Aneka Tips Dalam Pemilihan Tabungan Pendidikan Anak


Menabung memang memiliki banyak tujuan dan fungsi salah satunya adalah untuk menjamin kehidupan di masa mendatang atau masa depan. Ada banyak jenis tabungan yang bisa para pembaca pilih sebagai opsi dalam menabung, salah satunya adalah tabungan pendidikan anak. Salah satu jenis tabungan ini dimaksutkan agar para nasabah menyimpan atau menyisihkan uang untuk kebutuhkan pendidikan atau sekolah anak dimasa yang mendatang.


Melakukan salah satu jenis tabungan ini dinilai sangat efektif karena uang anda akan terkontribusi dan dipakai untuk hal hal yang penting yaitu pendidikan anak. Walaupun anda memiliki anak yang belum usia sekolah, tidak ada salahnya anda mulai menabung agar dimasa mendatang tabungan anda cukup untuk membiayai putra putri anda di sekolah yang berkualitas tinggi. Sebelum anda memutuskan menabungkan sebagian uang untuk pendidikan anak anda, tidak ada salahnya para nasabah mengetahui berbagai cara dan tipsnya.
tabungan pendidikan anak
tabungan pendidikan anak

Tabungan Pendidikan Anak

tabungan Pendidikan termasuk ke dalam tabungan rencana atau tabungan berjangka. Artinya, tabungan yang anda simpan di bank sudah direncanakan kegunaannya dan bank membantu "memaksa" anda agar anda dapat mencapai tujuan menabung anda. Anda akan dipaksa untuk menabung dengan nominal tertentu setiap bulannya baik dengan menyetorkan langsung ke kantor bank maupun melalui sistem autodebet.

Masa menabung biasanya dua tahun ke atas dan berbeda dengan jenis tabungan biasa, tabungan rencana biasanya sangat sulit diambil sebelum jatuh tempo karena memang tabungan berjangka memaksa anda untuk mendapatkan sejumlah uang melalui tabungan dengan alokasi waktu yang telah direncanakan. Bunga tabungan berjangka lebih besar daripada bunga tabungan bank biasa.

Jenis - jenis tabungan rencana dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tabungan pendidikan termasuk kedalam jenis tabungan rencana yang anda prioritaskan untuk membantu pendidikan anak. Misalnya, anda kini memiliki anak yang berada di kelas 1 SMA, perkiraan anda tiga tahun kedepan anda harus mempersiapkan dana besar untuk biaya masuk kuliah. Maka anda dapat mengambil jenis tabungan pendidikan anak dengan masa selama 3 tahun, atau kira - kira pada saat anak mendaftar kuliah.

Salah satu kelebihan tabungan pendidikan anak adalah dana anda sudah dijamin oleh Lembaga Penjaman Simpanan yang artinya ketika bank tempat anda menabung maka uang anda akan tetap aman. Berbeda dengan asuransi pendidikan anak, yang tidak menyediakan jaminan simpanan. Namun, anda akan diberi bunga lebih besar dibandingkan dengan tabungan di bank.

Beberapa tabungan pendidikan BNI, BRI, Mandiri, atau BCA misalnya menerapkan bunga tabungan pendidikan anak yang berbeda - beda dengan mekanisme berbeda - beda. Namun, pada dasarnya jenis tabungan rencana pendidikan memiliki konsep besar yang sama seperti halnya tabungan berjangka pada umumnya.

Tips Memilih Tabungan Pendidikan Anak

Bagi para pembaca yang pansaran apa saja tips atau strategi dalam pemilihan tabungan untuk biaya pendidikan anak, langsung saja menyimak penjelasan berikut ini. Lets check it!
  1. Menentukan target dana untuk pendidikan anak
Langkah yang pertama dalam pemilihan tabungan pendidikan anak adalah menentukan target dana. Tabungan pendidikan untuk anak atau yang sering disebut taka termasuk investasi jangka pendek. Anda akan berinvestasi melalui uang yan dimiliki dengan menyimpan atau menabung di bank tertentu untuk kebutuhan pendidikan anak anda kelak. Anda harus menentukan berapa target dana yang akan anda tabungkan.

Seperti misalnya anda memiliki dua anak, anda berharap kedua anak anda menempuh pendidikan sampai bangku perkuliahan. Maka anda harus mengira ngira berapa dana yang harus anda tabungkan, seperti misalnya 200 juta untuk dua anak. Sebelum anda menentukan target tabungan, anda disarankan menggali informasi tentang biaya pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMP, sampai Universitas.
Carilah informasi sebanyak banyaknya agar target tabungan anda untuk pendidikan anak tepat sasaran. Menargetkan dana disini juga memiliki maksut tertentu yaitu agar anda bisa menabungkan uang anda untuk keperluan yang lain, seperti investasi untuk hari tua.
  1. Mengenali berbagai jenis Taka
Tips dan strategi yang selanjutnya adalah mengenali berbagai jenis taka. Jika anda ingin menabung uang untuk pendidikan anak di bank, anda harus mensurvei terlebih dahulu jenis taka dari bank satu ke bank lainnya. Dengan membadingkan antara bank yang satu dengan bank yang lainnya anda akan memiliki informasi tentang kelebihan dan kekurang taka di suatu bank.
Pilihlah bank yang memiliki program tabungan untuk pendidikan anak yangg menurut anda memiliki keunggulan. Disarankan anda memilih jenis taka di suatu bank yang lebih menitik beratkan atau mementingkan hasil tabungan. Pasalnya jika bank tersebut hanya mementinkan besarnya bunga atau biaya administrasi yang harus ditanggung, maka uang simpanan anda akan habis.
Yang paling penting adalah anda harus memilih bank yang memiliki program taka dan disertai dengan fitur atau fasilitas penunjang. Para orangtua tidak hanya bisa menabung di bank, namun juga bisa menabung di asuransi. Banyak asuransi yang menyediakan program tabungan untuk pendidikan anak.
  1. Memilih jenis taka yang sesuai dengan kondisi keuangan
Yang tidak kalah penting dalam pemilihan tabungan pendidikan anak adalah memilih jenisnya yang sesuai dengan kondisi keuangan anda. Anda harus menyadari kondisi finansial anda sebelum memutuskan untuk menabung. Jika anda memiliki kondisi keuanga yang standar, maka disarankan anda memilih jenis taka yang memiliki setoran tabungan rendah setiap bulannya. Pilihlah setoran yang tidak memberatkan kondisi keuangan anda.
Hal ini ditujukan untuk menghindari terjadinya pemberentian setoran tabungan. Jika anda tidak menyetor uang untuk menabung, anda akan dikenakan pinalti yang pastinya sangat merugikan anda para nasabah. Maka dari itu pilihlah jenis taka yang sesuai dengan kondisi keuangan atau finansial anda. Dalam melakukan taka, anda juga bisa menargetkan berapa lama anda akan melakukan tabungan. Seperti misalnya anda menargetkan waktu 10 tahun dengan setoran bulanan sebesar 200 ribu rupiah.
  1. Memilih bank yang menyediakan asuransi jiwa
Jika anda melakukan taka di suatu bank tertentu, disarankan untuk memilih bank yang menyediakan fasilitas asuransi jiwa. Fasilitas asuransi jiwa disini dimaksutkan untuk mengantisipasi jika sewaktu waktu pembayar setoran terkena musibah seperti kecelakaan, kelumpuhan dan tidak bisa bekerja.
Jika anda memilih bank yang memiliki fasilitas asuransi jiwa maka semua setoran anda setiap bulannya akan ditalangi oleh pihak asuransi. Namun tentunya jika anda melakukan taka yang memiliki fasilitas asuransi jiwa, anda akan dikenakan biaya tambahan. Namun biaya tambahan ini tidak seberapa penting karena pendidikan putra putri andalah yang paling penting dan nomor satu.
  1. Dengan melakukan deposito
Jika anda memiliki dana yang cukup besar yang dimaksutkan untuk biaya pendidikan putra putri anda sebaiknya melakukan deposito. Seperti yang kita ketahui deposito adalah tabungan yang hanya dapat dicairkan ketika waktu yang telah ditentukan. Seperti misalnya anda mendeposit 100 juta untuk biaya pendidikan anak.

Anda melakukan perjanjian dengan pihak bank bahwa deposit tersebut masa berlakunya 5 tahun. Maka selama 5 tahun anda tidak bisa mencairkan uang tersebut. Deposito lebih disarankan untuk membiayai biaya masuk perkuliahan anak anda. Karena seperti yang kita tahu, biaya untuk masuk bangku kuliah cukup besar.
Setelah membaca penjelasan diatas mengenai strategi dan tips dalam pemilihan tabungan pendidikan anak pastinya menambah reverensi dan pengetahuan anda. Lakukanlah taka mulai sekarang agar pendidikan putri dan putri anda terjamin.

Kesimpulan :
Tabungan Pendidikan pada dasarnya merupakan tabungan berjangka atau tabungan rencana. Karenanya anda tidak akan mudah mengambilnya sebelum jatuh tempo seperti yang telah disepakati bersama. Jadi, tabungan ini tidak cocok untuk anda yang ingin memiliki sumber dana yang sewaktu - waktu dapat diambil.

Namun, jenis tabungan rencana pendidikan sangat cocok bagi anda yang ingin menyekolahkan anak dijenjang yang lebih tinggi karena bank akan membantu anda dalam mewujudkan impian anda. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel