berikut ini:

1.      Persyaratan membuka rekening BNI Tabunganku

BNI Tabunganku ditujukan bagi masyarakat umum yang tujuannya hanya sebagai simpanan bukan untuk keperluan bisnis sehingga persyaratannya pun cukup mudah dan ringan. Syaratnya yaitu membawa KTP elektronik (E-KTP) dan menyetor uang tunai sebesar Rp 20.000,- sebagai setoran awal, serta mengisi formulir permohonan pembukaan rekening. Fasilitas yang bisa didapat oleh nasabah yaitu buku Tabunganku. Dengan hanya melengkapi persyaratan tersebut, Anda sudah bisa menabung secara aman di BNI.

2.      Biaya Pembukaan Rekening

·        Nasabah tidak dikenakan biaya administrasi bank BNI tiap bulannya dan juga tidak dikenakan biaya penggantian buku tabungan.
·        Pada saat pembukaan rekening, nasabah hanya perlu menyediakan materai seharga Rp 6.000,- saja.

3.      Kelebihan BNI Tabunganku

Fitur unggulan produk BNI Tabunganku yang menjadi keistimewan produk ini dibandingkan dengan produk BNI Taplus antara lain:
·        Persyaratan yang lebih mudah dan sederhana
·        Setoran awal hanya sebesar Rp 20.000,-
·        Nasabah mendapatkan bukti kepemilikan berupa buku tabungan secara gratis, termasuk penggantian buku tabungan baru jika suatu saat hilang.
·        Bebas biaya administrasi bulanan
·        Tidak dikenakan biaya Penarikan uang maksimal 2 kali per bulan
·        Apabila transaksi penarikan dilakukan lebih dari 2 kali dalam satu bulan, nasabah dikenakan biaya transaksi yang lumayan ringan hanya sebesar Rp 1.000,- saja per transaksi.
·        Seluruh proses transaksi baik transaksi penarikan, setoran tunai, maupun pemindahbukuan dapat dilakukan melalui teller di kantor cabang BNI manapun, tidak harus di kantor cabang yang sama ketika pembukaan rekening.

4.      Kekurangan BNI Tabunganku

Ada beberapa kekurangan yang dimiliki BNI Tabunganku, namun Anda tidak perlu khawatir. Jika tujuan Anda hanya sekedar untuk menabung maka sedikit kekurangan ini masih bisa ditolerir.
·        Tidak mendapat fasilitas kartu ATM (debit card). Sejak tanggal 1 Oktober 2015, BNI tidak lagi memberikan fasilitas kartu ATM bagi nasabah BNI Tabunganku.
·        Tidak dapat menikmati fitur layanan e-banking seperti ATM, internet banking, phone banking, SMS banking, dan M-banking.
·        Tiap orang hanya diperkenankan membuat satu rekening saja, kecuali bagi orang tua yang ingin membuatkan rekening untuk anaknya yang masih di bawah umur.
·        Rekening Tabunganku tidak diperbolehkan untuk digunakan sebagai rekening bersama, melainkan hanya untuk perorangan saja.

Demikianlah ulasan singkat mengenai BNI Tabunganku. Bagi Anda yang ingin menabung di bank tanpa potongan bulanan, Anda bisa menggunakan produk BNI tersebut dengan syarat yang ringan. Mulailah untuk menata keuangan Anda sekarang juga dengan menyisihkan sebagian gaji Anda dan menabung untuk masa depan yang lebih cerah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel