Syarat dan Cara Membuat TabunganKu Mandiri


Kini, hampir setiap orang memiliki rekening tabungan di bank yang bertujuan untuk berbelanja online, menerima gaji, atau untuk tujuan lainnya. Tetapi ada juga orang yang beranggapan berbeda. Mereka berpikir menyimpan uang di bank adalah suatu hal yang cukup merepotkan karena setiap bulan uang tersebut akan dipotong biaya administrasi. Selain itu juga ada ketentuan saldo minimal yang tertahan yang tidak bisa ditarik. 

Hal-hal tersebut sudah tidak menjadi masalah lagi sekarang karena hampir semua bank di Indonesia menawarkan suatu produk tabungan yang bebas biaya administrasi yaitu TabunganKu. Produk ini dibuat agar seluruh masyarakat Indonesia dapat terbiasa untuk menabung di bank.

Sebelum membahas tentang produk TabunganKu Mandiri, ada baiknya diketahui sedikit informasi mengenai Bank Mandiri itu sendiri.

Tabunganku Mandiri

Sejarah Bank Mandiri

Pada tanggal 2 Oktober 1998, Bank Mandiri didirikan. Latar belakang didirikannya bank mandiri ini adalah karena merupakan bagian dari program pemerintah yakni restrukturasi perbankan yang dilaukan pada tahun 1999 tepatnya pada bulan juli. Pada saat itu, ada sekitar 4 bank pemerintah Indonesia yakni Bank Dagang Negara, Bank Bumi Daya, Bank Pembangunan Indonesia dan Bank Ekspor Impor Indonesia yang digabung menjadi satu nama yakni Bank Mandiri. 

Sebenarnya masing-masing bank yang digabung menjadi bank mandiri tersebut memiliki peranan yang sama dalam sistem pembangunan perekonomian RI. Bahkan hingga saat ini, lebih dari 140 tahun didirikannya bank mandiri sudah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian di Indonesia sebagai lembaga keuangan.

Kantor Pusat Bank Mandiri beralamatkan di Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 36-38, Jakarta. Data sampai dengan bulan Desember 2016, Bank Mandiri telah memiliki 2.620 kantor cabang, dan 16.844 unit mesin ATM serta penambahan jaringan bisnis mikro sebanyak 1.833 unit.

Bank Mandiri memiliki motto “Tumbuh Bersama Anda, itulah komitmen kami”. Kinerja Bank Mandiri menghasilkan sejumlah penghargaan seperti bank terbaik di Indonesia dari tiga publikasi terkemuka (Finance Asia, Asiamoney dan The Banker) di sektor keuangan. Selain itu juga, Bank Mandiri telah berhasil mempertahankan gelar “Best Bank in Service Excellence” dari Marketing Research Indonesia dan Majalah SWA selama tujuh tahun berturut-turut. Dan gelar “Most Trusted Companies” selama delapan tahun berturut-turut dari International Institute for Corporate Governance.

Selain itu, produk - produk bank Mandiri juga sangat lengkap, bukan hanya simpan dan pinjam, bank Mandiri juga telah menemani UMKM dalam meningkatkan kualitas maupun memberikan modal usaha dengan suku bunga yang rendah baik melalui program KUR maupun produk pinjaman lunak lainnya. 

TabunganKu Mandiri


TabunganKu adalah salah satu jenis produk tabungan di Bank Mandiri. TabunganKu adalah jenis tabungan yang dikhususkan untuk nasabah perorangan. Program ini diluncurkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang diiterbitkan sejak tanggal 20 Februari 2010. Program ini dilaksanakan oleh 70 bank nasional dan pembangunan daerah di seluruh wilayah di Indonesia. 

TabunganKu bertujuan menumbuhkan budaya agar masyarakat lebih gemar menabung, dengan begitu kesejahteraan masyarakat akan meningkatkan. Bank Mandiri sebagai salah satu perusahaan BUMN yang ingin ikut serta dalam program pemerintah, menyediakan produk TabunganKu untuk mengakomodasi keperluan para nasabahnya dari berbagai kalangan.

Kelebihan TabunganKu Mandiri


Dibandingkan dengan produk tabungan sejenis yang ditawarkan oleh bank-bank lain, TabunganKu Mandiri memiliki beberapa kelebihan. TabunganKu Mandiri cukup diminati oleh para nasabah. Kelebihan yang dimiliki antara lain sebagai berikut.

·    Satu hal yang menarik perhatian nasabah adalah adanya bunga simpanan yang akan dihitung berdasarkan pada saldo harian, nasabah dapat memperoleh buku tabungan khusus dengan logo TabunganKu dan Bank Mandiri;

·    Nasabah berkesempatan memperoleh layanan ATM Bank Mandiri yang dapat mempermudah melakukan berbagai jenis transaksi;

·         Dengan menggunakan kartu TabunganKu, Anda bisa melakukan pernarikan tunai, cek saldo, atau transfer ke sesama pemilik rekening Bank Mandiri ataupun ke bank lainnya melalui jaringan mesin seperti ATM Mandiri, ATM Bersama hingga ATM Link yang ada di sekitar Anda bahkan seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan setor tunai dan cek saldo melalui jariangan ATM Cash Deposit dari Bank Mandiri.

Kekurangan TabunganKu Mandiri


Meskipun TabunganKu Mandiri memberikan buku tabungan dan kartu ATM kepada para nasabahnya, namun jumlah nominal transaksi yang diperbolehkan relatif terbatas. Selain itu, tidak memberikan fasilitas e-Banking seperti mobile banking, SMS banking, phone banking, maupun internet banking.

Syarat dan Ketentuan TabunganKu Mandiri


Syarat dan ketentuan rekening TabunganKu Mandiri adalah sebagai berikut :
·       Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir sekaligus menyerahkan fotocopy KTP yang masih berlaku.

·       Selanjutnya anda bisa menyetor dana Awal dan juga setoran selanjutnya ke kantor cabang Mandiri terdekat. Setelah itu untuk setoran selanjutnya Anda juga bisa melakukan setoran melalui mesin ATM Cash Deposit  atau mandiri mobile.

·       Anda hanya dapat melakukan penarikan dana di kantor cabang mandiri tempat Anda membuka atau membuat rekening dengan cara menyerahkan kartu TabunganKu yang dimiliki.

·       minimal penarikan dana yang dapat Anda lakukan adalah sebesar Rp. 100 ribu di setiap transaksinya. Maksimal Anda hanya dapat melakukan transaksi sebanyak 1x dalam per bulan dengan biaya pengenaan sebesar Rp. 5 ribu. Jumlah penarikan yang kurang dari Rp. 5 juta akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5 ribu.

·       1 orang nasabah hanya boleh memiliki 1 rekening, kecuali Nasabah tersebut termasuk orang tua yang membukakan rekening untuk anaknya yang masih di walikan.

·       Nasabah tidak diperbolehkan menggunakan rekening bersama

·       Bagi nasabah yang memiliki rekening yang tidak memiliki histori transaksi 6 bulan berturut-turut akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2 ribu setiap bulannya.

·       bila rekening nasabah memiliki saldo lebih kecil atau sebesar Rp 20 ribu dan rekening tersebut pasif, maka rekening nasabah tersebut akan ditutup secara otomatis oleh sistem

·       nasabah bisa mendapatkan layanan transaksi kartu ATM TabunganKu bila setoran awal atau saldo rekening minimal sebesar Rp 500.000

·       Kartu ATM TabunganKu  memiliki masa berlaku kurang lebih 10 tahun sejak dikeluarkan atau diterbitkan.

·       Nasabah tidak akan dikenakan biaya ketika ingin melakukan penggantian kartu ATM Mandiri, Anda bisa mengurusnya ke kantor cabang Mandiri tempat Anda membuat rekening Tabunganku awal.

Cara membuka rekening TabunganKu Mandiri
Pertama adalah calon nasabah mendatangi Kantor Cabang Bank Mandiri setempat dengan membawa kartu identitas (KTP/Paspor) serta NPWP bila dibutuhkan.

Kemudian mengisi formulir aplikasi TabunganKu Mandiri secara lengkap. Serta menyetorkan dana setoran awal sebesar minimal Rp 20.000 melalui Kantor Cabang Bank Mandiri, atau sebesar  minimal Rp 500.000 bila calon nasabah ingin memiliki Kartu ATM TabunganKu.

Fasilitas kartu ATM TabunganKu Mandiri

Jenis Transaksi
 Besar Limit
Setoran Awal
Minimal sebesar Rp 500.000
Setoran Selanjutnya
Minimal sebesar Rp 10.000
Biaya administrasi bulanan
Gratis
Saldo Minimal
Rp 20.000 (apabila di bawah saldo minimal, maka rekening akan secara otomatis ditutup oleh sistem)
Biaya tarik tunai/non tunai di kantor cabang
Rp 5.000 (bila penarikan di bawah nominal Rp 5.000.000. Biaya penarikan juga berlaku untuk penarikan yang dilakukan lebih dari satu kali per bulan)
Biaya rekening pasif
Rp 2.000 per bulan
Transfer antar rekening BCA
Maksimal sebesar Rp 25.000.000 per hari

Bunga Tabunganku Mandiri



Termasuk dalam kategori Fitur standard adalah suku bunga atau wadiah. Untuk semua penyelenggara bank seperti tabunganku BNI, BCA, BRI, harus mematuhi standar suku bunga simpanan yang ditetapkan oleh BI yaitu

Bunga Tabunganku Mandiri

Suku bunga Tabungan Mandiri 

Rp 0 - Rp 500.000 difasilitasi bunga tabungan mandiri 0%
Rp 500.000 - Rp 1.000.000 difasilitasi bunga simpanan sebesar 0,25% per tahun
Rp 1.000.000 ke atas dikenai bunga sebesar 1% per tahun

Berbeda lagi dengan tabunganku Mandiri Syariah, wadiah mengikuti aturan fitur standard yaitu ketika jumlah saldo tabungan 0-500.000, wadiah atau bagi hasil sebesar 1% / tahun. Untuk wadiah diatas 500.000 diatas 4%.

Tabunganku Mandiri, solusi simpanan bank yang mudah

Dengan membaca penjelasan lengkap tentang produk simpanan yang telah di bahas pada artikel ini, anda tidak perlu lagi risau dengan biaya administrasi bank Mandiri karena produk tabunganku tidak memasang biaya administrasi bulanan.