Tabungan Anak BRI, BCA, BNI, Mandiri dan Cimb Niaga, Bandingkan!!!

Tabungan Anak - Kebiasaan menabung sangatlah penting yang harus diterapkan orang tua kepada anak sejak dini mungkin, karena dengan menabung sang anak juga akan paham dengan peribahasa rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya. Bagi anda para orang tua, jangan khawatir sekarang banyak produk tabungan anak yang diselenggarakan oleh para pihak bank.

Pada era sekarang ini hampir setiap bank menyelenggarakan program tabungan yang dikhususkan untuk para anak-anak. Tabungan ini biasanya memiliki desain cover buku tabungan yang lucu dan menarik sesuai dengan karakter-karakter yang disukai oleh anak-anak, dan biaya bulanan yang  jauh lebih murah dari tabungan umum lainnya.

tabungan untuk anak BNI

Tabungan anak 2018


Di tahun 2017, para orang tua yang membuka tabungan anak mengalami peningkatkan dibandingkan tahun sebelumnya. Tetapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda akan membuka rekening untuk anak anda, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Persyaratan dan Biaya Administrasi

Sama seperti tabungan umum lainnya, biasanya ketika anda akan membuka tabungan untuk anak akan ada persyaratan yang harus anda lengkapi selaku orang tua. Pilihlah persyaratan pengajuan yang simple dan praktis, namun tetap menjamin keamanan tabungan nantinya.


Sebagian bank biasanya menetapkan biaya adminstrasi, namun ada juga sebagian bank yang bahkan tidak sama sekali membebankan masalah biaya administrasi. Pilihlah bank yang menetapkan biaya administrasi yang rendah atau bank yang sama sekali tidak membebankan biaya untuk administrasi.
  1. Saldo minimum dan Setoran
Hampir sebagian bank menetapkan saldo minimun untuk tabungan anak anda. Berikan arahan yang dipahami sang anak, agar anak mengetahui berapa saldo yang harus disisakan ketika anak anda selesai menarik uang dari tabungannya.
Setiap bank memiiki perbedaan nominal untuk setiap setoran awalnya. Pilihlah bank yang menetapkan setoran awal dengan nominal yang rendah atau kecil, yang bisa dijangkau oleh anak dari sebagian uang yang sudah ia sisihkan.
  1. Bunga, Promo dan Hadiah

Pilihlah bank yang memberikan banyak promo dan beragam hadiah untuk anda, namun memiliki bunga yang cukup besar. Karena dengan begitu, anak anda akan semakin bersemangat untuk terus menabung dan menyisihkan uang jajannya.



Jika hal-hal tadi sudah anda persiapkan dengan matang, mulailah untuk membuka tabungan anak anda. Akan semakin baik ketika anda sudah memiliki tabungan anak sejak anak usia dini, bahkan sekarang sudah tersedia tabungan untuk anak bayi.


Tabungan anak yang bagus



Di era sekarang ini, bank konvensional ataupun bank syariah sudah menyelenggarakan tabungan anak. Dari berbagai bank yang ada di Indonesia, sebagian bank ternama ini juga menyelenggarakan produk tabungan untuk anak seperti tabungan anak bca, tabungan anak mandiri atau yang lain. 

Beberapa bank ini, termasuk ke dalam bank yang memiliki tabungan anak yang bagus dan banyak direkomendasikan, diantaranya:

  1. Tabungan anak BNI 

Bank BNI termasuk salah satu bank yang menyelenggarakan produk tabungan untuk anak yang dikhususkan untuk anak yang memiliki usia maksimal 17 tahun, dengan setoran awal Rp.100.000 dan setiap orang tua bisa mengontrol dan memantau keseluruhan transaksi yang dilakukan anak di rekeningnya.
Banyak kelebihan yang diberikan BNI untuk tabungan anak ini, salah satunya adanya fasilitas ATM dengan beragam karakter favorit bagi anak untuk setiap transaksinya. Keuntungan lainnya adalah tidak adanya biaya pengelolaan untuk rekening yang ditetapkan oleh bank.


  1. BNI Syariah

Selain tersedia dalam bentuk konvensional, tabungan anak di BNI juga tersedia dalam bentuk tabungan anak syariah. Kelebihan menggunakan tabungan ini adalah, anak akan bisa menerima secara otomatis dana dari rekening anda selaku orang tua, selain itu juga ada fasilitas seperti internet banking, online banking dan sms banking.
Biasanya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ketika membuka rekening tabungan BNI ini diantaranya, kartu identitas dari anda selaku orang tua bisa KTP atau paspor, akta kelahiran dari anak, kartu keluarga dan setoran awal yang harus dibayar.


  1. Tabungan anak BRI Junior

Selain bank BNI, bank BRI juga menyelenggarakan produk tabungan anak yang bernama tabungan anak BRI Junior. Fasilitas yang diberikan pun tidak kalah dengan fasilitas yang diberikan oleh bank lain, mulai dari internet banking, account sweep, automatic grab fund dan automatic fun transfer.
Persyaratan awal yang diperlukan biasanya tidak jauh berbeda dengan persyaratan awal yang ditetapkan bank lain. Biasanya terdiri dari formulir yang harus diisi secara manual atau form isian secara online, memiliki identitas diri yang lengkap seperti KTP. Namun setoran awal dari BRI Junior ini cukup besar yaitu sekitar Rp. 300.000.

  1. Tabungan CIMB Niaga Junior


Selain BNI dan BRI, CIMB pun tak mau ketinggalan mengeluarkan produk tabungan untuk anak. Untuk setoran awal tabungan CIMB Junior lebih rendah dibandingkan dengan BRI Junior, yaitu sekitar Rp. 100.000, tetapi ada biaya administrasi yang dikenankan untuk setiap bulannya yaitu sekitar Rp. 5000, namun memiliki bunga yang kompetitif.


Sama seperti bank lainnya, CIMB Junior pun memberikan desain ATM yang sesuai dengan karakter-karakter kartun yang disukai oleh anak. Persyaratan awal yang harus dibawa ketika membuka tabungan CIMB ini biasanya berupa akta kelahiran atau bisa juga kartu pelajar dari anak dan identitas dari orang tua atau wali seperti paspor dan KTP asli.

  1. BII


Maybank yang dulunya bernama Bank Internasional Indonesia juga menyelenggarakan produk tabungan anak yang diberi nama Superkids BII. Persyaratan awal untuk membuka tabungan anak dari BII ini juga tidak jauh berbeda dengan bank-bank lainnya, seperti kartu identitas dari orang tua dan kartu identitas dari anak yang bersangkutan.


Ada juga beberapa keuntungan ketika anda memilih membuka tabungan anak dari bank BII ini, diantaranya tidak dikenakan biaya administrasi, adanya pemberian kado setiap tahun baru yang berupa tambahan bunga untuk setiap penambahan saldo rekening, dan biasanya selalu ada program istimewa yang berlaku selama masa promosi.

Tabungan anak BRI JUNIO 



Dari sekian banyaknya bank yang menyelenggarakan tabungan anak, tabungan anak BRI Junior ini termasuk salah satu produk tabungan anak yang banyak diminati. Walaupun menetapkan setoran awal dengan nominal yang besar, fasilitas yang diberikan oleh bank bri ini sangat kumplit dibandingkan bank-bank yang menyelenggarakan produk tabungan untuk anak.


Ada juga alasan lain yang menjadikan tabungan anak dari bri ini menjadi pilihan dan banyak peminatnya, yaitu adanya fasilitas asuransi diri sampai dengan nilai Rp. 150.000.000, bunga atau bagi hasil yang kompetitif dan pilihan kartu ATM yang menarik dan unik dengan karakter khusus yang disukai anak seperti Tom and Jerry, Twetty dan Superman.

Mempersiapkan tabungan anak sejak anak masih usia dini, sangatlah penting. Selain mengajarkan anak gaya hidup yang tidak boros dan berlebihan dengan menghabiskan uang, cara ini juga akan mempengaruhi masa depan yang cerah untuk anak anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel